Sungai Terpanjang di Dunia

Best Blog – Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian telah menunjuk ke Sungai Amazon sebagai yang terpanjang di dunia.

  • Meskipun sebagian besar dari kita mengakui Sungai Nil sebagai garis hidup Mesir, Sungai Nil, pada kenyataannya, adalah sungai internasional yang dimiliki oleh 11 negara di Afrika.
  • Sungai Yangtze adalah sungai terpanjang ketiga di dunia dan terpanjang mengalir sepenuhnya dalam satu negara.
  • Sungai Amazon tidak diragukan lagi adalah sungai terbesar di dunia dengan volume debit air.

Menentukan sungai terpanjang di dunia bukanlah tugas yang mudah. Meskipun bagi sebagian besar dari kita, jawabannya adalah Sungai Nil, ada bagian dari para sarjana yang menganggap Sungai Amazon sebagai pemenang sejati dari gelar ini. Kesulitan dalam menyatakan pemenang bulat terletak pada kenyataan bahwa penentuan hulu atau asal-usul sungai sering cukup menantang. Sungai-sungai besar seperti Sungai Nil dan Amazon memiliki banyak sumber dan banyak anak sungai besar dan kecil. Kebutuhan untuk menemukan sumber terjauh dari sungai ada di sana jika panjang sebenarnya dari sungai harus dihitung. Seringkali, sumber-sumber tersebut terletak di lokasi terpencil dan tidak dapat diakses, membuat penemuan sumber-sumber tersebut tugas yang sulit. Di sini, kami menyebutkan lima sungai / sistem sungai terpanjang di dunia sesuai standar yang diterima. Namun, dengan penemuan sumber sungai yang lebih baru, jajarannya mungkin berbeda di masa depan.

1. Sungai Nil – 6.693 km

Meskipun sebagian besar dari kita mengakui Sungai Nil sebagai garis hidup Mesir, Sungai Nil, pada kenyataannya, adalah sungai internasional yang dimiliki oleh 11 negara di Afrika. Namun, itu adalah sumber utama air di dua negara: Mesir dan Sudan. Nil Biru dan Nil Putih adalah dua anak sungai dengan yang terakhir memiliki panjang yang lebih besar daripada yang pertama. Sumber Sungai Nil Putih belum sepenuhnya ditentukan tetapi diyakini berada di suatu tempat di Burundi atau Rwanda. Menurut beberapa laporan, Danau Victoria dianggap sebagai sumber Sungai Nil Putih yang, pada gilirannya, diberi makan oleh Sungai Kagera yang dua anak sungai utamanya adalah Sungai Ruvyironza dan Nyabarongo di Burundi dan Rwanda, masing-masing. Kagera dibentuk pada pertemuan kedua sungai ini di dekat perbatasan Tanzania-Rwanda. Nil Biru memiliki asal yang lebih jelas di Danau Tana di Ethiopia. Kedua anak sungai itu bertemu di dekat ibu kota Sudan, Khartoum. Jalur terakhir Sungai Nil adalah melalui Mesir sebelum membentuk delta dan mengalir ke Laut Mediterania. Menurut USGS, panjang Sungai Nil adalah 4.258 mil. Ini adalah sungai terpanjang di dunia serta sungai terpanjang di Afrika.

Best University

2. Sungai Amazon – 6.436 km

Sungai Amazon tidak diragukan lagi adalah sungai terbesar di dunia dengan volume debit air. Namun, posisinya sebagai sungai terpanjang kedua di dunia sangat diperdebatkan karena gelar tersebut telah lama diberikan kepada Sungai Nil di Mesir. Perselisihan itu muncul dari penentuan asal-usul Amazon. Sampai saat ini, hulu Sungai Apurímac dianggap sebagai asal Sungai Amazon. Namun, sebuah studi tahun 2014 baru-baru ini mengklaim bahwa asal-usul Amazon dapat ditelusuri ke Cordillera Rumi Cruz dari mana Sungai Mantaro Peru berasal. Sungai ini kemudian bertemu dengan Sungai Apurímac (yang hulunya sebelumnya dianggap sebagai sumber Amazon) dan kemudian anak sungai lainnya bergabung dengan sungai hilir untuk membentuk Sungai Ucayali yang akhirnya bertemu dengan Sungai Marañón untuk membentuk batang utama Sungai Amazon. Namun, kritik terhadap pengukuran ini menunjukkan bahwa penelitian ini belum dipublikasikan.

3. Sungai Yangtze – 6.378 km

Sungai Yangtze adalah sungai terpanjang ketiga di dunia dan terpanjang mengalir sepenuhnya dalam satu negara. Ini juga merupakan sungai terpanjang di Asia. Lembah sungai Yangtze menampung sepertiga dari populasi Cina, negara terpadat di dunia. Dua asal-usul Sungai Yangtze telah disarankan. Secara tradisional, pemerintah Cina mengakui anak sungai Tuotuo yang terletak di Pegunungan Tanggula sebagai sumber sungai. Pada 17.526 kaki di atas permukaan laut, itu jelas merupakan sumber tertinggi dari Yangtze. Namun, menurut data baru, sumber Sungai Yangtze terletak di Bukit Jari dari mana hulu anak sungai Dam Qu berasal. Anak sungai ini, dan lebih banyak lagi bergabung untuk membentuk Sungai Yangtze yang perkasa yang akhirnya mengalir ke Laut Cina Timur di Shanghai.

4. Mississippi/Missouri – 5.970 km

Sistem sungai yang terdiri dari sungai Mississippi, Missouri, dan Jefferson, dianggap sebagai sistem sungai terpanjang keempat di dunia. Sistem sungai menguras 31 negara bagian AS dan 2 provinsi Kanada. Sungai Mississippi dimulai di Minnesota utara di mana Danau Itasca diyakini sebagai asal sungai dan mengalir ke Teluk Meksiko. Namun, ketika kita menganggap Sungai Jefferson sebagai sumber terjauh dari Sungai Mississippi, maka kita mendapatkan sistem sungai Mississippi-Missouri-Jefferson.

5. Yenisei/Angara – 5.539 km

Ini adalah sistem sungai terpanjang kelima di dunia dan pengeringan terbesar ke Samudra Arktik. Sungai Selenge dianggap sebagai hulu sistem sungai ini. Sungai Selenge memiliki panjang 992 km dan mengalir ke Danau Baikal. Sungai Angara naik dari Danau Baikal dekat Listvyanka dan mengalir melalui Oblast Irkutsk Rusia dan akhirnya bergabung dengan Sungai Yenisei dekat Strelka. Yenisei akhirnya mengalir ke Samudra Arktik. Total panjang yang dicakup adalah 3.442 mil.

skyweb