Tabung Pemadam Kebakaran

Dalam menggunakan tabung pemadam kebakaran jangka waktu lama, tentu terdapat risiko kerusakan. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan perawatan secara rutin. Ini sangat penting selain mengganti isi atu refill medianya. Dengan demikian, bisa lebih awet serta tidak menimbulkan risiko bahaya.

Tabung Pemadam Kebakaran

Cara Merawat Tabung Pemadam Kebakaran

Tabung pemadam kebakaran terbuat dari material besi kokoh. Dengan demikian, mampu menjaga berbagai jenis media di dalamnya. Alat pemadam ini, jika terus menggunakan dapat terjadi kerusakan. Maka dari itu, lakukan perawatan secara tepat seperti berikut.

  1. Membersihkan Tabung Pemadam Kebakaran dari Kotoran dan Debu

Risiko yang sering terjadi ketika menyimpan benda-benda adalah terkena debu atau kotoran. Hal tersebut juga dapat menghinggapi tabung pemadam kebakaran. Terlebih jika sudah lama sekali tidak menggunakannya. Ini dapat menyebabkannya rusak apabila kurang memperhatikan kebersihannya.

Dalam membersihkan tabung pemadam ini, Anda bisa menggunakan kain basah lalu menggosok-gosoknya seara merata hingga debu atau kotorannya hilang. Sangat disarankan untuk melakukan pembersihan tersebut secara rutin.

  1. Cek Adanya Pembekuan Cairan dalam Tabung

Dalam melakukan perawatan tabung pemadam kebakaran berikutnya adalah memeriksa apakah media maupun cairan masih bagus atau sudah membeku. Pegang bagian atas tabungnya dengan satu tangan, lalu tangan lainnya memegang sisi bawah. Bolak-balikkan beberapa saat untuk mengecek kondisinya.

Jika Anda menggunakan bahan berupa powder maupun busa biasanya sering terjadi pembekuan. Maka, dalam mengeceknya bisa dengan mendengarkan adanya suara desir seperti pasir. Apabila tidak ada, dapat mengindikasikan bahan membeku. Dapatkan produk barunya pada tempat jual apar terbaik.

  1. Hindarkan Tabung Pemadam Kebakaran dari Sinar Matahari Langsung

Dalam rangka menjaga keawetan serta keefektifan media pada tabung APAR, maka Anda dapat memulainya dengan menempatkannya jauh dari sinar matahari langsung. Ini sangat penting karena bisa mengurangi kualitas medianya.

Supaya tidak terkena matahari langsung, maka Anda bisa menggunakan penutup seperti kanopi atau pelindung tabung lainnya. Dengan demikian, media tetap efektif sehingga mampu memadamkan api secara cepat.

Demikian informasi tentang cara merawat tabung pemadam kebakaran. Lakukan metode tersebut secara rutin. Semoga bermanfaat.

doni