Pengertian Microsoft PowerPoint, Fungsi dan Manfaatnya

Halo, teman-teman semuanyaaa. Selain MS Word dan Excel, masih banyak produk Microsoft Office lainnya yang cukup populer dan digunakan oleh banyak orang. Dimulai dengan perusahaan swasta, institusi, fasilitas pendidikan baik di sekolah maupun universitas. Ya, terutama jika bukan Microsoft PowerPoint.

Anda tahu nama aplikasinya, bukan? Mungkin setiap hari Anda mengalami masalah dengan aplikasi ini di tempat kerja. Nah, berbicara tentang Microsoft PowerPoint tentunya ada banyak hal yang bisa dibahas. Dimulai dengan memahami Microsoft PowerPoint, fungsi dan manfaatnya, seperti yang telah kami rangkum di bawah ini.

Pengertian Microsoft Powerpoint

Microsoft PowerPoint adalah aplikasi yang disertakan dengan Microsoft Office yang menawarkan berbagai fitur yang diperlukan untuk keperluan presentasi. Jika dulu orang menggunakan presentasi transparan dengan proyektor sebagai alatnya, kini telah digantikan oleh Microsoft PowerPoint yang jauh lebih menarik saat digunakan untuk presentasi.

Salah satu fitur Microsoft PowerPoint adalah template. Anda bisa menggunakan template ini sebagai background presentasi yang fungsinya untuk mempercantik tampilan presentasi. Selain fitur-fitur di atas, Anda juga dapat menyimpan file presentasi PowerPoint Anda dalam berbagai format, mulai dari PPT, PPS, POT dan PPTX.

Aplikasi Microsoft PowerPoint ini juga memiliki berbagai keunggulan yang cukup dapat diandalkan untuk membantu presentasi Anda.

Fungsi Microsoft Powerpoint

Microsoft PowerPoint jelas memiliki tujuan yang jelas, yaitu untuk memudahkan pengguna dalam melakukan presentasi. Selain itu, ternyata fungsi pembuatan PowerPoint adalah sebagai berikut:

  • Jadikan presentasi lebih mudah dipahami karena muncul di slide
  • Melihat template slide memudahkan untuk mengelola materi PowerPoint yang disajikan oleh pengguna.
  • Sangat mudah untuk menambahkan video, gambar atau audio yang akan membuat presentasi Anda lebih menarik dan terlihat hidup.
  • Materi PowerPoint ini dalam format softcopy tentunya akan memudahkan kita untuk mengakses atau berbagi melalui perangkat komputer.

Manfaat Microsoft Powerpoint

Karena fungsi dan tujuan pembuatan Microsoft PowerPoint sangat jelas, jelas bahwa manfaat yang bisa kita capai juga langsung. Dan berikut ini beberapa keuntungan menggunakan Microsoft Powerpoint:

Materi presentasi Anda akan jauh lebih menarik. Apalagi jika Anda menambahkan gambar animasi, video atau audio. Karena presentasi seringkali membuat pendengar kurang fokus karena penyampaian atau materi yang disajikan monoton.

Materi presentasi yang akan Anda berikan lebih mudah dipahami audiens. Ini karena Anda hanya melihat poin utama dari materi Anda. Setelah Anda mempelajari poin-poinnya dan menambahkan penjelasan Anda, tentunya audiens Anda akan lebih mudah memahami materi presentasi.

Materi yang Anda tampilkan akan lebih jelas jika Anda menambahkan gambar animasi atau mungkin video yang membuat penonton lebih jelas dalam menangkap penyampaian materi Anda.

Demikian ulasan diatas mengenai pengertian Microsoft PowerPoint dan detailnya. Dengan adanya aplikasi ini tentunya semakin mudah dalam mensuplai material untuk berbagai kebutuhan.

Jika Anda membutuhkan template powerpoint keren bisa kunjungi tautan tersebut, untuk mendapatkan download tema powerpoint yang keren abis.

Muchammat Kristanto