PT Sarana Multi Infrastruktur Mendukung Penuh Pembangunan Infrastruktur

Pembangunan infrastruktur saat ini telah menjadi prioritas nasional di Indonesia. Menurut Kementerian Keuangan, hal ini sangat penting untuk dapat meningkatkan akses masyarakat para berbagai pelayanan dasar serta mampu meningkatkan produktivitas dan daya saing. Maka tak heran rasanya bila hingga saat ini PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) mendukung penuh pembangunan infrastruktur di berbagai daerah.

Tentang PT SMI

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau PT SMI merupakan katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia. salah satu lembaga keuangan non-bank ini diciptakan untuk melakukan pembiayaan infrastruktur, di mana 100% modalnya milik Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan. Adapun 3 pilar bisnis yang dimiliki di antaranya adalah pembiayaan dan investasi, jasa konsultasi, hingga pengembangan proyek.

PT SMI sendiri memberikan pembiayaan terhadap pembangunan infrastruktur dari 8 sektor operasional, yakni transportasi, jalan dan jembatan, telekomunikasi, minyak dan gas, listrik, irigasi, penyedia air minum, dan pengelolaan sampah. Dalam menjalankan tugasnya, perusahaan ini juga mempunya dua fokus utama, yaitu:

          Memberikan sejumlah manfaat dan turut berkontribusi kepada masyarakat dalam tindakan sadar sosial dan ekonomi.

          Turut serta dalam mempromosikan keberlanjutan melalui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan mitigasi pada perubahan iklim di Indonesia.

Apa Pentingnya Infrastruktur untuk Negara?

Infrastruktur tentunya memiliki peran yang penting  dan bertugas sebagai roda penggerak dari proses pembangunan dan pertumbuhan ekonomi dari suatu negara. Keberadaannya tentu saja harus memadai untuk menjadi bagian yang sangat penting terhadap sistem pelayanan di masyarakat. Selain itu, infrastruktur juga merupakan fasilitas fisik untuk memenuhi kebutuhan publik seperti penyediaan air tenaga listrik, transportasi, limbah, pengelolaan limbah, hingga adanya pelayanan publik yang memfasilitasi tujuan sosial dan ekonomi.

Adanya bangunan infrastruktur di suatu negara tentunya akan menjadi salah satu faktor penting dan menentukan untuk tingkat kecepatan serta perluasan pembangunan ekonomi. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi yang pesat meningkatkan kebutuhan sarana dan prasarana sosial ekonomi suatu negara. Tak hanya berhenti sampai di situ saja, infrastruktur tidak hanya memberikan peran penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian yang tinggi, melainkan juga mampu mengatasi kesenjangan antardaerah.

Ketimpangan antardaerah sendiri bisa dilihat dari adanya perbedaan pada pendapatan per kapita yang akan menandakan adanya perbedaan kebutuhan akan pembangunan infrastruktur. Maka dari itu dalam suatu negara pembangunan infrastruktur yang memadai tentunya sangat penting dan akan memberikan banyak manfaat dalam jangka waktu panjang.

Dalam memenuhi kebutuhan pendanaan infrastruktur negara atau daerah, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) telah melakukan berbagai macam inovasi. Perusahaan ini tentu sudah memberikan banyak dorongan bagi pemerintah untuk membangun infrastruktur yang memadai. Dengan demikian PT SMI sangat layak dijadikan sebagai mitra terbaik dalam penyedia pembiayaan untuk membangun perekonomian negeri.

zukiungu