Pengertian & Fungsi Printer Dot Matrix

Printer dot matrix adalah salah satu dari beberapa jenis printer yang masih digunakan sampai sekarang. Walaupun penggunaan printer jenis ini akan menurun seiring berjalannya waktu dan kemungkinan dalam beberapa tahun ke depan, printer dot matrix hanya akan menjadi kenang-kenangan dan bukti sejarah perkembangan printer.

Printer dot matrix merupakan printer yang menggunakan alat cetak pita. Karena pita masih digunakan, hasil cetakan atau keluarannya akan tetap terlihat kasar dan masih kurang bagus dibandingkan printer jenis lain. Namun, tidak mengherankan bila Anda menganggap bahwa printer dot matrix merupakan printer generasi pertama di depan jenis printer lain yang banyak digunakan saat ini.

Jika Anda menggunakan printer dot matrix, hasil cetaknya bisa langsung digabungkan dengan karbon. Ini karena sistem threading masih digunakan dalam proses pencetakan. Sumber warna yang dihasilkan printer ini juga warna. Oleh karena itu, hasil warna yang ditampilkan kurang bagus dan tidak bervariasi. Printer ini hanya berisi warna hitam, merah dan biru.

Printer dot matrix jarang digunakan untuk mencetak 3 warna ini secara bersamaan. Kecepatan kinerja printer ini dihitung dari jumlah karakter yang dapat dicetak per detik dalam cps atau karakter per detik. Secara umum printer dot matrix memiliki kecepatan sekitar 500 cps per detik.

Meskipun saat ini terdapat berbagai jenis orang cerdas dengan manfaat yang berbeda-beda. Tetapi bahkan sekarang, printer dot matrix masih dibuat.

Ada alasan printer dot matrix dapat digunakan untuk mencetak dokumen salinan yang tidak dapat Anda temukan dengan jenis printer lain. Printer ini juga biasanya digunakan untuk mencetak faktur, kwitansi, dokumen keuangan, dll.

Fungsi printer dot matrix

Lalu apa sih fungsi dari dot matrix tersebut? Seperti yang sudah kami jelaskan, keberadaan printer dot matrix sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Hal ini terkait erat dengan hadirnya berbagai jenis printer dengan kecanggihannya. Namun, bukan berarti printer ini tidak akan digunakan.

Alasan mengapa printer dot matrix terus digunakan adalah karena beberapa fungsi masih diperlukan. Faktanya, ada beberapa fungsi yang dimiliki printer dot matrix yang tidak dimiliki printer lain. Lalu apa saja fungsinya? Di sini kita sudah memiliki beberapa fungsi dari dot matrix.

  • Printer dot matrix dapat digunakan untuk mencetak data duplikat.
  • Dot matrix biasanya digunakan untuk mencetak data yang berkaitan dengan bukti transaksi perusahaan.
  • Printer juga dapat digunakan untuk mencetak transaksi pada kuitansi pembayaran.
  • Fungsi lain dari printer dot matrix adalah dapat berbagi laporan yang perlu dicetak dua kali kemudian.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai konsep printer dot matrix beserta fungsinya, kelebihan dan kekurangan printer dot matrix. Kesimpulannya adalah printer pita merupakan printer yang menggunakan pita untuk mencetak. Ada dua jenis printer dot matrix: berwarna dan tidak berwarna.

Printer ini secara teknis masih ketinggalan zaman. Namun, ada beberapa fitur printer pita yang mungkin tidak berfungsi atau mungkin tidak menghasilkan kualitas yang sama. Karenanya, printer ini masih digunakan.

Teman-teman juga bisa baca selengkapnya mengenai printer drivers & epson driver pada tautan tersebut, semoga bermanfaat yaa.

Muchammat Kristanto