Syarat Dan Hikmah Melaksanakan Aqiqah Di Masa Pandemi

Dalam ajaran islam kita mengenal sebuah kata istilah aqiqah. Akan tetapi banyak sekali sahabat kita yang belum mengetahui apa saja syarat dan hikmah yang bisa di ambil dalam melakukan aqiqah. Islam sendiri melakukan aqiqah adalah hukumnya sunnah muakad dalam arti apabila mampu aka laksanakan wajib hukumnya dan apabila tidak mampu maka itu di hitung sebagai sunnah.

Aqiqah sendiri yaitu bertujuan untuk menebus putra putri kita. Akan tetapi dalam melakukan ibadah pastinya memiliki syarat dan ketentuan dalam pelaksanaan aqiqah. Apa saja sih syarat dalam pelaksanaan aqiqah?

Waktu Pelaksanaan Aqiqah

Syarat dalam melakukan aqiqah yaitu ketika anak berusia 7 hari atau bisa dilaksanakan sekitar hari ke 14 atauhari ke 21. Dalam islam anak yang belum aqiqah di ibaratkan seperti masih tergadaikan oleh karena itu tebus mereka dengan melakukan aqiqah dan lakukan seperti menggunting rambutnya dan berilah sebuah nama kepada sang anak.

Beberapa syarat Aqiqah Untuk Anak Laki-laki Dan Perempuan

  • Dalam melaksanakan aqiqah untuk anak laki-laki yaitu sekitar 2 ekor kambing yang sama untuk aqiqah mereka dengan ketentuan hewan sehat.
  • Dan anak perempuan hanya 1 ekor hewan kambing tentunya harus dalam keadaan sehat jasmani

Bolehkah melakukan Aqiqah Menggunakan Jasa Aqiqah?

Boleh saja akan tetapi pilihlah jasa aqiqah yang menerapkan standar yang memenuhi syarat untuk aqiqah seperti pemilihan hewan sehat dan juga sesuai umur yang di tentukan dan di potong sesuai syariat dalam islam. Dan tak hanya itu pilihlah jasa aqiqah yang mempunyai standar halal dan juga sudah terpercaya oleh banyak masyarakat tentunya.

Hikmah Dalam Melaksanakan Aqiqah Di Masa pandemi

dalam sebuah ajaran islam tentunya dalam melaksanakan pastinya memiliki sebuah hikmah yang bermanfaat untuk umatnya. Berikut ini adalah ebberapa hikmah dalam pelasanaan aqiqah :

  • Melaksanaka aqiqah yaitu untuk membebaskan anak dari status tergadaikan
  • Memberi makan orang yang tidak pernah memakan daging
  • Melaksanakan Sunnah nabi Muhammad SAW
  • Melindungi dan meperoleh ridha dan pertolongan dari Allah SWT
  • Merupakan tawasul yang dilakukan oleh orang tua agar anak terhindar dari musibah, sifat buruh dan tentunya mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW dan Allah SWT.
  • Bentuk rasa syukur atas karunia Allah SWT dan  melakukan syariat islam.
  • Mempererat tali persaudaraan sesama umat muslim dan juga anggota masyarakat melalui aqiqah.

arief