Solusi Cepat Untuk Mengatasi HP di Cas Malah Berkurang

Tidak dapat disangkal bahwa HP adalah produk yang sangat berharga di dunia saat ini dan dibawa kemana-mana untuk keperluan komunikasi. Selain untuk komunikasi, handphone bernama Smartphone dapat digunakan untuk keperluan hiburan, baik untuk bermain game maupun untuk menonton film.

Ponsel jaman sekarang bisa sedikit merubah fungsi laptop dan juga bisa digunakan untuk pekerjaan kantor.

Untuk mendukung semua fungsi tersebut, HP memasang baterai berkapasitas besar, jika tidak kecepatan pengisian akan melambat. Bahkan ada ponsel yang bisa penuh dalam hitungan menit.

Namun terkadang kami mengalami masalah saat mengisi daya. Misal, jika kita mengisi baterai HP alih-alih mengisinya, malah malah gagal. Berikut cara mengatasi masalah ini.

Penyebab HP di Cas malah menurun

Arus tidak stabil

Kami mengisi daya baterai HP menggunakan adaptor daya yang dicolokkan ke stopkontak. Dalam keadaan ini, kemampuan listrik memiliki pengaruh yang kuat. Energi listrik yang tidak stabil saat mengisi daya ponsel, yang menyebabkan pasokan daya ponsel menjadi tidak stabil dan membuat sensor pembaca kapasitas tidak akurat.

Konsekuensi jangka panjang jika terus mengisi daya saat arus tidak stabil adalah baterai dapat bocor dan cepat habis bahkan rusak. Oleh karena itu, kami merekomendasikan pengisian daya hanya ketika catu daya stabil.

Kabel listrik Abal – Abal

Aksesori asli ponsel Anda telah rusak atau hilang dalam waktu yang lama, dan Anda telah membeli pengisi daya dari pemasok pihak ketiga yang asalnya tidak jelas.

Ini juga bisa menjadi penyebab masalah ini. Penggunaan aksesoris non original biasanya tidak memenuhi spesifikasi pabrikan HP. Selain itu, pengisi daya dan kabel listriknya “murah”. Kami menyarankan Anda untuk tidak tergiur dengan harga yang murah karena dapat merusak ponsel Anda.

Banyak produsen pengisi daya dan kabel daya berkualitas tinggi tidak berasal dari pemasok resmi. Anda dapat dengan mudah membedakannya dari kualitas build. Harganya masuk akal dan tidak terlalu murah di pasaran.

Bekas

Menggunakan ponsel Anda saat sedang mengisi daya adalah kebiasaan yang harus dihindari dan ditinggalkan. Lebih baik menunggu baterai HP penuh daripada menggunakan HP saat sedang diisi. Kebiasaan ini menyebabkan ponsel menjadi terlalu panas dan dapat menyebabkan baterai HP sendiri menjadi pendek bahkan meledak.

Jika Anda menggunakan ponsel saat sedang mengisi daya, baterai tidak akan mengisi daya secara efisien. Hal ini dikarenakan daya dari charger dan daya yang dikonsumsi oleh ponsel pada saat ini kurang lebih sama, yang berarti daya listrik yang dikirimkan oleh charger tidak disimpan di dalam baterai.

Tidak ada sinyal

Fungsi utama ponsel adalah komunikasi. Sinyal dari operator harus bekerja dengan baik. Kondisi sinyal yang tidak stabil yang sering kali hilang dan terjadi menyebabkan ponsel berusaha mencari sinyal yang berfungsi normal. Ponsel yang terus mencari sinyal menggunakan banyak daya. Efeknya kurang lebih sama dengan yang ada pada ponsel yang digunakan.

Kami menganjurkan agar Anda menggunakan mode pesawat atau mematikan telepon Anda ketika Anda ingin mengisi dayanya agar pengisiannya lebih cepat dan tidak merusak baterai.

Jika Anda tidak ingin ketinggalan notifikasi yang masuk, usahakan untuk tidak mereset ponsel Anda ke mode 4G-only atau 3G-only saat Anda merasa kondisi sinyal tidak mencukupi. Biarkan HP menentukan sinyal mana yang lebih kuat dan lebih stabil.

Kesalahan HP

Penyebab lain yang menyebabkan hp mengisi daya bukannya penuh sebenarnya kurang. Ini mungkin karena ponsel Anda rusak dan memerlukan beberapa pengaturan untuk kembali normal. Ini sering terjadi ketika Anda menggunakan ROM tidak resmi yang Anda unduh dari internet.

Kesalahan juga dapat terjadi jika ponsel Anda sudah di-root dan Anda menginstal aplikasi yang membutuhkan akses root. Aplikasi ini dapat membuat perubahan pada sistem yang menyebabkan pembacaan baterai bermasalah.

Artikel ini dipersembahkan untuk tekno farm dengan url resminya teknofarm.net, terima kasih sudah membaca artikel ini.

Muchammat Kristanto