Sesuaikan Menu Masakan dari 7 Bagian Daging Sapi Terbaiknya

Daging Sengkel Sapi pack 500 gr

Platform TaniHub menjual berbagai jenis bagian-bagian daging sapi terbaik di Indonesia. Apabila Anda ingin memasak daging, tentu diperlukan pengetahuan mengenai berbagai jenis bagian daging yang sesuai dengan makanan yang ingin dibuat. Berikut beberapa jenis daging dengan kualitas terbaik.

  • Sirloin

Apabila Anda menginginkan jenis daging yang mempunyai rasa gurih dengan lemak dan dengan rasa daging yang nikmat. Pilihan tersebut ada pada jenis daging sirloin. Daging ini sangat cocok diolah dengan cara ditumis, kukus, dan juga fried and grilled

  • Tenderloin

Salah satu bagian daging yang mempunyai tekstur sangat empuk yaitu ada pada tenderloin atau biasa disebut dengan has dalam. Daging ini sangat cocok untuk dimasak menjadi steak. Tenderloin merupakan bagian dari punggung sapi. Tekstur yang dimiliki jenis ini sangat empuk, bahkan tekstur yang dimiliki lebih unggul dibandingkan dengan daging sirloin. 

  • Buntut

Pernahkah Anda memakan daging bagian buntut? Daging ini biasa ditemukan pada masakan sop buntut. Buntut atau oxtail mempunyai tekstur kenyal dan sangat lembut apabila dalam pengolahannya dilakukan dengan menggunakan teknik yang benar. 

Namun di dalam proses memasak, daging ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini dilakukan dengan tujuan, supaya dapat menghasilkan daging buntut yang kaya akan gelatin. Sehingga rasa masakan yang dihasilkan mempunyai rasa yang lebih gurih. 

  • Topside

Bagi Anda pecinta masakan rendang, daging bagian topside ini merupakan pilihan yang tepat untuk dimasak menjadi rendang. Topside atau gandik merupakan bagian terluar dari paha bagian belakang. 

Daging bagian ini mempunyai tekstur yang padat serta kandungan lemak yang dimiliki juga cenderung sedikit. Karena tekstur yang dimiliki sangat padat, maka daging jenis ini mempunyai kekuatan lebih pada saat diolah  dalam proses pemasakan yang membutuhkan waktu lama. 

  • Iga atau Rib

Salah satu jenis daging yang mempunyai kualitas unggul yaitu iga atau bisa juga dikenal dengan rib. Jenis daging ini tentu sudah terkenal akan lemak yang dimiliki sangat tebal. Sehingga rasa yang diberikan sangatlah gurih. 

Bahkan kegurihan dari rasa daging iga ini lebih gurih dibandingkan dengan jenis daging yang lainnya. Didalam proses memasak daging ini, tulang yang menempel pada daging ini juga ikut dimasak. Hal ini dapat sekaligus menghasilkan kaldu. 

Biasanya metode yang digunakan dalam memasak daging ini yaitu menggunakan metode memasak lambat. Di dalam masyarakat Bugis, jenis daging ini biasa diolah menjadi bahan utama pembuatan sop konro. 

  • Bagian Perut

Bagian perut atau flank merupakan salah satu bagian daging yang mempunyai rasa sangat kenyal. Biasanya, daging ini digunakan menjadi bahan utama dalam pembuatan masakan khas Indonesia yaitu rawon. Pada bagian ini terdapat kandungan lemak yang tergolong cukup banyak. Sehingga daging ini juga mempunyai rasa yang gurih. 

  • Brisket

Brisket merupakan salah satu bagian dari punggung sapi. Mungkin jenis daging brisket terdengar sedikit asing, masyarakat umum biasa mengenal jenis daging ini dengan nama tetelan. 

Seperti yang telah Anda ketahui, tetelan mempunyai rasa yang sangat lembut dan juga kenyal. Selain itu, teknik masak yang cocok diterapkan pada jenis daging ini yaitu dengan menggunakan metode lambat. 

Itulah beberapa jenis daging sapi yang mempunyai kualitas terbaik yang bisa Anda dapatkan di dalam aplikasi online TaniHub. Selain menyediakan daging, aplikasi TaniHub juga menyediakan berbagai jenis buah dan sayur-sayuran. Tentu, segala macam bahan makanan tersebut diperoleh langsung dari petani Indonesia. 

 

sartika