Kumpulan Ucapan Belasungkawa Umat Kristen Yang Bisa Diberikan Untuk Keluarga Yang Ditinggalkan

12 Ucapan Turut Berduka Cita Kristen, Penuh Kekuatan dan Penghiburan

Saat kita harus menerima kenyataan bahwa salah satu orang yang kita sayang pergi meninggalkan kita untuk selama – lamanya pasti merupakan salah satu hal tersulit yang kita alami dalam hidup. Tak jarang banyak orang yang merasa bahwa kehidupannya kedepan tidak akan sama lagi karena orang yang ia sayangi telah pergi mendahuluinya dan meninggalkan semua orang yang ia sayangi untuk selama – lamanya.

Biasanya jika ada teman ataupun kerabat yang baru saja menglami peristiwa kehilangan seperti ini, kita sebagai salah satu orang yang mengenal akan memberikan ucapan belasungkawa sebagai salah satu bentuk kepedulian. Dalam ajaran krsitiani biasanya saat ada orang yang meninggal maka keluarga akan mengadakan ibadah bersama yang biasanya diikuti oleh keluarga dan orang – orang terdekat dari mendiang.

Nantinya setela selesai mengikuti ibadah bersama biasanya anda berkesempatan untuk menyampaikan ucapan belasungkawa kepada keluarga secara langsung. Dengan memberikan ucapan belasungkawa tentunya kita berharap bahwa keluarga yang ditinggalkan akan merasa kuat untuk menjalani kehidupan kedepannya. Biasanya ada beberapa jenis ucapan belasungkawa yang digunakan oleh umat kristiani.

Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa contoh ucapan belasungkawa yang biasa diucapakan oleh umat kristiani.

  • Turut berduka cita atas kembalinya (sebut nama yang meninggal) ke Bapa di Surga. Kiranya Tuhan Yesus Kristus memberikan kekuatan dan penghiburan pada keluarga yang ditinggalkan. Selamat jalan (sebut nama yang meninggal)
  • “Kami sekeluarga turut berduka cita atas kepergian (sebut nama yang meninggal) Semoga ia tenang di sisi-Nya dan mendapatkan tempat terindah di surga Bapa.
  • Ya Tuhan, tabahkanlah keluarga yang sedang dilanda musibah. Karena, semua makhluk di dunia pasti akan ada saatnya menemui sang pencipta. Semoga Engkau, menerima arwah saudara kami dengan tangan-Mu yang terbuka lebar menyambutnya dan menempatkannya di tempat yang terindah.
  • Saya dan keluarga mengucapkan turut berduka cita yang sedalam – dalamnya atas kepergian (sebutkan namanya) semoga mendiang tenang di alam sana dan untuk keluarga yang ditinggalkan semoga selalu diberi kekuatan dan ketabahan agar bisa menjalani hidup dengan baik kedepannya.
  • Saya baru mendapatkan kabar tentang kepergian (sebut nama yang meninggal). Saya sebagai orang yang pernah mengenal beliau sangat merasa kehilangan dan bersedih. Saya berdoa semoga mendiang pergi dalam keadaan yang tenang dan juga damai. Saya juga berdoa semoga keluarga yang ditinggalkan bisa tabah dan menerima semua ini dengan hati yang lapang. Saya tahu tidak ada kata yang dapat menggantikan kesedihan yang sedang anda dan keluarga rasakan, tapi semoga ucapan ini sedikit mengobati rasa kesedihan yang sedang anda dan keluarga rasakan.
  • Tuhan tahu mana manusia yang berperilaku baik dan mana manusia yang berperilaku buruk. Kembalinya (sebut nama yang meninggal) di tangan Tuhan karena dia merupakan orang baik. Semoga  dosa-dosa almarhum diampuni dan semoga almarhum tenang di sisi-Nya.
  • Kita beriman akan darah Yesus seperti yang dicatat di 1 Tesalonika 4:14, ‘Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama – sama dengan Dia.’ Maka, Kita bisa beriman, bahwa kita bisa bertemu dengan orang yang kita kasihi yang telah meninggal oleh karena Tuhan.

sartika