Manfaat dan Alasan Melakukan Senam Kegel Bagi Pria Maupun Wanita

Saat seseorang dewasa, otot-otot dasar panggul mulai melemah. Otot-otot dasar panggul akan menjadi lebih kuat dengan Senam Kegel secara teratur. Kemungkinan seorang wanita akan mengalami prolaps organ panggul akan meningkat jika otot-otot dasar panggulnya memburuk (POP). titik di mana organ panggul mulai memburuk dan menonjol dari vagina (rahim ke bawah), menyebabkan buang air kecil yang tidak disengaja.

POP lebih sering terjadi pada wanita karena berbagai alasan, termasuk:

1. Penuaan
2. Berat badan bertambah
3. Sering mengejan saat buang air kecil
4. Keturunan atau genetika
5. Hamil dan melahirkan secara normal
6. Dorongan yang diterima organ panggul dari batuk, bersin, atau tertawa

Berikut ini adalah gejala-gejala bahwa Anda harus mulai melakukan Senam Kegel secara teratur jika Anda mengalami salah satunya. Beberapa barang yang dimaksud antara lain:

1. Inkontinensia atau tinja bocor
2. Tidak dapat menahan keinginan untuk buang air kecil secara tiba-tiba (urinary urge incontinence)
3. Saat Anda bersin, tertawa, atau batuk, beberapa tetes urin bocor akibat stres.

Manfaat senam kegel untuk kesehatan

Senam kegel memiliki keuntungan baik bagi pria maupun wanita bila dilakukan dengan benar dan konsisten. Latihan kegel memberikan keuntungan baik untuk kesehatan maupun performa seksual. Senam kegel adalah pengganti yang bagus untuk alasan ini.

Keuntungan bagi wanita

1. Mengurangi kemungkinan inkontinensia

Menurut Parenting First Cry, sejumlah keadaan seperti kehamilan, persalinan, kelebihan berat badan, dan menjadi lebih tua, dapat merusak otot-otot dasar panggul wanita. Organ panggul dapat turun ke dalam vagina ketika otot-otot dasar panggul melemah. Wanita yang mengalami hal ini akibatnya akan kesulitan mengontrol buang air kecil (inkontinensia), yang akan menjadi tidak nyaman.

2. Pemulihan selama kehamilan dan setelah melahirkan

Senam kegel sebaiknya sering dilakukan oleh ibu hamil. Tujuannya untuk mempercepat persalinan yaitu dengan membiarkan jalan lahir bayi terbuka. Kemudian, setelah prosedur persalinan reguler, Senam Kegel dapat membantu mengembalikan fungsi sekali lagi.

Rahim, leher rahim, dan otot vagina Anda mungkin robek saat melahirkan. Otot-otot ini membutuhkan penguatan jika masalah kesehatan jangka panjang ingin dihindari. Senam Kegel bisa menjadi salah satu pendekatan untuk melakukan hal ini. Karena aliran darah yang lancar yang dihasilkan dari latihan Kegel, otot-otot dasar panggul dapat pulih dengan cepat.

3. Tingkatkan keintiman dengan suami

Setelah melahirkan, daerah intim wanita mungkin tidak ideal untuk aktivitas seksual. Otot-otot dasar panggul dapat dibuat lebih kuat dan kencang dengan melakukan senam kegel. Oleh karena itu, peningkatan orgasme dan keintiman dengan suami Anda akan dihasilkan dari otot-otot dasar panggul yang kencang. Keuntungan lainnya adalah:

1. Hubungan dengan orang lain menjadi lebih sehat
2. Dinding vagina akan semakin kencang dan kuat
3. Orgasme yang lebih kuat

Keuntungan buat cowok

Berikut ini klinik raphael cikarang jabarkan 3 dari keuntungan yang didapatkan ketika seorang pria rutin melakukan senam kegel bagi masalah kesehatannya.

1. Mengurangi kemungkinan inkontinensia

Senamkegel untuk pria dapat membantu mereka mengontrol buang air kecil ketika mereka mengalami inkontinensia. Senam kegel berpotensi memperkuat otot panggul, yang menjadi salah satu keunggulannya.

2. Masalah impotensi dan pemulihan operasi prostat

Keuntungan dari Senam Kegel pada pria yang telah menjalani operasi prostat telah ditetapkan. Jika Anda melakukan latihan Kegel dengan benar, kandung kemih Anda akan pulih dengan cepat. Selain itu, disfungsi ereksi adalah masalah yang dapat dibantu oleh latihan Kegel (impotensi).

3. Membantu mencegah ejakulasi dini

Ejakulasi dini pada pria adalah masalah serius karena dapat menghambat kemampuan Anda untuk berhubungan seks dengan pasangan Anda. Ejakulasi dini pada pria akan membuat pasangan Anda kurang percaya diri dan puas saat berhubungan seks. Latihan kegel dapat membantu untuk alasan ini, salah satunya adalah untuk mengatasi masalah ejakulasi dini. karena aktivitas fisik dapat membuat otot-otot di dasar panggul lebih kuat, yang membantu menahan ejakulasi.

 

 

zukiungu