Simak 9 Fakta Burung Kutilang yang Kudu Diketahui

Kicau burung kutilang ternyata pernah dibuat suatu lagu loh. Kamu pasti sering di dengar lagu tersebut kan? Dibalik lagu masa kecil tentang kutilang ini, nyatanya terdapat fakta menarik dari burung endemik negeri Indonesia. Sayangnya, tak banyak yang mengenali fakta tersebut. Mayoritas warga Indonesia malah menyangka kutilang bagaikan burung pengganggu. Nah, daripada salah dalam mengartikan keberadaan burung kutilang, ada baiknya kita mengulas lebih detail mengenai fakta menarik burung kutilang ini:

1. Persebaran yang Luas

Mengerti kah Kamu jika kutilang nyatanya mempunyai zona persebaran yang luas? Burung ini sangat gampang ditemukan disekitar Asia Tenggara. Walaupun begitu, burung kutilang tidak memiliki habitat senantiasa di Malaysia. Di Indonesia sendiri, kutilang tersebar di sebagian besar pulau, paling utama Jawa serta Bali. Kedua pulau ini jadi zona persebaran dini kutilang, sehingga diketahui luas oleh warga.

2. Sering Berkicau

Jangan heran mendengar kutilang senantiasa berkicau sejauh hari! Alibi ini pula yang membuat warga suka memelihara kutilang. Apalagi sebagian tipe kutilang dapat menirukan kicauan burung lain. Kicauan yang ditirukan umumnya berasal dari spesies yang sama.

Tipe kutilang yang sering menirukan kicauan burung lain merupakan trucukan. Dia hendak berkicau seperti kicauan kutilang biasa, cendet, maupun codet ijo. Pantas saja kutilang trucukan dikatakan burung pintar, karena sanggup mengimitasi suara kicauan burung lain.

3. Gampang Menyesuaikan diri

Pernahkan Anda perhatikan burung kutilang berkumpul dengan burung lain? Kerutinan kutilang memanglah terbilang unik. Dia tidak segan mendatangi burung lain yang dalam suatu komunitas, entah dikala mencari makan maupun bertengger. Menariknya, kutilang tidak mengusik kegiatan burung lain. Kehadirannya juga terkesan tidak begitu mencolok, malah nampak sangat membaur satu sama lain.

Mengingat sifatnya yang gampang menyesuaikan diri dengan area baru, burung ini juga sangat gampang dijinakkan. Bila Kamu berminat memelihara kutilang, tidak butuh takut kutilang bakal hadapi tekanan pikiran.

4. Mengganggu Kicauan Burung Lain

Dalam sebagian festival kicau burung, kutilang acapkali dikira pengganggu ataupun perusak. Dikala burung kicau lain dipertemukan dengan kutilang.  Suara kicau kutilang sanggup mengusik keahlian kicau burung tersebut. Alasannya, suara kicau kutilang dikira‘ mati’ oleh sebagian besar pencinta burung kicau. Menyandingkan kutilang dengan burung kicau lain hendak membuat suara kicau burung lain jadi tidak optimal.

5. Wujud Kaki yang Unik

Kerutinan kutilang bertengger di ranting nyatanya didukung oleh wujud kaki yang unik. Kutilang mempunyai ruas kaki sejajar dengan dimensi yang kecil.  Meski kecil, nyatanya keahlian kutilang buat mencengkeram ranting tidak butuh diragukan lagi.  Energi cengkeram burung kutilang tercantum sangat kokoh serta kuat. Inilah yang membolehkan kutilang sanggup bertahan lama di atas tumbuhan serta tidak gampang terselip ataupun terjatuh.

6. Mitos Memelihara Kutilang

Memang susah untuk menghindari mitos yang ada. Salah satunya Mengenai memelihara kutilang di rumah. Sebagian orang yakin kutilang sanggup bawa keberkahan serta rezeki tidak terputus. Si pemilik rumah hakan memperoleh kebaikan bertubi- tubi, khususnya dalam dunia pekerjaan. Mereka pun akan dihormati oleh orang sekitar, apapun keadaannya. Dapat dibilang kutilang bagaikan tolak bala untuk para pemiliknya.

7. Gampang Ditangkap

Tidak mau menghasilkan duit buat mempunyai seekor kutilang? Kamu dapat menangkap langsung burung kutilang di dekat area tempat tinggal. Coba perhatikan, tentu banyak kutilang yang berkeliaran di sekitar rumah. Terlebih jika Kamu memiliki tumbuhan buah ataupun sayur yang siap panen. Burung kutilang pasti sering terlihat dikarenakan hal ini.

Kutilang suka makan buah serta sayur matang buat bertahan hidup. Nah, supaya Kamu gampang menangkap kutilang, pakai jerat simpul ataupun getah. Kedua metode ini sangat efisien mengungkung burung kicau tersebut.

8. Efek Rendah Hadapi Kepunahan

Sebagian spesies hewan sudah dinyatakan hadapi kepunahan ataupun hampir punah. Perihal seragam terjalin pula pada spesies burung tertentu, seperti jenis burung cendrawasih dan elang. Tetapi tidak demikian dengan burung kutilang yang dengan zona persebaran sangat luas. Meski kutilang mengalami penurunan jumahlnya, tetapi populasinya masih banyak terlihat.

9. Banyak Jenisnya

Dikala ini, kutilang memiliki 9 tipe yang tersebar luas di dekat Tiongkok Selatan ataupun Asia Tenggara. Kesembilan tipe tersebut masih dapat ditemui dengan gampang. Subspesies ataupun ras kutilang bisa jadi tidak sebanyak hewan yang lain, namun terbilang beraneka ragam. Para pencinta burung tentu dapat membedakan antara satu ras dengan ras yang lain dari karakteristik khas di tubuh si burung kutilang ini. Mengingat kesempatan kepunahannya sangat rendah, kutilang pasti dapat disaksikan oleh anak serta cucu kita nantinya.

Nah itulah beberapa fakta menarik tentang burung kutilang yang wajib diketahui. Menurut kalian, dari beberapa fakta diatas mana fakta yang paling penting?

inaz