Roundtable – Layanan Bersama & Outsourcing di Amerika Latin

 

Ini mungkin belum memiliki profil yang sama dengan Asia Selatan atau Eropa Timur, tetapi Amerika Latin menjadi tujuan yang semakin populer bagi organisasi yang ingin mendirikan pusat layanan bersama, baik yang melayani pasar domestik atau sebagai bagian dari strategi layanan bersama regional atau bahkan global. Selain itu, seiring dengan pertumbuhan di sektor captive, Amerika Latin telah menjadi fokus dari minat yang berkembang di pihak penyedia outsourcing besar yang masuk ke pasar memiliki konsekuensi langsung di seluruh papan. Lemparkan ke dalam campuran yang sudah mudah berubah ini ketidakstabilan ekonomi saat ini dan mudah untuk melihat mengapa aktivitas kawasan ini membuat gelombang melintasi dan melampaui layanan bersama dan ruang outsourcing pada tahun 2009.

Kami mengadakan panel yang mewakili praktisi, penyedia, dan penasihat untuk melihat tingkat kematangan pasar Amerika Latin saat ini dan untuk memeriksa bagaimana – dan jika – kelesuan ekonomi yang memengaruhi sebagian besar ekonomi global lainnya berdampak pada operasi di wilayah.

Hadir adalah:

Laura Bao Castro
Pengontrol CR FSSC
Intel Corporation

Esteban Carril
Direktur, Operasi Keuangan Amerika Latin
EMC Corporation

Mauro Mezzano
Pasangan
Konsultasi Grup Vantaz

Ricardo Neves
PwC Global Sourcing Leader untuk Amerika Selatan
PricewaterhouseCoopers

T: Saya pikir pertanyaan pertama yang harus kita lihat adalah: apakah benar untuk membicarakan “layanan bersama Amerika Latin”? Amerika Latin adalah wilayah yang sangat besar secara geografis dan dari segi jumlah penduduk; memiliki keragaman linguistik yang lebih kecil daripada, misalnya, Eropa, tetapi masih ada perbedaan yang sangat besar antara, katakanlah, Brasil dan Kosta Rika. Sejauh mana sebenarnya mungkin bagi organisasi – captive atau BPO – untuk mengambil pendekatan regional yang sesungguhnya di Amerika Latin? Apakah tidak mungkin menghindari sumber daya yang signifikan di masing-masing negara?

Ricardo Neves: Ini adalah wilayah yang berbeda dari wilayah lain di dunia. Jika Anda berbicara tentang layanan intra-wilayah, Anda berbicara tentang dua bahasa utama yang, dalam beberapa hal, dekat satu sama lain; Anda juga memiliki kedekatan budaya secara keseluruhan; dan biasanya apa yang Anda lihat dengan operasi multinasional atau regional di sini adalah bahwa negara-negara yang lebih besar seperti Brasil, Argentina, Meksiko, Chili sesuai dengan ukuran operasi yang signifikan. Biasanya jika Anda melihat sebagian besar perusahaan global atau multinasional di kawasan ini, mereka memiliki 50% atau bahkan 75% operasi mereka dilakukan paling banyak di dua atau tiga negara – dan kemudian 10, 12 negara lain tempat mereka beroperasi tetapi yang hanya menghasilkan 25% atau kurang dari bisnis mereka.

Hal ini memberikan tantangan ketika mendirikan pusat regional, karena ada skala untuk negara-negara besar yang tidak ada di negara-negara kecil – dan apa yang saya lihat di sini adalah perpaduan antara layanan bersama yang dijalankan sepenuhnya oleh pusat dan kehadiran lokal yang lebih rendah. di negara-negara kecil untuk memastikan skala yang tepat tercapai dan dukungan yang tepat dilakukan di tingkat regional. Ada perusahaan yang berbasis di Brasil yang saya lihat memiliki layanan bersama regional – seperti pembuat bir AmBev, sekarang terhubung dengan InBev dan AnhauserBusch, yang memiliki layanan bersama regional yang sangat besar yang berbasis di Sao Paulo yang tidak hanya melayani operasi di wilayah tersebut, tetapi juga operasi perusahaan di Kanada untuk operasi Labatt. Unilever juga telah menyiapkan layanan berbagi SDM – dan baru saja menjual layanan bersama keuangannya kepada Capgemini di wilayah tersebut.

Singkatnya, dari operasi besar yang saya lihat, seperti yang saya katakan, saya telah melihat campuran beberapa layanan terpusat dan beberapa negara kecil dengan layanan lokal digabungkan.

Esteban Carril: Kami melayani Argentina, Chili, Peru, Meksiko, Kolombia, Venezuela, dan Brasil. Tim saya dibagi menjadi tiga area fungsional, di dua negara. Satu tim sedang bekerja di Sao Paulo, Brasil; dua tim fungsional lainnya bekerja di sini di Argentina. Kami menjalankan hutang, piutang, kredit dan penagihan, penagihan, aplikasi tunai, penggajian, komisi dan bonus. Sebenarnya tidak terbagi secara linguistik: kami menemukan bahwa kami sudah memiliki beberapa keterampilan yang baik di Brasil untuk mengembangkan departemen kredit dan penagihan di sana, jadi kami memutuskan untuk meninggalkan grup yang ada yang menyediakan layanan di sana di Brasil, untuk menyediakan layanan bagi negara-negara Amerika Latin lainnya . Kami ingin memiliki tiga kelompok fungsional, tetapi kami ingin mencoba menjaga orang-orang terampil yang sama tetap bekerja dan kami tidak ingin memindahkan mereka dari satu negara ke negara lain.

Laura Bao Castro: Kami adalah bagian dari strategi global. Saat ini kami memiliki dua pusat layanan bersama keuangan yang cukup besar di Intel. Satu berlokasi di Malaysia dan yang lainnya terletak di sini di Kosta Rika; pasar yang didukung dari Kosta Rika adalah Kanada, AS, Kosta Rika, dan Meksiko, Kolombia, Venezuela, Chili, Argentina, dan Brasil.

T: Laura dan Esteban, Anda berdua berasal dari organisasi global besar dengan kehadiran dunia yang signifikan. Apakah menurut Anda itu masih perusahaan terbesar

 

sumber : service ac pekanbaru

Deolinda