SEO vs SEM: Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis Anda

SEO vs SEM: Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis Anda

Web Browser adalah salah satu alat paling canggih yang kami miliki saat ini.

Sama seperti Anda, orang-orang dari semua lapisan masyarakat menggunakan penelusuran Google untuk menemukan solusi, mempelajari hal-hal baru, dan memahami dunia sekitar.

Salah satu hal baru itu mungkin menentukan apakah SEO vs SEM adalah yang terbaik untuk bisnis Anda. Baik Anda seorang bisnis online atau bisnis lokal, kemungkinan besar orang-orang secara aktif mencari Anda.

Pada 2019 lalu, Google menyatakan bahwa lebih dari 2 triliun pencarian telah dilakukan setiap hari. Namun, menurut Statistik Live Internet, sekarang ada 5,5 miliar pencarian harian di Google.

Itu setara dengan 63.000 kueri per detik. Internet Live Stats, omong-omong, adalah sumber yang dapat dipercaya untuk membuat prakiraan.

Seperti teknologi lainnya, penelusuran berkembang pesat dan berkembang seiring waktu.

Artinya, ada peluang lebih besar bagi bisnis (dari semua ukuran) untuk memanfaatkannya untuk menjangkau audiens target mereka dan terhubung dengan mereka.

Sebagian besar bisnis menyadari bahwa mesin pencari dapat mengarahkan lalu lintas besar-besaran ke properti web mereka.

Bukan sembarang lalu lintas, tetapi lalu lintas yang benar-benar diubah menjadi prospek dan penjualan. Meskipun ada cara lain untuk mendapatkan eksposur online, Google masih memimpin paket dalam hal membantu Anda mendapatkan hasil terbaik untuk uang pemasaran Anda.

Ini terutama karena basis pengguna dan pangsa pasarnya yang besar.

Namun, ada satu dilema yang mungkin Anda hadapi sebagai bisnis ketika mencoba menggunakan mesin pencari untuk berkembang. Dan apakah akan memfokuskan upaya Anda pada SEO vs SEM.

Dengan kata lain, sebaiknya Anda berinvestasi dalam pengoptimalan mesin telusur, atau berinvestasi dalam pemasaran mesin telusur – alias bayar per klik atau iklan bersponsor.

Pertama-tama, mari kita pahami keduanya

Apa itu SEO dan SEM dalam Pemasaran Digital?

SEO dan SEM adalah proses pemasaran yang digunakan untuk menghasilkan kesadaran merek dan lalu lintas situs web melalui mesin pencari.

Dengan mengoptimalkan konten dan secara efektif memanfaatkan ruang digital, banyak bisnis yang dapat mempromosikan layanan mereka dan melihat lebih banyak kesuksesan untuk diri mereka sendiri.

SEO disertakan di bawah payung SEM, tetapi SEM secara keseluruhan juga mencakup strategi pemasaran lainnya.

Meskipun ada tumpang tindih di antara keduanya, keduanya tidak persis sama. Mari kita lihat lebih dekat keduanya.

SEO (Search Engine Optimization)

Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah metode untuk mengoptimalkan situs web untuk menerima lalu lintas organik / alami atau pengunjung dari halaman hasil mesin pencari.

Meskipun lalu lintas pencarian organik tidak dibayar, proses pengoptimalan mesin pencari dapat menimbulkan biaya, tergantung pada daya saing pasar yang Anda targetkan.

Saat anda melakukan SEO, anda membutuhkan backlink berkualitas. Dan anda bisa dapatkan dengan mudah melalui Agency Backlink terpercaya, salah satunya adalah Debacklink, salah satu penyedia Jasa Backlink murah dengan kualitas super premium.

Tujuan SEO adalah untuk menarik pengunjung yang relevan ke situs web Anda yang tertarik dengan produk atau layanan Anda.

Namun, mengoptimalkan untuk menerima lalu lintas organik yang ditargetkan hanyalah salah satu bagian dari persamaan.

Bagian lainnya adalah mendapatkan lalu lintas ini dalam jumlah yang lebih tinggi dengan beberapa kata kunci yang relevan dan bertarget.

Baca juga disini: Bisnis modal kecil untung besar

SEM (Search Engine Marketing)

Pemasaran mesin pencari (SEM) adalah cara untuk menyalurkan lalu lintas yang relevan dari mesin pencari dengan membeli daftar iklan berbayar atau bersponsor.

Jadi, jika Anda bertanya-tanya “apakah SEM sama dengan penelusuran berbayar atau PPC?” maka jawabannya adalah ya. SEM sering mengacu pada periklanan dan pemasaran bayar per klik (PPC).

Dan meskipun ada banyak platform PPC di pencarian dan arena sosial, sejauh ini pilihan yang paling populer dan sukses adalah Google Ads (sebelumnya dikenal sebagai Google Adwords).

Tujuan SEM adalah membantu pengiklan mendapatkan visibilitas di mesin pencari dan mengarahkan lalu lintas yang tepat tanpa harus menunggu.

Agar berhasil dengan SEM, penting untuk memiliki strategi SEM yang kuat dan dinamis untuk mendapatkan laba atas investasi terbaik.

Mengapa SEO dan SEM Penting?

Baik SEO dan SEM adalah proses hebat yang dapat membantu bisnis melihat pertumbuhan substansial. Dengan memanfaatkan ruang mesin pencari dengan benar, Anda dapat menjangkau audiens yang besar yang sudah ada di sana.

Penelitian kata kunci khusus, manajemen situs web, dan iklan bertarget sama-sama berkontribusi pada efektivitas kampanye mesin pencari.

Untuk daerah Surabaya dan sekitarnya, anda bisa mengetikan Jasa SEO Terbaik Surabaya untuk menemukan salah satu website SEO kami, SEOPreneur.co.id

Dan menerapkan salah satu dari ini akan membantu Anda melihat kenaikan peringkat halaman hasil mesin pencari (SERP), kesadaran merek, dan arahan berkualitas. Sekarang yang harus Anda lakukan adalah memutuskan proses mana yang lebih cocok untuk bisnis Anda, dan jalankan.

Muchammat Kristanto