Tips Merawat Lantai Keramik Agar Selalu Kinclong

Lantai keramik memang paling umum digunakan oleh masyarakat saat ini, karena terasa lebih sejuk di rumah ditambah lagi pilihan model atau motifnya juga sangat beragam sehingga dapat disesuaikan dengan selera Anda. Ada keramik yang terbuat dari tanah liat biasa, batu alam sampai dengan marmer yang punya tampilan mewah. Memang jika dilihat sendiri memang ada begitu banyak hal yang diperhatikan oleh seseorang ketika memilih jenis keramik untuk lantai mereka, apalagi di pasaran sendiri variannya juga banyak.

Hanya saja memang pada dasarnya keramik lantai ini juga rentan sekali mengalami kerusakan, apalagi jika seandainya tidak dirawat dengan tepat, warnanya yang dulu mengkilap kemudian berubah menjadi kusam, belum lagi dengan resiko lain seperti keramik yang retak sampai dengan pecah, pastinya nanti akan mempengaruhi penampilan bukan, bahkan jika seandainya harus renovasi dan mengganti dengan yang baru biaya yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit.

Berikut ini diantaranya ada beberapa tips dalam merawat lantai keramik yang dapat Anda lakukan, yaitu:

1. Menyapu setiap hari, hal utama yang penting dilakukan adalah dengan menghilangkan debu yang ada di permukaannya, bisa dengan menyapu maupun juga dengan vacum cleaner pada permukaan dari lantai tersebut secara teratur. Karena debu yang menumpuk secara terus-menerus nantinya hanya akan menyebabkan lantai menjadi kusam, untuk itu harus disapu secara teratur.

2. Mengepel, tak cukup dengan menyapu maka ada baiknya jika Anda mengepel lantai tersebut, tak harus setiap hari, namun pastikan dilakukan secara rutin dan konsisten, apalagi memang beberapa jenis kotoran cenderung tidak hilang hanya dengan disapu, melainkan harus dipel menggunakan air.

3. Segera bersihkan kotoran yang menempel, beberapa jenis kotoran seperti diantaranya adalah makanan sampai dengan pewarna memang terkadang sulit untuk dihilangkan ketika dibiarkan terlalu lama, itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk segera membersihkannya ketika sudah terkena noda atau kotoran tersebut.

4. Sikat lantai yang berkerak, jika seandainya ada bagian yang sudah berkerak, maka jangan dibiarkan begitu saja, sebelum nantinya kerak tersebut bertambah banyak atau parah, maka alangkah baiknya untuk segera disikat hingga bersih. Sekarang sudah tersedia banyak produk pembersih kerak yang dijual di pasaran.

5. Mengembalikan kilaunya, untuk lantai jenis granit dan juga marmer memang ada pemolesan khusus yang dapat dilakukan untuk membantu mengembalikan kilaunya, hal ini dapat dilakukan secara rutin beberapa tahun sekali.

Lantai yang selalu kinclong dan pastinya juga bersih membuat Anda merasa nyaman bukan. Selain menunjang keindahan dengan adanya perawatan tersebut juga membantu mengurangi resiko bakteri ataupun kuman penyebab penyakit di dalam rumah, menjaga keluarga Anda agar tetap sehat.

zukiungu