Mengenal 5G dan Manfaatnya bagi Kita

Sejak 2014, kami telah dapat menikmati teknologi seluler generasi keempat yang dikenal dengan 4G. Selama itu kita menyaksikan kemajuan pesat perkembangan aplikasi smartphone, mulai dari hadirnya platform ojek online hingga banyaknya layanan video streaming, yang pasti akan mempercepat pengalaman menggunakan mobile broadband.

Kini, Indonesia siap menerapkan 5G dan mengajak lebih banyak orang untuk menikmati manfaat jaringan seluler di level yang lebih tinggi. Pasalnya, 5G tidak hanya dirancang untuk menghubungkan manusia dengan manusia, tetapi juga manusia dengan perangkat atau perangkat dengan perangkat lain.

Jadi, dapatkah kita mengatakan bahwa 5G lebih baik daripada 4G? Jawabannya iya. Secara umum, 5G sebagai teknologi jaringan seluler generasi kelima dapat menghasilkan kecepatan dan kapasitas data yang lebih tinggi serta latensi yang lebih rendah (waktu akses layanan data).

Dalam hal kecepatan data, menurut teori 5G dapat mengirimkan kecepatan data puncak hingga 20 Gbps, atau sekitar 20 kali lebih tinggi dari kecepatan data puncak 4G. Kemudian, 5G juga memiliki latensi yang sangat rendah, yakni 1ms, atau sekitar 10 kali lebih rendah dari 4G. Hal ini membuat 5G mampu memberikan akses yang lebih cepat, terutama dalam penggunaan jaringan secara real-time. 5G juga didesain mampu menampung kepadatan koneksi pada 1 juta perangkat / km2, atau 10 kali lebih banyak dari 4G.

Selain itu, 5G juga hadir sebagai ekosistem yang lebih komprehensif dan mumpuni daripada 4G. Jika 4G difokuskan untuk memberikan layanan broadband yang lebih cepat daripada 3G, maka 5G dirancang untuk menjadi platform yang tidak hanya meningkatkan pengalaman broadband seluler, tetapi juga dapat mendukung lahirnya berbagai platform atau kasus penggunaan baru.

Karenanya, 5G sering disebut sebagai pengubah permainan dalam teknologi jaringan seluler, karena dapat membuka lebih banyak peluang untuk kasus penggunaan baru, baik di segmen konsumen (B2C) dan perusahaan (B2B). Kehadiran 5G memberikan daya ungkit besar untuk mengubah hidup kita diwujudkan melalui tiga kategori inovasi utama, yaitu eMBB (Enhanced Mobile Broadband), uRLLC (Ultra-Reliable and Low Latency Communication), dan mMTC (Machine Type Communication).

Sejujurnya, kami sebagai konsumen akan diuntungkan dari inovasi ini. Alasannya adalah bahwa eMBB dapat mengakomodasi kapasitas jaringan yang lebih besar sehingga kecepatan data paling tinggi dalam berbagai situasi, seperti di keramaian atau saat bepergian.

Dengan berbagai inovasi di lini eMBB, 5G akan memungkinkan kita untuk memanfaatkan teknologi yang lebih matang di berbagai sektor, mulai dari streaming video berkualitas tinggi, virtual reality (VR), augmented reality (AR), hingga cloud gaming.

Kemudian, pada kategori uRLLC, 5G dapat mempercepat transformasi industri lebih jauh. 5G dapat menyediakan berbagai macam kasus penggunaan untuk mendukung pelaku industri dalam meningkatkan produktivitas, efektivitas, efisiensi, dan presisi dalam setiap aktivitas operasional.

Baca juga yuk cara cek nomor telkomsel pada tautan tersebut.

Berbekal kecepatan unduh yang tinggi, latensi yang sangat rendah, dan ketersediaan data yang melimpah, kapasitas 5G dapat mewujudkan berbagai inovasi, seperti perawatan kesehatan jarak jauh (termasuk operasi jarak jauh), kendaraan otonom, otomasi nirkabel di kawasan industri (termasuk mesin) kendali jarak jauh, pengawasan cerdas, dan manufaktur cerdas), robotika jarak jauh, dan pengembangan kotak cerdas.

Kemudian pada sektor mMTC penerapan inovasi akan sangat bermanfaat untuk mengembangkan smart farming dan intelligent farming sehingga tercipta kegiatan bertani yang lebih sesuai. Selain itu, dalam koridor inovasi ini, 5G juga dapat mendorong perkembangan kota yang lebih cerdas yang dapat mengubah kehidupan masyarakat, dari moda transportasi yang lebih aman dan integral hingga lebih banyak aplikasi IoT di berbagai sektor pembangunan perkotaan dan kebijakan publik.

Ini dimungkinkan dengan kemampuan 5G untuk menghubungkan beberapa sensor dan perangkat melalui peningkatan kecepatan data dan mobilitas. Selain itu, 5G dapat mendukung berbagai kebutuhan komunikasi IoT yang dapat mengarah pada berbagai inovasi pada kategori mMTC.

Ketiga kemampuan 5G di atas dapat menjawab berbagai hambatan bandwidth, latensi, dan konektivitas yang banyak dijumpai pada teknologi 4G. Karenanya, kehadiran 5G akan berdampak lebih besar untuk mengubah hidup kita jika dibandingkan dengan munculnya 4G di masa lalu. 5G juga disebut sebagai teknologi jaringan seluler pertama yang menawarkan manfaat besar bagi industri dan sektor konsumen.

Dalam beberapa tahun ke depan, teknologi 5G dan kemampuan konektivitas yang superior bahkan dapat ditambah dengan teknologi lain, seperti virtualisasi di jaringan yang dapat diprogram, aplikasi berbasis cloud, serta kognitif pembelajaran mandiri Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML). pengembangan jaringan. Dengan demikian, 5G dapat membentuk dunia yang terhubung secara digital sekaligus memberikan nilai tambah bagi pelanggannya dalam setiap penggunaan.

Artikel ini ditujukan untuk bangjoehan.com yang bisa Anda baca-baca juga disana.

Telkomsel juga mengetahui manfaat besar yang dapat dihadirkan 5G dalam kehidupan kita sehari-hari. Karenanya, sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan yang terus bergerak maju dengan penerapan teknologi terkini yang relevan dengan masyarakat, Telkomsel terus mengakselerasi pengembangan jaringan 5G agar dapat digunakan di Indonesia.

Upaya ini dimulai oleh Telkomsel mulai tahun 2018 dengan memamerkan “Telkomsel 5G Experience Center” pada Asian Games 2018 di Jakarta. Sejak saat itu, Telkomsel akan terus melakukan uji coba lebih lanjut untuk mendukung kolaborasi dengan sejumlah mitra strategis dan pemangku kepentingan, seperti inisiatif Telkomsel “Telkomsel 5G to 4.0 Industry” yang diadakan di Batam pada akhir tahun 2019 ini.

Kedepannya, Telkomsel akan terus fokus pada kematangan implementasi 5G di Indonesia. Dengan demikian, Telkomsel dapat membuka lebih banyak peluang dan peluang bagi pelanggan, pelaku industri, dan instansi pemerintah untuk memanfaatkan teknologi teknologi seluler terkini yang dapat mendorong lebih banyak inovasi yang dapat mengubah kehidupan sehari-hari.

ansyah