Lagi Cari Tiket Kereta Api? Simak Juga Tips Aman Naik Kereta Untuk Pemula!

Kereta api merupakan salah satu angkutan atau transportasi pilihan banyak orang. Namun moda transportasi ini tidak tersebar merata di seluruh wilayah di Indonesia. Untuk itu, tidak heran mengapa ada beberapa orang yang tentunya belum pernah mengetahui rasanya naik kereta api. Anda tentu tidak hanya belum pernah naik kereta tapi juga belum pernah membeli tiket kereta api.

Bagi para pemula yang ingin merasakan bagaimana naik kereta api, tentu harus mengetahui beberapa tips sederhana agar tidak bingung saat pertama kali menaiki moda transportasi darat ini. Simak beberapa tips berguna ini untuk anda.

 

1. Memesan Tiket Kereta Api

yang pertama sekali harus anda lakukan adalah untuk saja memesan tiket kereta api. Naik kereta api di zaman sekarang sangat mudah dan mengasyikkan berkat adanya layanan pembelian tiket kereta secara online. Baik secara langsung melalui website resmi KAI atau Anda bisa juga membeli di berbagai macam dan marketplace yang tersebar.

Beli tiket secara online Anda juga tetap bisa memilih berbagai jenis kelas dan tempat duduk sesuai dengan keinginan. Nah setelah anda membeli tiket secara online simpan baik-baik kode booking di etiket yang biasanya didapatkan lewat email. Kode booking ini sangat diperlukan ketika anda melakukan check-in agar bisa mendapatkan boarding pass. Jika tiket yang anda miliki adalah tingkat elektronik maka sebelumnya harus dicetak dahulu untuk persiapan ketika di stasiun.

2. Melakukan Check-In Dan Boarding Pass

Nah setelah memesan tiket kereta api, kini saatnya anda melakukan check-in dan juga boarding pass. Check-in mandiri bisa di mesin CTM yang ada di stasiun keberangkatan. Anda bisa memasukkan kode booking tiket kolom yang disediakan lalu cetak boarding pass. Boarding pass ini memiliki informasi yaitu nama penumpang, tanggal untuk keberangkatan kereta api dan juga nomor perjalanan. Baiknya simpan boarding pass yang nantinya akan ditunjukkan pada petugas sebelum masuk ke dalam peron.

Boarding pass anda akan diminta oleh petugas untuk desain dan dicocokkan dengan identitas diri. Setelah sudah tidak ada masalah lagi Anda tinggal menunggu waktu keberangkatan dan tetap simpan boarding pass jika nanti petugas di dalam kereta api menanyakan hal tersebut.

 

3. Tunggu Kedatangan Kereta

Hal ketiga yang tentunya harus anda lakukan yaitu menunggu kedatangan kereta api. Sebaiknya datang ke stasiun satu jam lebih awal agar anda tidak terburu-buru atau yang paling fatal adalah ketinggalan kereta. Bisa juga tanyakan kepada petugas stasiun di jalur berapa kereta akan datang.

 

4. Naik Ke Gerbong Dan Cari Tempat Duduk Yang Sesuai

Ketika kereta api anda sudah datang, tunggu arahan agar penumpang bisa naik ke kereta. Setelah itu, langsung cari gerbong kereta dan pilih Tempat duduk anda yang sesuai pada informasi yang tertera di boarding pass. Duduk dengan nyaman dan simpan barang pada tempatnya. Tetap simpan boarding pass anda, jika nanti penumpang menanyakan kartu identitas atau boarding pass tersebut. Jadi sebaiknya disimpan baik-baik.

 

Demikian beberapa cara naik kereta api untuk para pemula yang benar-benar baru pertama kali ingin menggunakan moda transportasi ini. Nah bagi Anda yang sedang mencari tiket kereta api secara online, tidak perlu susah karena kini tiket kereta sudah tersedia di Blibli. Di Blibli Travel Anda bisa melakukan pemesanan tiket kereta lebih cepat, mudah dan juga aman. Terlebih Anda juga bisa melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja. Tiket anda akan langsung dikirim ke email setelah melakukan transaksi.

Deolinda