Tips menjaga kesehatan kulit Anda

Body Serum untuk Sehari-hari – Sebagai organ tubuh terbesar dan terluar, kulit sangat rentan untuk terkontaminasi dengan kotoran. Oleh karena itu, menjaga kesehatan kulit sangatlah penting. Mengabaikannya dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih serius.

Kesehatan kulit yang terganggu juga dapat membuat Anda merasa tidak percaya diri. Lagipula, siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat?

Tips menjaga kesehatan kulit Anda

Semua orang pasti menginginkannya, meskipun setiap orang memiliki definisi yang berbeda tentang kulit sehat. Namun secara umum, kulit yang sehat ditandai dengan tekstur kulit yang lembut, lembap, dan terawat.

Kulit yang terawat membuat Anda merasa nyaman, bebas beraktivitas, dan percaya diri. Oleh karena itu, di bawah ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

1. Jangan merokok

Tips sederhana untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan tidak merusaknya. Merokok termasuk faktor yang dapat merusak kulit karena dapat membuat kulit Anda menua lebih cepat.

Merokok dapat memecahkan kolagen yang dapat mengurangi elastisitas kulit dan merusak sel-sel kulit akibat racun tembakau.

2. Hindari alkohol untuk kesehatan kulit

Selain merokok, ternyata, minum alkohol juga dapat merusak kulit Anda. Konsumsi alkohol dapat membuat tubuh dan kulit Anda menjadi dehidrasi, yang membuat kulit Anda tampak lelah dan tua.

Di bawah ini beberapa efek alkohol pada kulit Anda.

Alkohol dapat merusak organ hati, padahal hati merupakan organ yang berperan dalam menghilangkan racun dalam tubuh, termasuk alkohol. Sehingga ketika organ tersebut rusak, maka racun akan terakumulasi dalam tubuh karena tidak dapat dibuang dengan baik. Hal tersebut dapat terlihat dari kulit Anda yang terlihat kurang sehat/kusam/berjerawat.
Baik merokok atau konsumsi alkohol membuat produksi kolagen berkurang. Kolagen berperan dalam menjaga kekencangan kulit Anda. Sehingga, kurangnya cadangan kolagen pada tubuh membuat regenerasi kulit Anda menjadi tidak optimal. Akibatnya kerutan halus akan lebih cepat timbul pada kulit Anda.
Alkohol dapat melebarkan pembuluh darah, yang terutama lebih mudah terlihat di daerah sekitar mata. Akibatnya, kulit Anda akan mengalami kemerahan atau membengkak di daerah kelopak mata.
Studi tertentu menunjukkan bahwa alkohol dapat membuat ketidakstabilan hormon sehingga membuat produksi minyak bertambah. Akibatnya, hal ini dapat memicu timbulnya jerawat pada kulit.

3. Tidur cukup

Kurang tidur dapat membuat kulit Anda tampak lelah, kusam, dan lebih tua. Terlebih, semakin sering Anda kurang tidur, semakin tinggi resiko timbulnya kantung mata yang menghitam di bawah mata.

Deric