Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Kunyit memiliki warna yang sama dengan warna kuning-jingga, namun ada juga kunyit putih yang disebut dengan kunyit putih. Uniknya, kunyit putih hampir identik dengan jahe. Manfaat kunyit bagi kesehatan adalah dapat menjadi obat berbagai penyakit.

Rimpang kunyit putih ini merupakan tanaman asli India dan Indonesia. Kunyit putih memiliki warna yang pucat, aroma yang khas, serat yang banyak dan juga rasa yang pahit. Kunyit putih juga digunakan dalam pengobatan tradisional di Jepang dan Cina.

Baca juga artikel menarik lainnya di duniamasa.com. Jika Anda pengguna HP, bisa akses disini duniamasa.com/amp, semoga bermanfaat infonya.

Di Indonesia, kunyit sering digunakan sebagai bahan untuk mengobati asma, kanker, atau tuberkulosis. Selain itu, kunyit putih atau rimpang putih juga dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah terjadinya racun.

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan

Kunyit putih merupakan tumbuhan yang mengandung senyawa kimia yang disebut flavonoid dan kurkuminoid. Tanaman herbal ini akan bermanfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tidak terlalu banyak. Kunyit putih kini juga ditanam di Amerika Serikat dan Eropa untuk didaur ulang. Berikut beberapa manfaat kunyit putih untuk kesehatan.

1. Mengobati sakit maag

Sakit maag bisa dipicu oleh beberapa hal, termasuk perut, yang bisa memicu infeksi. Anda bisa menggunakan kunyit sebagai langkah pengobatan alami sebelum melanjutkan meminum bahan kimia ini.

Kunyit putih atau dikenal juga dengan curcuma zedoaria mengandung saponin, minyak atsiri, gula, protein beracun, resin, flavonoid, kurkumin dan lain-lain. Semua bahan tersebut menjadikan kunyit putih sebagai bahan yang efektif untuk mengobati maag.

Jika dikonsumsi secara rutin, kunyit putih juga dapat menurunkan keasaman lambung sehingga mencegah terjadinya sembelit.

2. Sebagai penghilang rasa nyeri

Kunyit putih mengandung senyawa kurkumenol yang berguna untuk mengurangi nyeri. Oleh karena itu, banyak orang yang memanfaatkan kunyit sebagai obat alami penyakit radang usus besar. Selain itu, kunyit juga merupakan terapi herbal jangka pendek untuk mencegah terjadinya peradangan agar saluran pernafasan tidak menyempit.

3. Manfaat kunyit bagi kesehatan sebagai obat alergi

Salah satu khasiat kunyit untuk kesehatan tubuh adalah anti alergi yang terbukti dapat menyembuhkan gejala alergi pada kulit. Manfaat ini karena adanya ketuminoid dalam kunyit putih. Kandungan ini nantinya akan digunakan sebagai antihistamin yang dapat menghambat aktivitas peradangan akibat alergi.

4. Mengurangi pembengkakan dan persendian

Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh lainnya adalah tanaman herbal yang dapat mengobati nyeri, bengkak dan berbagai penyakit kulit lainnya. Ini karena kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan diuretik yang dapat membantu mengeluarkan zat beracun dari dalam tubuh.

Konsumsi kunyit putih dalam dosis yang tepat dapat membantu menurunkan suhu tubuh saat demam. Kunyit putih akan berperan dalam membunuh mikroba yang terinfeksi dan akan membantu meningkatkan produksi keringat dalam tubuh.

5. Menurunkan berat badan dan mengurangi potensi pemicu kanker di dalam tubuh

Ternyata kandungan dalam kunyit putih juga diketahui dapat mencegah reaksi peradangan pada sel tubuh, termasuk otot dan lemak. Reaksi ini berguna untuk mengurangi resistensi insulin dan dapat menurunkan kolesterol, gula darah, dan gangguan metabolisme lainnya akibat obesitas.

Selain itu, kunyit putih yang menyehatkan adalah mencegah penyebaran kanker dalam tubuh dari satu organ ke organ lainnya. Keefektifan kunyit putih diketahui secara alami mengurangi potensi kanker. Namun Anda juga perlu memperhatikan cara Anda mengolahnya.

Untuk pertama kalinya, Anda perlu mencuci kunyit putih hingga bersih, lalu potong kecil-kecil. Kemudian keringkan dalam kunyit putih cincang hingga kering. Setelah itu, haluskan hingga kunyit putih menjadi lunak sebelum dikonsumsi.

Muchammat Kristanto