Tips Merawat Kipas Angin Blower

Kipas angin adalah peralatan listrik yang sangat sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ia adalah benda yang diandalkan saat cuaca sedang panas dan udara semakin tinggi. Meskipun tidak seperti AC yang menghasilkan udara sejuk, namun kipas angin adalah alat yang hemat listrik, terjangkau dan dapat diandalkan.

Salah satu jenis kipas angin yang paling banyak digunakan adalah kipas angin blower. Kipas angin ini sangat efektif dan efisien karena mampu menghasilkan angin yang kencang dengan daya yang rendah serta sangat awet meski harganya lebih tinggi dari kipas angin pada umumnya.

Kipas angin digerakan motor yang dialiri listrik. Karena ini adalah benda elektronik yang bergerak seringkali ada masalah sehingga kipas angin tidak lagi berputar, berisik atau berputar pelan. Ini disebabkan oleh banyak faktor entah karena usia kipas angin blower yang sudah tua sehingga banyak komponenenya yang sudah mulai aus, karena ada kotoran yang menghambat kerja kipas angin blower ini, atau karena ada kerusakan komponen didalamnya karena kesalahan manufaktur atau lainnya.

Agar kipas angin blower anda tetap awet, satu-satunya yang harus dilakukan oleh para perusahaan rental kipas blower adalah dengan menjaga dan merawatnya secara berkala.

Periksa bagian komponen kipas angin, jangan sampai ada bagian kipas angin blower yang longgar, patah atau rusak. Perhatikan juga bagian kabelnya apakah ada kabel yang terbuka, terkoyak, terbakar atau tidak.

Jika anda melihat ada bagian komponen kipas angin blower yang rusak, maka segeralah perbaiki. Misalnya jika anda melihat ada bagian kabel yang terlihat kendur, segeralah kencangkan kembali kabel tersebut. Kabel yang kendur seringkali diakibatkan oleh kabel tersebut sering tertarik dengan kencang. Oleh sebab itu, pastikan stop kontak dekat dengan kipas angin blower agar kabel tidak terlalu tertarik.

Saat anda membuka bagian kipas angin blower dan melihat ada kerusakan, jangan gunakan kipas angin tersebut meskipun berfungsi. Penggunaan justru akan mengakibatkan masalah semakin parah. Sebaiknya perbaiki terlebih dahulu komponen yang rusak sebelum menyalakan kembali kipas angin blower tersebut.

Muchammat Kristanto