Oleh – oleh Khas dari Tanah Papua yang Wajib di Bawa Pulang

Tanah Papua populer hendak kekayaan serta keelokan alamnya. Ditentukan, tiap orang yang mendatangi Papua hendak memperoleh kesan yang mendalam. Umumnya, perihal awal yang membuat orang terkesan yakni keelokan alamnya.

Nah, bila kamu berkesempatan mendatangi Papua, jangan kurang ingat bawa ciri mata alias oleh– oleh buat keluarga terkasih ataupun selaku kenang– kenangan individu.

Berikut terdapat 7 tipe souvenir khas Papua yang hendak memenuhi liburanmu.

 

1. Noken

Noken diketahui selaku“ tas” Papua yang sudah mendunia. Umumnya noken dibuat dari serat kayu, tetapi dikala ini para pengrajin noken yang notabene merupakan Mama– Mama Papua pula merajutnya dari benang wol.

Noken, gampang ditemukan. Di Kota Jayapura serta sekitarnya, mama– mama umumnya menggelar dagangannya di emperan toko ataupun pinggir jalur. Tempat penjualan noken yang lain yakni di Pasar Mama– Mama Papua yang terletak di jantung kota Jayapura maupun di pasar kerajinan Hamadi.

Harga noken bermacam- macam bergantung dari bahan serta dimensi, dan tingkatan kesusahan pembuatan. Kisarannya dari 100 ribu rupiah sampai jutaan rupiah. Wouww, harga noken yang menggapai jutaan rupiah tidak lain yakni noken anggrek.

Para pengrajin noken saat ini mulai membuat bermacam varian produknya, misalnya saja pakaian rajut.

2. Souvenir Kulit Kayu

Kerajinan dari kulit kayu yang sangat populer yakni dari Pulau Asei, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Kulit kayu oleh para pengrajin Minyak Lintah daun Bungkus Papua diolah jadi lukisan. Sama semacam noken, lukisan kulit kayu pula sudah mendunia. Biasanya, para pengrajin melukis bermacam motif Papua di atas kulit kayu.

Motif yang dilukis termotivasi dari area di dekat, misalnya saja motif ikan, buaya, perahu, burung serta lain– lain. Tiap motif mempunyai kisahnya masing– masing dengan latar balik budaya Sentani.

Saat ini, kerajinan kulit kayu juga terus menjadi banyak variannya. Terdapat yang dalam wujud lukisan maupun aneka kerajinan yang lain, semacam topi, tas, gantungan kunci, serra( mahkota), dll.

Biayanya bermacam- macam, dari kisaran puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah. Serta, lukisan kulit kayu ini cakep lho…kalau dipajang di bilik rumah.

Di Jayapura, kalian dapat mendapatkannya di Pasar Hamadi maupun langsung ke tempat asalnya, ialah Pulau Asei di Sentani Timur.

3. Koteka

Koteka diketahui selaku karakteristik khasnya warga Pegunungan Tengah Papua. Yap, koteka di pakai selaku penutup aurat laki- laki alias busana tradisional.

kotekaKoteka dibuat dari sejenis labu, yang diolah sedemikian rupa sampai jadi semacam yang kita amati. Bisa jadi sebab wujudnya yang unik serta original, tidak sedikit orang yang menjadikan koteka selaku souvenir.

Bila kalian berkunjung di Kota Jayapura, singgahlah di Pasar Kerajinan Hamadi, disitu tidak hanya koteka bermacam kerajinan tangan yang lain ada.

Harga koteka sendiri, lumayan terjangkau, dalam kisaran puluhan ribu rupiah saja per bijinya.

4. Batik Papua

Batik Papua, terdapat banyak ragamnya. Motif batik Papua sangat unik, berbeda dengan motif dari wilayah yang lain. Apalagi, di Papua sendiri mempunyai banyak motif; terdapat motif pesisir tepi laut, motif danau Sentani serta motif pegunungan. Misalnya saja, motif cendrawasih, honai serta bermacam motif yang lain.

Biayanya juga bermacam- macam dengan kisaran harga 45 ribu rupiah per meternya, apalagi sampai jutaan rupiah.

Lumayan banyak gerai batik yang terdapat, baik di pasar, pusat perbelanjaan ataupun di mall. Jadi, bukanlah sulit buat mendapatkannya.

5. Kerajinan dari Kulit Buaya

Buat kerajinan yang satu ini, kisaran biayanya lumayan mahal dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Tetapi, kerajinan kulit buaya sendiri memiliki peminat alias pangsa pasar tertentu.

Buat kerajinan kulit buaya yang populer, yakni dari Kota Merauke. Tetapi, di Kota Jayapura terdapat sebagian gerai yang menjual souvenir dari kulit buaya.

Kulit buaya diolah jadi aneka produk, semacam dompet, tas, ikat pinggang serta sepatu. Nah, produk mana yang kamu suka?

6. T- Shirt Motif Papua

Oleh– oleh yang satu ini, sesuai buat bermacam golongan baik tua ataupun muda. T- shirt ataupun kaos oblong dengan motif Papua lagi‘ naik daun’ ataupun jadi trend di golongan anak muda Papua.

Terkadang designnya unik, lucu serta menarik. T- shirt motif Papua gampang ditemukan, sebab lumayan banyak tempat yang menjualnya, di pasar, pertokoan serta pusat perbelanjaan. Biayanya juga lumayan terjangkau, mulai dari 50 ribu rupiah sampai seratusan ribu rupiah.

7. Kerajinan dari Kayu

Untuk pecinta barang– barang seni budaya, kerajinan yang dibuat dari kayu sangat istimewa buat oleh– oleh. Terdapat banyak jenisnya, misalnya saja ukiran, arca serta lain sebagainya.

Harga jualnya juga bermacam- macam, bergantung dari bahan yang digunakan serta tingkatan kesusahan pembuatan. Tiap wilayah di Papua mempunyai ukiran ataupun motif yang khas.

Di Jayapura, pusat penjualan kerajinan yakni di pasar Hamadi, tetapi terdapat sebagian tempat lain yang menjual kerajinan tersebut.

nur