operasi Magnetik Flow Meter

Magnetic flowmeter (magnetik flowmeter) adalah suatu volumetric flow meter yang tidak mempunyai anggota yang bergerak (moving part) dan ideal untuk aplikasi air limbah (wastewater) atau cairan kotor yang konduktif listrik.

Secara umum magnetic flowmeter tidak bermanfaat terhadap fluida hidrokarbondan air suling (distilled water), tetapi ideal untuk mengukur aliran fluida layaknya slurry dan material korosif. Flowmeter style ini terlampau ideal untuk aplikasi di mana disyaratkan pressure drop rendah dan maintenanceyang rendah.

Baca Juga : flow meter tokico

Prinsip kerja flowmeter style ini didasarkan terhadap hukum induksi elektromagnetik (Faraday’s Low), yakni jikalau suatu fluida konduktif elektrik melewati pipa tranducer, maka fluida dapat bekerja sebagai konduktor yang bergerak memotong medan magnet yang dibangkitkan oleh kumparan magneticdari transducer, sehingga timbul tengangan listrik induksi. Hubungan ini bisa dinyatakan sebagai :

e = B . l . v

Dimana :

e = tegangan listrik induksi
B = rapat fluksi medan magnet
l = panjang konduktor (diameter di dalam pipa)
v = kecepatan konduktor (laju aliran).

Inline style ; menempatkan electric coil di sekeliling pipa dan disediakan sepasang electroda berseberangan terhadap dinding pipa.

Insertion style ; menyisipkan electric coil ke di dalam pipa yang dapat diukur flow-nya dan disediakan sepasang electroda di ujung dari flowmeter.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Kelebihan
Pressure drop minimum, oleh karena penghalang yang minimum terhadap lintasan flow.
Biaya maintenance rendah karena tidak tersedia moving parts.
Linearitas yang tinggi.

Dapat digunakan untuk mengukur fluida yang korosif dan slurry.
Pengukuran tidak terbujuk oleh viscosity, density, temperature dan pressure.
Dapat mengukur aliran fluida style turbulent atau laminar.

Kekurangan
Dalam banyak kasus, syarat-syarat electrical conductivity dari fluida yang ditetapkan pabrik (0.1 –20 micromhos).
Zero drifting terhadap suasana tidak tersedia flow atau low flow Ë masalah ini terhadap disain baru ditingkatkan dengan memotong (cut-off) low flow.

toha