Mengenal Struktur Web Untuk Meningkatkan SEO

Mengenal Struktur Web Untuk Meningkatkan SEO

Struktur Web Anda menentukan seberapa mudah bagi pengguna untuk menavigasi web Anda dan menemukan informasi yang mereka cari. Artikel ini akan menjelaskan mengapa struktur web penting bagi desainer dan bagaimana desainer dapat membuat struktur web yang efektif. 

Apa itu struktur web? 

Struktur web Anda adalah bagaimana halaman yang berbeda di web Anda ditautkan satu sama lain menggunakan tautan internal dan hierarkinya. Ini adalah bagaimana informasi di web Anda diatur dan disajikan sehingga algoritme dapat membaca konteksnya dengan baik. Struktur web yang baik memfasilitasi navigasi yang mudah bagi pengguna dan perayap yang meningkatkan Rating Website Anda di mesin pencari.

Mengapa struktur web penting bagi desainer? 

Peran seorang desainer adalah membuat web yang memiliki UX hebat yang menjaga aksesibilitas dan mudah digunakan. Struktur web yang bagus meningkatkan kegunaan atau keramahan pengguna web Anda dengan memudahkan pengguna menemukan apa yang mereka cari. Untuk membuat struktur web, Anda perlu memetakan bagaimana Anda akan mengatur konten di web Anda (beranda, kategori, halaman individual, posting blog). 

Inilah sebabnya mengapa penataan web harus menjadi langkah pertama dalam proyek desain web apa pun. 

Bagaimana memilih struktur terbaik untuk web Anda

Prinsip yang mendasari struktur web yang hebat adalah Arsitektur Informasi (IA) . IA memastikan bahwa konten diatur, terstruktur, dan diberi label secara efektif dan konsisten. Agar Anda dapat membuat arsitektur informasi terbaik untuk web Anda, Anda perlu mempertimbangkan faktor-faktor berikut:

Perjalanan pengguna : Karena web dibuat untuk melayani pengguna, penting untuk mempertimbangkan bagaimana mereka mungkin mengalami atau berinteraksi dengan web Anda dan harapan mereka tentang cara kerja web Anda. Anda dapat menentukan perjalanan pengguna Anda dengan mewawancarai mereka atau melakukan latihan penyortiran kartu . 

Konten : Struktur web Anda juga akan sangat ditentukan oleh jenis dan volume konten di web Anda. Struktur web e-commerce akan berbeda dengan struktur web akademik. 

Konteks : Konteks web ditentukan oleh tujuan dari bisnis pemilik web itu sendiri, budaya tempat web itu ada, dan sumber daya yang tersedia. Penting untuk mempertimbangkan fakta ini saat Anda menyusun  web Anda.

Elemen struktur web yang baik (ditambah contoh visual)

Struktur web yang paling umum adalah hierarki yang didasarkan pada satu halaman induk (halaman utama) dan halaman anak (kategori dan sub-kategori) yang mengalir dari halaman utama. 

Mari kita lihat masing-masing elemen ini dan bagaimana Anda dapat mengoptimalkannya selama proses desain Anda:

Beranda 

Beranda Anda adalah halaman teratas dalam hierarki web Anda dan tempat utama pengguna menavigasi web Anda. Pastikan bahwa semua halaman penting di web Anda ditautkan dari halaman ini. Hubungan antara beranda Anda dan halaman kategori utama diwakili oleh menu web Anda atau navigasi utama.

Berikut ini cara mendesain navigasi/menu yang berguna untuk web Anda:

Menu navigasi 

Pengunjung web Anda akan menggunakan navigasi untuk memahami bagaimana informasi terstruktur di web dan untuk menemukan apa yang mereka cari. Pastikan bahwa semua halaman kategori utama Anda ditampilkan di menu atau navigasi utama Anda. Selain itu, gunakan aturan berikut saat membuat navigasi :

Gunakan frasa pendek atau bahkan satu kata untuk setiap elemen.

Gunakan bahasa sederhana yang dapat dipahami pengguna Anda. 

Jangan mengacaukan navigasi Anda. 

Navigasi utama Apple mengikuti aturan ini untuk membuat menu yang sederhana namun sangat berguna. 

Jika web Anda memiliki beberapa subkategori yang berguna bagi pengguna seperti informasi akun mereka, Anda dapat membuat menu vertikal sekunder seperti yang dimiliki Asos. 

Kategori berguna lainnya seperti halaman utilitas (kebijakan privasi, penafian, dan informasi hukum) dapat ditempatkan di bagian bawah web. 

Kategori dan subkategori 

Gunakan kategori untuk mengelompokkan halaman web yang memiliki konten serupa yang memudahkan pengguna mengakses konten. Posting blog dapat dikelompokkan ke dalam kategori seperti ‘pemasaran’ dan kemudian dibagi lagi menjadi subkategori seperti ‘halaman arahan’ dan ‘pemasaran email.’

Jika Anda merancang web e-niaga, Anda dapat mengelompokkan produk ke dalam kategori seperti ‘pria’ dan ‘wanita’. Jika kategori Anda terlalu banyak, Anda dapat membaginya lagi menjadi subkategori. Melanjutkan contoh contoh toko e-niaga kami, kategori wanita dapat memiliki subkategori seperti ‘pakaian’, ‘sepatu’, dan ‘tas tangan’. 

Contoh yang bagus untuk hal ini adalah web Asos Marketplace di mana kategori pakaian mereka memiliki subkategori yang menunjukkan jenis pakaian yang tersedia di pasar seperti pakaian renang, kaus, baju olahraga, dan hoodies. 

Halaman/Pos Individu

Penting untuk menyusun halaman web atau posting blog individual Anda sedemikian rupa sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan apa yang mereka cari, menemukan konten serupa, dan memahami di mana mereka berada di web Anda. Jejak remah roti, tag, dan tautan kontekstual digunakan untuk menyusun informasi pada halaman individual.

Anda dapat menambahkan navigasi pada halaman atau posting Anda dalam bentuk jejak remah roti. Jejak remah roti terdiri dari tautan yang dapat diklik yang menunjukkan kepada pengguna dengan tepat di mana mereka berada di Anda plus struktur web Anda. Jejak remah roti seperti yang digunakan oleh Mailchimp meningkatkan kegunaan dan pengalaman pengguna. 

Tag 

Tag adalah cara lain yang berguna untuk mengelompokkan konten serupa pada halaman tertentu. Perbedaan antara tag dan kategori adalah bahwa kategori memiliki hierarki dan dapat dibagi lagi menjadi subkategori tetapi tag tidak memiliki hierarki. Mereka hanya mengelompokkan konten serupa. 

Misalnya, blog Grammarly menggunakan tag seperti ‘cara’, ‘produk’, dan ‘inspirasi’ untuk mengelompokkan konten blog.

Kegunaan tag ini ditampilkan ketika pengguna mengklik salah satu posting yang diberi tag ‘how to’ dan mereka diperlihatkan posting lain yang juga ditandai ‘how to’ di akhir posting blog. Ini adalah contoh yang bagus tentang bagaimana struktur web memudahkan pengguna untuk menemukan informasi.  

Tag juga dapat digunakan di web e-commerce untuk mengelompokkan produk menurut merek dan mengarahkan pengguna ke produk serupa. 

Berikut adalah praktik terbaik untuk membuat tag:

Jangan membuat terlalu banyak tag atau tag baru untuk setiap postingan.

Tempatkan tag di tempat di mana pengunjung web dapat dengan mudah melihatnya seperti sidebar Anda atau di akhir posting blog/halaman produk Anda. 

Tautan kontekstual 

Ini adalah tautan di halaman web atau posting blog yang mengarah ke konten lain yang relevan di halaman web lain. Tautan kontekstual berguna dalam menampilkan konten terkait pengguna. Dalam konteks posting blog, tautan kontekstual dapat digunakan untuk mengarahkan pengguna ke posting blog lain yang memiliki konten serupa. Grammarly melakukan ini di posting blog mereka seperti yang ditunjukkan di bawah ini. 

Tautan kontekstual juga dapat digunakan di halaman e-niaga untuk menautkan ke halaman yang memiliki item terkait, apa yang telah dibeli orang lain, atau produk mana yang sering dibeli bersama. 

Mudah Memasukkan Struktur Web Dalam Desain Anda 

Struktur web adalah bagaimana informasi diatur dan saling berhubungan di web. Struktur web yang efektif meningkatkan kegunaan dan pengalaman pengguna yang menjadikan penataan web sebagai langkah penting dalam proses desain web. Platform UXPin memudahkan Anda merancang, membuat prototipe, dan menyusun web Anda saat Anda berkolaborasi dengan anggota tim dan desainer lainnya.

 

 

 

zukiungu