5 Langkah Menjadi Spesialis Pemasaran Digital

5 Langkah Menjadi Spesialis Pemasaran Digital

Menjadi spesialis pemasaran digital membutuhkan banyak usaha dan kerja keras, tetapi itu adalah pekerjaan pemasaran digital terbaik yang bisa Anda dapatkan di industri pemasaran online.

Namun demikian, jika Anda bersedia melakukan upaya yang diperlukan, tidak ada yang menghentikan Anda untuk mengejar karir pemasaran digital .

1: Pelajari Dasar-Dasar Digital Marketing.

Langkah pertama untuk menjadi spesialis pemasaran digital adalah mempelajari apa itu pemasaran digital dan cara kerjanya.

Pemasaran digital bukanlah disiplin tunggal tetapi ini adalah istilah yang merangkum sejumlah teknik dan metode yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan situs web atau produk secara online.

Saluran pemasaran digital terpenting adalah: Website Marketing, Search Engine Marketing (SEO dan PPC),  Content Marketing, Email Marketing dan lainnya.

Sebagai manajer pemasaran digital, Anda perlu mengetahui apa peran setiap saluran, apa fungsinya, dan cara menggunakannya.

2: Menekuni SEO (Search Engine Optimization)

Setelah Anda mendapatkan gambaran umum tentang apa yang kami maksud dengan pemasaran digital, langkah selanjutnya adalah menguasai SEO dan menjadi pakar SEO .

SEO memiliki peran penting untuk kesuksesan kampanye pemasaran digital, itulah mengapa penting untuk mempelajari cara mengoptimalkan situs web untuk mesin pencari.

Membangun keterampilan SEO Anda juga akan mempermudah bekerja dengan teknik pemasaran online lainnya.

Meskipun kemungkinan besar Anda akan memiliki pakar SEO yang berdedikasi di tim Anda, sebagai pakar pemasaran digital Anda harus mengawasi mereka dan cara paling efisien untuk melakukannya adalah dengan memiliki pengalaman kerja dengan SEO.

Sebenarnya, anda bisa belajar SEO secara gratis di Kaffah Academy.

teknik pemasaran online

3: Kuasai PPC Advertising.

Sebagian besar waktu dan anggaran Anda akan dialokasikan untuk mengelola kampanye PPC baik di Google Ads atau Facebook.

Sebagai spesialis pemasaran digital, Anda perlu tahu tentang berbagai jenis kampanye yang dapat Anda jalankan dan cara mengukur dan menganalisis hasilnya dengan benar.

Bergantung pada ukuran tim dan industri Anda, biasanya kampanye pemasaran digital hanya menjalankan kampanye PPC sehingga menguasai PPC lebih dari penting.

4: Sosial Media Marketing

Selain menggunakan iklan berbayar di Facebook, Anda juga perlu mempelajari cara kerja pemasaran di jaringan lain.

Bergantung pada jenis situs web yang akan dipromosikan, Anda mungkin harus menjelajahi jaringan media sosial lain seperti Twitter, Pinterest, atau LinkedIn, dan karenanya penting untuk memiliki keterampilan yang diperlukan.

5: Content Marketing Campaign

Untuk mendukung semua kampanye pemasaran digital Anda, Anda membutuhkan konten yang memiliki karakteristik sebagai berikut:

Memenuhi user intent, menarik banyak pengguna dan pembaca, mengoptimalkan setiap platform dan digunakan untuk meningkatkan rangking website dan konversi.

Content Marketing adalah salah satu cara promosi website yang paling ampuh

Konten bisa dalam bentuk teks, video atau audio dan bisa dalam berbagai format seperti artikel, video YouTube, halaman arahan, podcast, dll.

Sebagai pakar pemasaran digital, Anda perlu menyiapkan rencana jenis konten apa yang akan diproduksi dan kapan serta bagaimana mengukur performa setiap jenis konten.

Inilah inti dari pemasaran konten.

Itulah beberapa 5 tips pertama yang bisa anda lakukan untuk menjadi spesialis dalam pemasaran online. Menguasai skill diatas akan meningkatkan otoritas anda dihadapan calon penggna.

Deolinda