Mengemudi Defensif dan Asuransi Mobil

Cedera pribadi dan kerusakan properti yang timbul dari kecelakaan kendaraan bisa sangat merugikan. Sekalipun perlindungan asuransi mobil Anda dapat menutupi seluruh biaya, masih lebih baik jika Anda menghindari kecelakaan di jalan raya. Salah satu cara terbaik untuk menghindari kecelakaan adalah dengan mematuhi dan memperhatikan peraturan lalu lintas.

Pengemudi yang memang ingin membayar tarif asuransi mobil murah harus menerapkan sikap mengemudi yang benar. Sikap yang benar adalah mengemudi secara defensif. Mengemudi defensif merupakan salah satu cara untuk mengurangi bahaya yang dihadapi pengemudi dengan cara mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan walaupun kejadian tersebut disebabkan oleh pengendara lain atau kondisi lingkungan. Memperhatikan jalan di depan Anda dan lalu lintas kendaraan di sekitar Anda dapat membantu Anda menilai situasi. Setelah Anda menyadari lingkungan sekitar, Anda juga dapat menentukan apakah ada potensi bahaya yang harus Anda hindari. Banyak kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi yang kurang memperhatikan lingkungan sekitarnya. Itulah mengapa menggunakan ponsel saat mengemudi bukanlah ide yang baik. Perhatian Anda dibagi menjadi dua hal alih-alih memfokuskan semua perhatian pada mengemudi.

Untuk memanfaatkan beberapa diskon dalam premi asuransi mobil Anda, Anda harus meyakinkan penyedia asuransi mobil bahwa Anda memiliki sikap mengemudi yang benar. Meskipun Anda tahu bahwa Anda adalah pengemudi yang baik, masih ada ruang untuk perbaikan. Anda dapat mempertimbangkan untuk mengambil kursus mengemudi defensif dan kemudian menunjukkan sertifikat kelulusan Anda kepada perusahaan asuransi mobil. Setelah Anda mendapatkan sertifikat mengemudi defensif, Anda harus memastikan bahwa Anda mempraktikkan apa yang Anda pelajari. Anda harus selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan memperhatikan kesopanan jalan umum.

Pengemudi defensif yang baik harus memelihara kendaraan dan aksesorinya dengan benar. Dengan mata selalu terfokus pada jalan di depan, Anda harus memanfaatkan kaca spion samping dan belakang dengan baik untuk melihat sekeliling Anda. Pastikan lampu break dan head serta lampu sinyalnya berfungsi dengan baik terutama jika Anda berniat membawa kendaraan dalam perjalanan jauh. Sebelum berbelok ke kanan atau ke kiri, jangan lupa untuk menyalakan lampu sinyal untuk menunjukkan kemana tujuan Anda. Jagalah selalu jarak yang tepat dengan mobil di depan Anda, terutama jika Anda melewati persimpangan.

Sumber: Kursus Stir Mobil Pekanbaru

Deolinda