Sunrise Merapi Merbabu dari Ketep Pass Magelang

Sunrise salah satu momen yang dikenal sebagai salah satu momen terbaik untuk wisatawan dapat menikmati spot terbaik di daya tarik wisata tersebut. Pantas saja jika momen sunrise menjadi salah satu magic tersendiri dan digemari di kawasan dataran tinggi seperti Magelang, salah satu daerah yang terletak di antara Semarang dan Yogyakarta.

Ketep Pass merupakan wisata alam yang terletak di Jl. Blabak – Boyolali km. 16, Ketep Pas, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Menariknya Ketep Pass berada di tengah-tengah antara gunung Merapi dan gunung Merbabu. Jadi, bisa dipastikan pemandangan alamnya sangat cantik dan cocok bagi kamu yang mencari tempat healing. Lokasi Ketep Pass juga terbilang strategis karena dekat dengan daftar hotel dekat candi borobudur untuk keluarga.

Penasaran bagaimana review sunrise di Ketep Pass Langsung saja simak baik-baik ya. Ketep Pass sangat cocok bagi kamu untuk mengabadikan momen matahari terbit maupun matahari tenggelam. Salah satu daya tariknya yaitu panorama indah pemandangan sunrise di antara celah pegunungan. 

 

Kawasan Ketep Pass sendiri berada pada ketinggian 1200 mdpl, selain pemandangan yang eksotis tentunya suhu udaranya sejuk dan teduh secara bersamaan. Ditemani semilir angin serta pepohonan yang rindang, maka akan menambah perasaan senang dan tenang. 

Baca juga: Sikunir Dieng Salah Satu Spot Sunrise Wajib di Wonosobo

Titik tertinggi Ketep Pass berada pada Pelataran Panca Arga, di tempat tersebut kamu bisa menikmati pemandangan 5 gunung dengan jelas yaitu gunung Merapi, Sindoro, Merbabu, Sumbing dan Slamet. Masih belum puas melihat pemandangan gunung tersebut? Tenang, kamu bisa menyewa teropong untuk menikmati secara khusyuk panorama tersebut. 

Rute Menuju Ketep Pass

Sebagai objek wisata yang berada di perbatasan antara Magelang dan Boyolali, tentunya tempat ini memiliki beberapa rute yang bisa kamu lewati untuk mengunjungi tempat ini:

  • Pusat Kota Yogyakarta

Bila berangkat melalui pusat kota Yogyakarta, kamu memerlukan waktu kurang lebih 90 menit. Gunakan rute melalui jalan Raya Magelang, Muntilan, pertigaan Blabak lalu ambil jalur belok kanan Sawangan sampai ke tempat tujuan. 

  • Kota Salatiga

Jika kamu berangkat dari kota Salatiga, ambil jalur melewati Getasan sampai di tempat wisata Kopeng kemudian berlanjut ke Gablak, Pakis ikuti jalan sampai dengan ke tempat tujuan. Waktu tempuh yang diperlukan kurang lebih 90 menit. 

  • Kota Semarang dan Purworejo

Bagi kamu yang berangkat melalui kota Semarang maupun Purworejo, rutenya mirip seperti dari kota Salatiga. Kamu terlebih dahulu menuju kota Magelang atau melalui Kopeng. 

zukiungu