Sebentar Lagi Sekolah Offline Akan dibuka Kembali, Simak Persiapan Yang Wajib Anda Lakukan

Beberapa bulan terakhir ini Menteri Pendidikan yakni Nadiem Makarim telah mengumumkan dibuka kembalinya pembelajaran sekolah offline. Mengingat bahwa kasus covid-19 mulai bisa dikendalikan maka dengan memungkinkan sekolah tatap muka diadakan. Lalu bagaimana dengan persiapannya? Beberapa cara  perlu dilakukan agar terhindar dari ancaman covid-19. 

Persiapan Yang Harus Dilakukan Saat Sekolah Tatap Muka

  1. Pastikan Sekolah Sudah Memenuhi Syarat 

Tips pertama adalah mengecek bagaimana kondisi sekolah apakah sudah memenuhi syarat. Tentunya sebagai orang tua akan was-was jika anak sudah mulai masuk sekolah, maka dari itu memeriksa kondisi sekolah seperti fasilitas sudah tersedia atau belum. Sekolah akan memberi sanitasi yang bersih, tempat cuci tangan, dan penyemprotan desinfektan ruangan.

  1. Mengecek Kondisi Tubuh 

Memastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit adalah hal yang utama dan tak boleh terlewatkan saat akan memasuki sekolah offline. Hal ini dikarenakan kondisi suatu tubuh yang sehat dan fit akan tidak mudah terserang penyakit. Berbalik dengan kondisi tubuh yang sakit maka penyakit akan mudah menghampiri. Jika dirasa badan sedang sakit, maka sebaiknya beristirahat terlebih dahulu. 

  1. Tidak Mencopot Masker

Dapat diketahui, penularan utama covid-19 terjadi melalui udara. Maka hal ini penggunaan masker merupakan hal wajib dan tak boleh dilewatkan. Penggunaan masker akan mengurangi penyebaran Covid-19, maka dari itu jangan mencopot masker sembarangan. Pilihlah masker dengan standar kesehatan RI.

  1. Jangan Malas Mencuci Tangan

Salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk persiapan adalah adanya fasilitas cuci tangan, pihak sekolah yang menjalankan sekolah offline wajib memberi fasilitas tersebut. Namun para siswa bisa berjaga-jaga dengan membawa pembersih tangan atau Hand Sanitizer sendiri, agar jika sewaktu-waktu dibutuhkan bisa digunakan. 

  1. Menyiapkan Alat Tulis Lengkap Milik Sendiri

Salah satu penularan virus covid-19 yakni penggunaan barang secara bersamaan, maka dari itu sebelum masuk sekolah tatap muka alangka baiknya Anda para orang tua mempersiapkan alat tulis lengkap dan barang lainnya untuk digunakan anak sendiri. Sehingga hal tersebut dapat mengurangi penyebaran virus.

  1. Vaksin Lengkap Covid-19

Selain itu yang tak kalah penting adalah mengikuti kegiatan vaksinasi covid-19 lengkap yang telah disediakan oleh pemerintah. Untuk pencegahan penularan covid-19 penggunaan vaksinasi secara lengkap tentunya akan melindungi imun tubuh dari serangan virus tersebut. 

Beberapa persiapan sebelum memasuki sekolah tatap muka dapat Anda terapkan pada anak Anda nantinya, sebagai orang tua tentunya akan sedikit was-was dengan hal itu. Maka persiapkanlah dengan matang dan tepat. Tetapi untung saja ada Sekolah Murid Merdeka, sekolah yang memberikan kebebasan memilih pembelajaran daring atau luring.  

Drajad