Pengertian Lebih Lanjut Tentang Web Hosting

Informasi tentang apa itu web hosting, cara kerjanya, dan jenisnya. Web hosting adalah perangkat komputasi yang terhubung ke layanan Internet dan digunakan untuk menyimpan data situs web sehingga dapat diakses oleh siapa saja secara online.

Membuat situs web adalah hadiah untuk semua orang saat ini. Mulai dari bisnis, perkantoran, institusi pendidikan bahkan bisnis online hingga membuat website untuk kebutuhan spesifik. Secara umum website yang dibuat bertujuan untuk mempromosikan produk atau menampilkan profil perusahaan, kampus, dan perusahaan lainnya.

Untuk menjangkau miliaran pengguna internet di seluruh dunia, Anda biasanya membutuhkan layanan hosting web. Web hosting ini berperan penting dalam meningkatkan keberadaan sebuah website di internet. Apakah Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang web hosting? Simak penjelasannya di artikel berikut ini.

Mengenal Web Hosting

Informasi yang ditampilkan di situs web dimungkinkan berkat web hosting. Jadi, web hosting merupakan perangkat komputasi yang terhubung dengan layanan internet dan digunakan untuk menyimpan data website agar dapat diakses oleh siapa saja secara online.

Semua informasi di situs web disimpan di server web hosting, yang terletak di penyimpanan data yang disebut pusat data. Pemilik website lebih suka menggunakan layanan web hosting karena dianggap membantu dalam mengelola website. Selain itu, dianggap lebih optimal dan memuaskan untuk mempercayakan website Anda ke web hosting.

Selain untuk penyimpanan data, web hosting banyak digunakan untuk kegiatan transfer file di FTP dan pusat data email. Server web hosting itu sendiri memiliki Internet berkecepatan tinggi dan dapat beroperasi sepanjang waktu tanpa gangguan. Selain itu, web hosting memiliki berbagai kapasitas mulai dari 300MB hingga ratusan gigabyte.

Keberadaan web hosting secara umum sangat menguntungkan bagi mereka yang berkecimpung di dunia bisnis. Bagaimana tidak, dengan layanan internet super cepat selama 24 jam tanpa gangguan, pelanggan bisa mengakses alamat website dengan aman dan mudah.

Beginilah cara kerja web hosting

Mungkin Anda masih bingung dengan deskripsi web hosting. Untuk pemahaman yang lebih baik, bisa dibayangkan membuka alamat website di mesin pencari.

Saat Anda mengakses alamat situs web, internet mengirimkan permintaan akses ke server hosting. Server kemudian mengirimkan kembali data dari alamat situs web yang dicari dalam teks dan gambar.

Jenis web hosting

Server di web hosting menyimpan banyak data seperti gambar, file, data pelanggan dan lain-lain. Perlu Anda ketahui juga, ternyata ada berbagai jenis layanan web hosting. Berikut adalah jenis-jenis web hosting dan penjelasannya yang bisa Anda lihat.

1. Shared Hosting

Server pada web hosting menyimpan banyak data seperti gambar, file, data pelanggan dan lain-lain. Perlu Anda ketahui juga, ternyata ada berbagai jenis layanan web hosting. Berikut adalah jenis-jenis web hosting dan penjelasannya yang bisa Anda lihat.

1. Hosting bersama

Hosting bersama adalah layanan hosting web yang banyak digunakan yang dapat menahan bug kecil. Seperti namanya, web hosting jenis ini tidak hanya digunakan oleh satu pihak, tetapi juga digunakan bersama atau dibagikan oleh pihak lain.

Meskipun biaya yang dibutuhkan rendah, hak akses ke server dan pengaturan server sangat terbatas dan ditetapkan oleh manajer server. Karena mereka dibagikan, pemilik situs web lain bisa menjadi kewalahan dan kesal.

2. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah web hosting dengan banyak server. Karena jumlahnya yang besar, web hosting jenis ini tergolong stabil dan memiliki resource yang tidak terbatas. Saat Anda menyewa cloud hosting jenis ini dijamin Anda tidak akan kecewa karena setiap server dapat saling berinteraksi dan terkoneksi satu sama lain.

3. VPS (Virtual Private Server)

Bagi Anda yang memiliki pengunjung website dalam jumlah besar, VPS merupakan jenis web hosting yang tepat. Meskipun pada dasarnya kinerja yang sama seperti shared hosting dicapai, kualitas sumber dayanya satu tingkat lebih tinggi. Jika manajer server memberikan hak akses dengan shared hosting, tidak demikian halnya dengan VPS.

Dalam hal ini, pemilik situs web memiliki hak penuh atas pengaturan servernya masing-masing. Karenanya, biayanya lebih mahal daripada hosting bersama. Jika Anda memilih layanan VPS ini, Anda perlu menginstal panel kontrol secara mandiri.

Ini memberi Anda wawasan tentang definisi, fungsionalitas, dan sifat web hosting. Buat kamu yang masih bingung mau sewa web hosting yang mana, lakukan survei terlebih dahulu.

Dapatkan hosting wordpress murah hanya di cloudku.id, disana juga menyediakan cloud hosting murah lho!, yuk silahkan bisa kunjungi & order.

Muchammat Kristanto