Nabi dan Rasul Allah

Ini Urutan Surat dalam Al-Quran Juz 30

Dalam ajaran Islam, Nabi dan Rasul merupakan sosok suci dalam penyebaran agama. Sebagian ulama mengatakan bahwa jumlah Nabi ada 124.00 orang, sedang jumlah Rasul ada 313 orang. Dalam Al-Quran sendiri ada 25 Nabi dan Rasul yang wajib dipercayai oleh umat Islam.

1.       Nabi Adam 14. Nabi Syuaib
2.       Nabi Idris 15. Nabi Musa
3.       Nabi Nuh 16. Nabi Harun
4.       Nabi Hud 17. Nabi Daud
5.       Nabi Shaleh 18. Nabi Sulaiman
6.       Nabi Ibrahim 19. Nabi Ilyass
7.       Nabi Luth 20. Nabi Ilyasa
8.       Nabi Ismail 21. Nabi Yunus
9.       Nabi Ishaq 22. Nabi Zakaria
10.   Nabi Ishak 23. Nabi Yahya
11.   Nabi Ya’qub 24. Nabi Isa
12.   Nabi Ayyub 25. Nabi Muhammad Shollallahu alaihi wasallam
13.   Nabi Dzulkifli  

 

Mukjizat Para Nabi dan Rasul

Setiap Nabi dan Rasul tentunya memiliki mukjizatnya masing-masing. Mukjizat merupakan kemampuan luar biasa yang dilakukan oleh Nabi dan Rasul atas izin Allah untuk menjawab tantangan dari musuhnya.

Sifat Wajib Nabi dan Rasul

Sifat wajib pada Rasul Allah yaitu sifat yang harus miliki oleh para Nabi dan Rasul yang merupakan laki-laki pilihan Allah. Hal ini terjadi karena memang sudah menjadi kehendak Allah subhana wa  Ta’ala. Hal ini tidak lain agar Nabi dan Rasul bisa menjadi panutan buat umatnya.

Sifat wajib bagi Rasul itu ada empat. Yakni Shiddiq, Amanah, Tabligh dan Fathonah. Seseorang yang berusaha untuk mengamalkan sifat-sifat wajib Rasul ini dalam kehidpuan sehari-hari merupakan suatu perwujudan bahwa ia meyakini Nabi dan Rasul itu benar adanya dan juga menghormati Allah sebagai Tuhan yang mengutusnya.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak bersama mengenai sifat-sifat wajib bagi Rasul sebagai berikut.

  1. Shiddiq

Sifat wajib Rasul yang pertama adalah Shiddiq yang artinya jujur. Jujur artinya sebuah sikap yang menyatakan sesuatu sesuai dengan fakta. Tidak dilebihkan atau tidak dikurangi. Sedangkan menurut kamus Besar Bahasa Indonesia, jujur merupakan sifat yang lurus hatinya, tidak curang, dan tulus ikhlas dalam bersikap.

Para Nabi dan Rasul Allah tentunya sudah sangat teruji kejujurannya. Rasulullah Muhammad shollallahu ‘alaihi wa sallam merupakan salah satu Rasul Allah yang sangat jujur dalam perkataan maupun perbuatan.

  1. Amanah (dapat dipercaya)

Sifat wajib bagi Rasul berikutnya adalah Amanah yang artinya dapat dipercaya. Orang yang memiliki sifat amanah tentunya akan mudah dipercayai orang lain untuk mengurus atau memegang sesuatu tugas. Pasalnya, orang yang amanah akan melaksanakan urusan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Sifat amanah ini tentunya sangat perlu ditetapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan bersosial maupun dalam urusan pekerjaan.

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam sendiri diberi tugas untuk menyampaikan ajaran Islam kepada umat manusia dan mengerjakan perintah Allah pun menunjukkan sifat amanah yang sangat luar biasa.

  1. Tabligh (menyampaikan)

Sifat wajib Rasul yang ketiga adalah Tabligh yang artinya menyampaikan. Sifat tabligh yang dimiliki Rasul yaitu sikap menyampaikan seluruh ajaran yang diberikan Allah subhana wa Ta’ala berupa wahyu untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia sebagai pedoman hidup.

  1. Fathonah (Pandai/cerdas)

Sifat wajib bagi Rasul yang terakhir adalah Fathonah yang artinya cerdas. Sifat fathonah sudah pasti harus dimiliki oleh para Rasul. Pasalnya, tugas menjadi Rasul tidaklah mudah, sehingga para Nabi dan Rasul harus memiliki kecerdasan yang tinggi.

 

sartika