Pentingnya SBU (Sertifikat Badan Usaha) bagi usaha

SBU yaitu singkatan dari Sertifikat Badan Usaha yang artinya adalah sertifikat jadi pernyataan formal dan tanda bukti atas kemampuan dan kompetensi usaha dengan ketentuan kualifikasi Badan Usaha.Sertifikat Badan Usaha atau SBU adalah prasyarat untuk mendapat Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) jadi setiap Badan Usaha yang mau punya jasa konsultan non konstruksi maupun Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) itu mesti memiliki dulu yang namanya Sertifikat Badan Usaha (SBU).

Sertifikat Badan Usaha (SBU) ini dipakai untuk Badan usaha yang bergerak di jasa konsultan, jasa konstruksi dan jasa pengawasan.

SBU (Sertifikat Badan Usaha) ini juga mesti diluncurkan oleh Asosiasi yang terakreditasi dengan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) yang diakui oleh pemerintah.

Maka untuk Perusahaan anda yang mau bergerak dibidang konstruksi segera untuk membuat Sertifikat Badan Usaha (SBU) biar bisa ikut dalam tender — tender pemerintahan, sebab setiap lembaga pemerintah mewajibkan setiap rekanan mereka harus memiliki Sertifikat Badan Usaha (SBU) dan tentunya Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK).

Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi atau SIUJK yaitu surat yang diperlukan oleh sebuah perusahaan untuk mengerjakan kegiatan konstruksi baik itu di non pemerintah atau di lingkungan pemerintah. Sehingga surat ijin ini di keluarkan oleh pemerintah daerah untuk perusahaan maka dengan begitu perusahaan bisa mengerjakan kegiatan konstruksi. Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) ini erat hubungannya dengan Sertifikat Badan Usaha (SBU) yang jadi prasyarat pembuatan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK).

Sertifikasi Badan Usaha atau SBU adalah bukti formal yang berupa pernyataan atas badan usaha tertentu. Sertifikasi Badan Usaha (SBU) ini diperlukan untuk pembuatan IUJK. Apabila membuat Sertifikasi Badan Usaha (SBU) sebaiknya terakreditasi oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK). Cuma Sertifikasi Badan Usaha (SBU) yang terakreditasi oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) saja yang dapat dipakai untuk pembuatan SIUJK (Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi) . Biaya pembuatan SIUJK (Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi) dan Sertifikasi Badan Usaha (SBU) ini mahal maka dengan beegitu harus perlu hati-hati dalam proses pembuatannya sehingga harus sesuai dengan yang di inginkan.

Apabila dalam pembuatan SIUJK (Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi) diperlukan Sertifikasi Badan Usaha (SBU), maka dengan begitu untuk membuat Sertifikasi Badan Usaha (SBU) diperlukan SKT atau SKA. Sehingga hal ini jadi langkah awal dalam proses pembuatan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) yaitu dengan terlebih dulu membuat SKT atau SKA. Apabila dibikin point, jadi langkah pembuatan SIUJK (Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi) antara lain yaitu sebagai berikut :

– Mengurus Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK)
– Membuat Sertifikasi Badan Usaha (SBU)
– Membuat SKT (Sertifikasi Tenaga Trampil) atau SKA (Sertifikasi Tenaga Ahli)Jadi sebelum akan membuat Surat

Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) harap diperhatikan dulu bahwa penting dalam mengantongi SKT atau SKA dan SBU (sertifikasi badan usaha). Apabila Anda tidak mempunyai dua prasyarat ini maka dengan begitu Anda tidak akan bisa untuk mengurus Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK). Diantara ketiga tahapan yang ada di atas, biaya pembuatan SIUJK (Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi) dan Sertifikasi Badan Usaha (SBU) yaitu yang termahal. Pastinya biaya mahal ataukah tidak itu tergantung pada jasa yang melayani pembuatan Sertifikasi Badan Usaha (SBU) atau Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK).

Pembuatan Sertifikasi Tenaga Trampil (SKT) atau Sertifikasi Tenaga Ahli (SKA) tergantung pada tenaga ahli yang dipunyai oleh perusahaan. Disamping itu juga bergantung pada besar project yang akan dikerjakan. Apabila project dalam kategori menengah maka dari itu tenaga ahli yang diperlukan setingkat sarjana. Sehingga yang diperlukan yaitu pembuatan Sertifikasi Tenaga Ahli (SKA). Sedangkan apabila project itu termasuk juga dalam kategori kecil jadi tenaga ahli yang diperlukan cuma setingkat SMK atau SMA. Maka dengan begitu yang diperlukan yaitu SKT (Sertifikasi Tenaga Trampil).

toha