Mengenali Usia Bayi Melihat dan Tahapannya

Mata menjadi indera paling penting, karena tidak heran ketika lahir si kecil membuat banyak orang tua penasaran untuk memperhatikan indera penglihatan si kecil. Karena memastikan bahwa si buah hati di rumah mampu melihat secara baik atau belum. Tentunya akan selalu penasaran usia berapa bayi melihat secara optimal.

Pada artikel kali ini kami mencoba memberikan gambaran secara jelas mengenai usia berapa bayi bisa melihat tersebut. Karena dengan berbagai penjelasan dan informasinya membuat orang tua dapat memperhatikannya secara langsung. Berikut ini untuk penjelasan dan pembahasannya secara lengkap mengenai tahapan-tahapan bayi melihat.

 

Tahapan-Tahapan Si Kecil Melihat

 

1. Baru Lahir – 1 Bulan

 

Untuk Anda yang baru mempunyai bayi dirumah, memasuki umur belum genap 1 bulan tentunya penglihatannya belum optimal. Karena si kecil tidak bisa melihat sesuatu dari jarak yang begitu jauh. Rata-rata si kecil untuk bisa melihat objeknya ketika jarak antara 20 sampai 40 cm, sehingga dari kejauhan belum bisa melihat.

Biasanya pada usia segini si kecil akan lebih menyukai beberapa warna yang cerah dan kontras. Bahkan untuk bayi yang baru lahir pun belum bisa melihat dan memberikan fokus secara baik pada kedua matanya. Namun, seiring berjalannya waktu, mata si kecil akan terus bertambah dan semakin optimal seiring usia nya terus bertambah.

 

2. Memasuki Umur 2 – 4 Bulan

 

Memasuki umur 2 sampai 4 bulan tentunya si kecil sudah memiliki penglihatan yang semakin baik, salah satunya sudah bisa menentukan dan membedakan warna. Dalam tahap ini, si kecil sudah bisa melihat beberapa warna primer seperti merah, hijau, biru, dan kuning. Bahkan sudah mampu melihat beberapa benda yang lebih kompleks.

Apabila bayi Anda di rumah sudah memasuki umur 2 sampai 4 bulan, tentunya Anda sudah bisa memberikan beberapa mainan pada dirinya. Dalam tahap ini Anda bisa memberikan buku berwarna dan penuh dengan gambar yang cerah. Memasuki umur 4 bulan, maka si kecil sudah bisa memperhitungkan jaraknya, sehingga dapat lebih mudah meraih objek yang dilihat.

 

3. Memasuki Umur 5 – 12 Bulan

 

Ketika sudah memasuki umur 5 bulan si kecil sudah mampu melihat beberapa objek kecil dan benda yang bergerak semakin baik. Biasanya memasuki umur 5 bulan, si kecil akan semakin menyukai permainan ‘ciluk ba’. Karena dalam tahap ini si kecil sudah bisa mengenali beberapa objeknya, meskipun belum terlalu jelas untuk dilihat.

Memasuki umur 8 bulan – 12 bulan, si kecil sudah memiliki penglihatan yang semakin baik dan sempurna. Karena semakin bertambahnya umur tersebut membuat si kecil terus mengalami peningkatan baik dari penglihatan dan sistem motoriknya. Dengan begitu membuat si kecil semakin penasaran dan ingin melihatnya secara langsung.

Dalam tahap ini sebagai orang tua harus memahami tahapan penglihatan dan mengenali usia berapa bayi bisa melihat. Karena dengan begitu membuat Anda bisa memastikannya dan mengenali beberapa gangguan secara lebih cepat dan penanganan langsung.

hary