Yuk Simak Peran Penting Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

Infrastruktur memegang peranan penting dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Pembangunan infrastruktur di Indonesia sendiri memiliki tantangan tersendiri dalam mewujudkannya. Seperti keadaan geografisnya yang membuat Indonesia menjadi negara kepulauan dengan populasi terbanyak keempat di dunia. Namun, seperti apa sebenarnya peran pembangunan infrastruktur tersebut ?

Peran Penting Pembangunan Infrastruktur

Seperti yang telah disinggung di awal artikel, bahwa infrastruktur mempunyai peran yang penting dalam pembangunan serta pertumbuhan ekonomi. Bisa dibilang bahwa infrastruktur ini berperan sebagai salah satu roda penggeraknya. Sebab infrastruktur yang memadai sangat diperlukan dalam sistem pelayanan publik.

Fasilitas fasilitas fisik tersebut adalah hal yang vital untuk mendukung berbagai kegiatan perekonomian, kegiatan pemerintah, industri, maupun sosial di masyarakat. Contohnya infrastruktur di bidang transportasi, yang sangat bermanfaat untuk mobilitas penduduk. Meningkatkan infrastruktur transportasi tersebut membuat suatu wilayah menjadi lebih mudah dijangkau.

Sehingga mempermudah pemerintah dalam melakukan pemerataan sarana dan prasarana. Apabila pemerataan ini dapat berjalan dengan baik, maka di dalam negeri tidak akan ada lagi wilayah yang tertinggal. Alhasil kemiskinan pun dapat lebih mudah diatasi ke depannya. Itulah kenapa pembangunan infrastruktur di Indonesia menjadi hal yang penting.

Jenis Jenis Infrastruktur

1. Infrastruktur Keras

Infrastruktur keras adalah infrastruktur yang mempunyai bentuk fisik nyata. Jenis infrastruktur ini paling banyak keterkaitannya dengan kepentingan umum masyarakat. Adapun contohnya yaitu dermaga, saluran irigasi, bendungan, pelabuhan, jalan raya, got, bandara, kereta api, dan lain sebagainya.

2. Infrastruktur Keras Non Fisik

Selain infrastruktur keras yang memiliki bentuk fisik, ada pula infrastruktur keras non fisik yang dapat berguna dalam mendukung infrastruktur fisik lainnya. Dimana infrastruktur ini berkaitan dengan masalah kepuasan publik. Seperti ketersediaan air bersih, ketersediaan saluran gas, pasokan listrik, jaringan komunikasi, dan lain sebagainya.

3. Infrastruktur Lunak

Berikutnya ada infrastruktur lunak, yang berbentuk kerangka institusional atau kelembagaan dan memiliki kaitan dengan kegiatan pelayanan masyarakat yang disediakan pemerintah. Adapun contoh dari infrastruktur lunak antara lain pelayanan polisi, pelayanan kantor pos, dan lain sebagainya.

Dampak Positif Pembangunan Infrastruktur

Melihat peran pentingnya, pemerintah memang sebaiknya berusaha lebih keras agar dapat mempercepat pembangunan untuk ketiga jenis infrastruktur di atas. Terlebih banyak dampak positif yang dapat diberikan dari pembangunan tersebut. Seperti pembangunan membawa perubahan terhadap kondisi ekonomi di daerah sekitarnya.

Salah satunya berupa penyerapan tenaga kerja lokal sebagai cara untuk memerangi pengangguran daerah. Kemudian pengembangan sistem telekomunikasi akan memudahkan sebagian besar data telekomunikasi agar dapat diakses secara luas. Bahkan bukan tidak mungkin apabila produktivitas tenaga kerja meningkat berkat pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Itulah kenapa semakin ke sini pemerintah pun semakin gencar untuk mempercepat proses pembangunan. Hal ini terlihat dari bagaimana BUMN seperti PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur) ditugaskan sebagai lembaga pembiayaan infrastruktur. Portofolio hasil kerja PT SMI terkait berbagai pembangunan infrastruktur bisa langsung dilihat di ptsmi.co.id.

roket