Mengenal Asking and Giving Opinion Dalam Bahasa Inggris

Mengenal Asking and Giving Opinion Dalam Bahasa Inggris

   Asking and giving opinion merupakan materi pelajaran bahasa Inggris yang diajarkan dan dipelajari oleh pelajar tingkat SMA dan sederajat. Materi ini merupakan materi yang mengandalkan kemampuan kreatifitas dalam berbahasa Inggris secara lisan maupun secara tertulis. Secara lisan bisa dilakukan dengan adanya praktek berdialog ataupun percakapan baik antara 2 orang atupun lebih.

   Kemampuan tulis bahasa Inggris bisa dicapai melalui penyusunan dialog berbahasa Inggris dengan berbagai macam bentuk dan kalimat untuk memberi atau meminta pendapat. Oleh karena itu, materi ini sangat cocok diajarkan bagi peserta didik pada tingkatannya. Peserta didik dituntut untuk paham dan lihai dalam berbahasa inggris lisan dan tulisan.

Pengertian asking and giving opinion

   Dalam bahasa Inggris, asking opinion adalah ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk menanyakan pendapat ataupun saran dalam melakukan sesuatu. Dalam kehidupan bermasyarakat, pastinya kita sebagai manusia membutuhkan pendapat atau saran dari orang lain. Ada kalanya kita meminta pendapat orang lain tentang suatu hal, misal terkait penampilan dan sebagainya. Ungkapan meminta itulah yang disebut dengan asking opinion.

   Sedangkan giving opinion adalah kebalikannya, yaitu ungkapan dalam bahasa Inggris yang ditujukan kepada orang lain dengan tujuan membarikan pendapat, saran, dan tanggapan kita terhadap orang lain. Misal, kita ditanyai teman tentang apa yang sebaiknya dilakukan untuk dapat berprestasi, maka kita akan menjawab dengan belajar rajin ataupun urusan lainnya, misal penampilan, dll. Nah, ungkapan pemberian pendapat itu disebut dengan giving opinion.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan asking and giving opinion

   Kita tidak boleh asla memberikan pendapat atau menanyai pendapat kepada orang lain. Mengapa? Karena kita harus pandai-pandai melihat dan memahami situasi yang terjadi. Ada kalanya pendapat kita justru menyakiti perasaan orang lain dan ada kalanya juga orang lain tidak tahu menahu mengenai hal yang kita tanyakan. Untuk itu perlu adanya kemampuan dalam melihat dan memahami situasi. 

    Penggunaan bahasa yang sesuai juga merupakan hal yang wajib dilakukan dalam pemberian pendapat dan permintaan pendapat. Misal, jika berbincang dengan guru maka gunakan bahasa yang sopan. Jika berbincang dengan teman sebaya cukup gunakan bahasa yang normal dan sederhana. 

    Salah satu dari materi bahasa inggris ini merupakan hal yang perlu untuk diajarkan dan dipelajari karena kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari yang sangat krusial dan penting. Karena pada dasarnya sebagai makhluk sosial kita tidak bisa hidup sendirian tanpa campur tangan orang lain khususnya untuk menjadi lebih baik lagi.

zukiungu