Mengatasi Lampu Berkedip Printer Epson l3110

Jika anda sedang mencari cara untuk mengatasi lampu berkedip pada printer Epson l3110. Informasi ini mungkin bisa membantu anda. Setiap barang elektonik mungkin mengalami eror pada waktu tertentu.

Kejadian eror ini, menyebabkan alat elektonik tidak bekerja dengan semestinya. Pada beberapa jenis alat elektronik seperti printer Epson l3110. Eror tersebut ditandai dengan lampu indikator yang berkedip.

Apabila printer Epson l3110 milik anda saat ini mengalami hal tersebut. Jangan langsung panik, berikut penyebab dan cara mengatasi lampu berkedip pada printer Epson l3110.

Penyebab Lampu berkedip Printer Epson l3110

  1. Printer Eror

Pada keadaan normal, lampu indikator printer yang menyala adalah lampu power saja. Namun, saat kejadiaan eror, lampu indikator lain pada printer akan berkedip.Hal tersebut menunjukkan adanya masalah pada printer tersebut.

Lampu berkedip pada printer sering kita kenal dengan sebutan eror blinking.

  1. Waste Ink Pads Full

Apa itu waste Ink Pads Full? Waste ink pads full artinya masa pakai bantalan tinta telah full. Keadaan ini akan berimbas pada lampu indikator berkedip secara bersamaan. Sebagai sinyal bahwa printer sudah berada dalam status waste ink pads full.

  1. Gangguan Kabel Flexibel Scanner

Gangguan kabel flexibel pada printer berhubungan dengan scanner. Kabel bisa saja terlepas, atau terlalu longgar. Sehingga kabel tersebut tidak terhubung dengan baik pada scanner. Alhasil, printer tidak dapat membaca scanner tersebut.

  1. Ada Sisa Kertas yang Mengganjal Roller

Pada beberapa kasus, penyebab lampu berkedip pada printer l3110 adalah adanya sisa kertas yang mengganjar pada roller. Sisa kertas yang mengganjal tersebut menghambat kinerja roller sehingga tidak dapat berputar dengan baik.

Tidak hanya roller, sisa kertas yang mengganjal juga dapat menghambat putaran gear.

Cara Mengatasi Lampu Berkedip Printer Epson l3110

  1. Menentukan Penyebab Eror

Pertama, anda harus menentukan penyebab eror pada printer Epson itu apa. Anda dapat mendeteksi penyebabnya menggunakan Epsom Status Monitor 3. Masuklah pada panel kontrol pilih perangkat keras dan suara. Klik perangkat dan printer.

Pilih series Epson l3110 kemudian klik kanan lalu preferensi cetak. Berikutnya pada Pemeliharaan, pilih Epson Status Monitor 3. Jika anda melihat ‘service required’, penyebabnya adalah printer berada dalam status waste ink pads full.

Jika yang muncul deretan kode eror, maka penyebabnya bisa jadi adalah komponen hardware printer yang terganggu seperti kabel dan roller.

  1. Bila Penyebabnya Service Require

Cara mengatasi service require dengan melakukan reset pada printer. Pertama lepaskan kabel daya selama beberapa menit. Lalu hidupkan kembali printer. Tekan tombol power serta tombol tinta secara berbarengan selama kurang lebih 5 detik untuk melakukan reset.

  1. Bila Penyebabnya Code Eror (Hardware Printer Epson l3110 Bermasalah)

Apabila yang muncul kode eror, hal ini berhubungan dengan komponen hardware printer yang bermasalah. Berikut cara mengatasinya.

  • Bukalah casing printer dan lakukan pemeriksaan pada bagian kabel, roller, dan gear serta komponen lainnya.
  • Bersihkan roller dan gear dari serpihan kertas sisa yang mungkin akan menghambat perputarannya.
  • Periksa kabel pada scanner dengan cara melepas kabelnya kemudian memasang kabel tersebut dengan benar.
  • Jika sudah selesai, hidupkan printer dan lihatlah apakah lampu indikator masih berkedip atau tidak.
  • Jika masih berkedip, anda bisa membawa printer pada jasa service. Dikhawatirkan ada kerusakan pada komponen printernya.

Drajad