Penyebab Roda Depan Mobil Bunyi dan Begini Cara Mengatasinya

Bagi Anda yang memiliki mobil, tentunya sering mengalami masalah kebisingan pada roda depan mobil Anda. Ini pasti mengganggu, apalagi jika digunakan saat perjalanan jauh. Biasanya suara ini lebih sering terdengar saat mobil akan mati atau mati.

Jika dibiarkan, dapat merusak komponen lainnya. Untuk itu, Anda harus menyelesaikan lebih cepat daripada saat Anda membayar banyak. Tetapi sebelum memecahkan masalah ini, Anda perlu tahu mengapa ini sangat mudah untuk diperbaiki. Nah, berikut beberapa penyebab gangguan roda depan mobil yang perlu Anda waspadai.

1. Bush Stabilizer Bar dan Cushion Stabilizer Sudah Aus

Penyebab utama ban mobil berbunyi saat berkendara adalah karena palang bus settler dan bantal pada stabilizer menjadi tipis dan rusak. Ini biasanya disebabkan oleh kondisi yang telah melunak karena penuaan, termasuk bagian utama chusion.

Anda lagi cari toyota jogja? Yuk dapatkan kualitas maksimal harga toyota jogja murah pada tautan tersebut, silahkan bisa diklik saja.

Karena seringnya gesekan itu menyebabkan kerusakan. Penstabil semak biasanya terdiri dari dua bagian, kanan dan kiri. Sedangkan untuk bantalan karetnya terdapat 4 bagian yang terletak di stabilizer kiri dan 4 di kanan.

2. Posisi Baut Karet Support Yang Sudah Kendur

Ada kasus lain yang menyebabkan suara roda depan karena bagian depan mobil memasuki kabin. Ini karena baut penyangga karet longgar. Posisikan baut itu sendiri pada penyangga karet. Fungsi baut ini adalah untuk menahan wadah yang digunakan untuk menopang shock breaker agar tidak jatuh pada tempatnya.

Untuk mengatasinya anda bisa cek terlebih dahulu bautnya menggunakan kunci roda, jika terasa longgar dan tidak pas anda bisa mengencangkan kembali baut tersebut. Setelah itu, suara yang mengganggu akan hilang dari mobil Anda.

3. Kerusakan Pada CV Joint

Kerusakan sendi CV juga menjadi penyebab gangguan kebisingan dari roda depan mobil. Hal ini biasanya terjadi akibat robeknya sambungan boot CV sehingga keluar pelumas pada sambungan CV saat roda berputar. Jika dibiarkan, kemungkinan sendi CV tidak akan terlumasi dan kering.

Selain itu kerusakan pada sambungan CV juga disebabkan oleh adanya air yang masuk ke dalam rubber boot pada sambungan CV sehingga menimbulkan suara berisik. Alasan lain mungkin karena usia sendi CV yang sudah terlalu tua sehingga perlu diganti dengan yang baru.

Untuk mengatasinya tentunya perlu menggantinya dengan yang baru jika disebabkan oleh karet gelang. Anda bisa melihat bekas retakan awal yang bisa ditemukan pada karet gelang.

4. Bushing Lower Arm Karet Sobek atau Pecah

Penyebab lain dari bunyi roda depan mobil kemungkinan besar karena karet gelang di bawah karet sudah robek atau rusak. Biasanya tanda-tanda kerusakan ini adalah saat mendengar suara bising saat mobil sedang melaju, tidak hanya saat melewati lubang, tapi juga melalui paving block. Anda akan mendengar suara seperti bantal di bagian depan kemudi Anda.

5. Cross Member Yang Tidak Rapat

Cross Membe atau bagian yang memegang lengan bawah yang bersentuhan langsung dengan lengan bawah, menyebabkan suara keluar dari depan roda. Biasanya terjadi akibat benturan benda keras seperti trotoar atau bebatuan sehingga menyebabkan lengan bawah terayun saat melewati jalan yang tidak rata. Sehingga bagian salib itu tertekuk dan akhirnya bertemu dengan lengan bawah dan menimbulkan suara berisik.

6. Bantalan roda sudah aus

Alasan lain yang membuat suara roda depan mobil Anda berbunyi adalah bantalan rodanya sudah basah. Untuk mengecek kondisi bantalan roda yang rusak cukup mudah. Anda bisa menggunakan dongkrak, dan membongkar mobil Anda agar ban tidak menyentuh tanah atau lantai.

Lalu goyangkan roda kanan dan kiri. Jika terasa lucu saat roda diguncang ke segala arah, maka ini pertanda bantalan mobil anda patah dan rusak. Jika demikian, maka Anda perlu mengganti kursi roda dengan yang baru.

7. Permukaan Ban Yang Gelombang

Kerusakan akibat permukaan ban yang sangat kempes akan mudah terlihat saat Anda mengemudikan kendaraan dengan kecepatan di atas 40 km / jam. Suara bising akan mulai terlihat jelas. Hal tersebut tidak akan mengganggu komponen lain, namun cukup mengganggu saat berkendara.

Penyebab permukaan gelombang ban mobil Anda biasanya karena jempol kaki salah posisi saat ombak kecil. Namun jika panjang gelombangnya cukup besar biasanya karena kondisi tie rod yang lucu atau rusak.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mengganti ban dengan ban serep yang sudah ada. Namun pastikan ban yang Anda gunakan tidak seimbang atau permukaannya macet. Anda bisa mengeceknya dengan cara mengganti ban depan dengan ban belakang, jika terdengar suara ban belakang pastikan ban depan anda perlu diganti dengan yang baru.

8. Bunyi Dari Ball Joint Atas Bawah Mobil

Ball joint adalah komponen yang digunakan untuk mengubah arah sudut roda. Bagian komponennya berbentuk seperti bola dan digunakan untuk melindungi dari debu. Ada banyak kasus ketika suara roda bisa berasal dari sambungan bola yang rusak.

Selain itu, penyebab kebisingan lainnya mungkin karena kursi ballroom yang longgar pada KNUKLE di depan kaki mobil, menyebabkan sambungan bola juga kendor dan menimbulkan suara yang mengganggu, terutama saat melewati lubang.

9. Long Tierod Yang Sudah Rusak

Kerusakan yang terjadi dalam jangka waktu lama juga akan menimbulkan suara bising pada roda mobil Anda. Level panjang ini adalah tentang kemudi dan keseimbangan. Ban panjang biasanya terbuat dari logam dengan fungsi agar bisa terus memaksa putaran dari setir ke roda.

Jika tangga yang panjang itu habis, alangkah baiknya diganggu karena suaranya akan berisik dan tidak nyaman. Miirp seperti dua buah logam yang saling bertentangan. Apalagi jika Anda berkendara dengan kecepatan tinggi bisa menyebabkan kestabilan yang bisa mengganggu.

Deolinda