Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Pasang Panel Surya

Memilih untuk pasang surya merupakan pilihan yang paling tepat. Selain sebagai alternatif pengganti listrik konvensional, panel surya juga lebih ramah lingkungan. Hal ini tentu karena energi yang digunakan berasal dari sinar matahari yang bisa didapat gratis setiap harinya. Sebelum Anda pasang panel surya di bangunan, Anda perlu memperhatikan beberapa hal ini.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang Panel Surya

  1. Sesuaikan Kebutuhan dan Keuangan Anda

Hal yang paling penting yang perlu diperhatikan sebelum pemasangan panel surya adalah kebutuhan. Pemasangan panel surya pada atap bangunan atau atap rumah sebagai sumber energi alternatif listrik ini memang menjadi solusi yang ampuh dan efektif.

Namun, terlebih dahulu Anda perlu mempertimbangkan mengapa Anda memilih memasang panel surya di bagian atap rumah atau bangunan Anda. Jangan sampai Anda memasang panel surya malah menambah besar daya listrik daripada sebagai pengganti pasokan listrik utama.. Biaya panel surya juga sangat tergantung dengan kebutuhan serta tujuan pemasangan panel surya.

 

  1. Pemilihan Lokasi Pemasangan

Lokasi yang tepat perlu agar panel surya bisa berjalan dengan maksimal. Pemasangan panel surya ini diletakkan di atap bangunan karena lokasi tersebut terkena paparan sinar matahari secara langsung. Pertimbangkan juga arah kedatangan sinar matahari.

Sebaiknya bangunan milik Anda tidak terhalang oleh bayangan pohon atau bangunan-bangunan yang berada di sekitarnya. Anda bisa terlebih dahulu berkonsultasi atau meminta bantuan para ahli sebelum pasang panel surya.

 

  1. Arah Atap Bangunan

Sebelum memasang, terlebih dahulu lihat kemana arah atap rumah atau bangunan milik Anda menghadap. Idealnya, atap bangunan yang ingin dipasang panel harus menghadap ke selatan atau ke utara. Hal ini agar pemasangan sistem panel surya bisa bekerja dengan lebih maksimal.

Jika Anda bangunan milik Anda ternyata tidak menghadap ke arah yang ideal tadi, Anda tidak perlu khawatir. Karena umumnya sistem solar panel akan tetap terpasang dengan fungsional dengan perencanaan dan juga solusi yang tepat.

 

  1. Lokasi Rumah atau Bangunan Anda

Dimanakah tempat atau daerah Anda tinggal? Lokasi rumah atau bangunan Anda perlu diketahui agar Anda bisa mengetahui potensi daya radiasi matahari yang dihasilkan sebelum pasang panel surya. Dengan begitu Anda bisa memanfaatkan radiasi matahari yang terpapar setiap harinya dengan maksimal.

Jika daerah yang Anda tempati berada tepat di bawah garis khatulistiwa, maka pemasangan sistem solar panel sebaiknya menghadap ke utara. Sebaiknya, jika Anda tinggal kawasan atas garis khatulistiwa, maka pemasangannya harus menghadap ke selatan.

Perhatikan hal-hal tersebut agar solar mandiri Anda pasang di atap bangunan bisa bekerja secara maksimal. Anda juga perlu memilih produk yang berkualitas, salah satunya SUN Energy. Panel Surya/PLTS/Solar Panel dapat Anda miliki hanya dengan DP 0%. Selain itu, ada juga beberapa model pembiayaan inovatif yang ditawarkan.

sangmaestro