Mengenal Processor M1 Ultra 20 Core

Arsip Infografis – Apple kemarin mengumkan prosesor terbarunya yaitu M1 Ultra. Sebuah lompatan luar biasa untuk processor next-generation.

M1 Ultra adalah gabungan dari dua buah prosesor m1 max yang disatukan menggunakan arsitektur bernama ultravision. Ultravision mempunyai jalur data sebesar 2,5 terabit per second yang menurut Apple sangat diperlukan untuk memaksimalkan performa M1 Ultra.

M1-ultra-processor

M1 Ultra menghadirkan daya komputasi menakjubkan yang digunakan sebagai prosesor Max Studio terbaru. SWC atau system-on-chip terdiri dari 114 miliar transistor paling banyak dalam chip komputer pribadi. M1 terdapat dikonfigurasi dengan bandwidth tinggi memory RAM terpadu hingga 128 GB yang dapat diakses oleh CPU 20 Core CPU, 64 core dan netral engine 32 cord dengan tance yang sangat rendah.

Performa M1 Ultra memberi kinerja menakjubkan bagi para developer untuk merender 3D besar yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan. Serta editor video profesional yang dapat mentransfer video ke prores hingga 5,6 kali lebih cepat dibandingkan dengan Mac Pro 28 core. Basik untuk m203 adalah m1 max yang sangat bertenaga dan hemat daya.

Baca juga perjanjian kerja karyawan

Untuk membangun M1 Ultra ini dua m1max digabungkan menggunakan ultravision. Sebuah arsitektur packaging yang dibuat khusus oleh Apple. Biasanya pada komputer high-end kelas server menggunakan dua prosesor dalam satu motherboard adalah hal yang sangat umum.

Namun retak prosesornya dibuat terpisah meskipun menggunakan satu matherboard metode ini membuat komputer server memiliki daya komputasi berlipat. Namun ada peningkatan latency dan pengurangan bandwidth saat berkomunikasi antar processor karena terdapat jarak dan sistem juga cenderung boros daya.

Ultra fusion inovatif dari Apple menggunakan interposer silikon yang menghubungkan chip dengan lebih dari 10.000 sinyal. Menyediakan transfer 2,5 terabit per second, ini membuat bandwidth antar prosesor menjadi sangat besar. Lebih dari empat kali bandwidth dari teknologi interkoneksi multichip terkemuka.

Hal ini dimungkinkan karena M1 Ultra trap beroperasi dan dikenali oleh perangkat lunak sebagai satu chip sehingga tidak perlu menulis ulang kode untuk memanfaatkan kinerja nya.

M1 Ultra memiliki fitur CPU 20 cor yang luar biasa kuat terdiri dari enam belas korban performa tinggi dan 4core berefisiensi tinggi.

Memberikan kinerja multi-thread 90% lebih tinggi daripada cek desktop PC 16-core tercepat dengan konsumsi daya yang sama.

Selain itu M1 Ultra mencapai kinerja Puncak CVC menggunakan daya listrik 100watt lebih sedikit. Efisiensi biasa Ini berarti lebih sedikit energi yang dikonsumsi dan kipas pendingin bekerja dengan lebih tenang bahkan saat menggunakan aplikasi berat seperti logic Pro yang menuntut sejumlah besar instrumen virtual plug-in audio dan juga efek.

Untuk kebutuhan grafis yang paling intensif seperti rendering 3D dan pemrosesan gambar yang kompleks M1 Ultra memiliki CPU 64 Core 8 kali Ukuran M1. Memberikan kinerja yang lebih cepat daripada gbu-PC kelas atas dengan daya yang jauh lebih rendah.

Arsitektur bandwidth memory terpadu apel juga ditingkatkan menjadi 800 giga byte per second. Lebih dari 10 kali chip desktop PC terbaru dibandingkan dengan kartu grafis PC paling kuat. Maksimal 48 Giga byte tidak ada yang mendekati M1 Ultra untuk memori grafis untuk mendukung beban kerja intensif GPU yang sangat besar seperti bekerja dengan geometri 3D yang ekstrim dan menampilkan pemandangan yang masif.

Dengan kapasitas RAM menembus 128 GB, kombinasi ini menurut Apple membuat M1 Ultra delapan kali lebih kencang dibandingkan M1. Neural engine 32 core M1 Ultra menjalankan hingga 22 triliun operasi perdetik.

Mempercepat tugas mesin Ai paling menantang. Komputer Mac studio tipe terbaru dengan M1 Ultra dapat memutar hingga 18 trimming video 8k prores 422.

Suatu prestasi yang tidak dapat dicapai oleh chip lain. M1 Ultra juga mengintegrasikan teknologi Apple khusus seperti tampilan yang mampu menjalankan beberapa layar eksternal, pengontrol Thunder Bolt 4 terintegrasi dan keamanan terbaik dikelasnya.

Termasuk pengamanan enggle terbaru Apple botting Aman yang diverifikasi secara hardware dan teknologi anti rantai eksploitasi. Lalu untuk GPU sendiri Apple mengklaim bahwa CPU mereka memiliki performa yang sama dengan GPU desktop terbaik dengan penggunaan daya 200watt lebih rendah.

Namun mereka tidak menyebut GPU apa yang mereka gunakan sebagai perbandingan. Hal yang menarik disini adalah M1 Ultra menunjukkan bahwa prosesor berbasis Aer M yang awalnya banyak digunakan untuk perangkat smartphone memiliki prospek pengembangan yang menjanjikan. Sementara Intel dan AMD masih menggunakan basis processor 86 X yang terus ditingkatkan.

M1 Ultra diproduksi dengan teknologi fabrikasi 5 nanometer yang diproduksi oleh TSMC Taiwan. Prosesor ini akan hadir di beberapa perangkat premium termasuk Max Studio terbaru mereka yang dijual dengan harga sekitar 3.999 UD Dollar atau 58 juta rupiah.

Muhimamsamur