Konsumsi Minyak Zaitun Bisa Mencegah Kanker Ini

Siapa sangka bahwa dengan konsumsi minyak zaitun bisa mencegah kanker loh, hal ini karena terdapat kandungan zat-zat yang bermanfaat dalam melawan radikal bebas. 

Berdasarkan kutipan yang diperoleh dari deherba.com disebutkan bahwa minyak zaitun bisa mencegah kanker payudara dan kanker lainnya, bahkan bisa untuk mengobati.

Akan tetapi, apakah benar minyak zaitun bisa mengobati kanker? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut uraian penjelasannya berkaitan dengan manfaat kandungan minyak zaitun untuk kanker.

Manfaat Minyak Zaitun.

Minyak zaitun terutama berjenis extra virgin punya kandungan antioksidan fenolik dan squalene yang tinggi, konsumsi makanan yang punya tingkat asupan kandungan tersebut membuat orang lebih jarang menderita kanker.

Kandungan fenolik dan squalene bersifat tidak mudah larut dalam lemak, dan sebagian besar diserap oleh tubuh, serta punya efek kemopreventif terhadap kanker payudara dan kanker lainnya.

Konsumsi minyak zaitun secara teratur dapat membuat tubuh memperoleh pasokan antioksidan terus menerus, fungsinya sebagai molekul yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh yang memicu salah satunya penyakit kanker.

Minyak Zaitun Mencegah Kanker Payudara.

Menurut sebuah penelitian dan dari hasil riset yang dilakukan oleh PREDIMED, bahwa para wanita lansia di Spanyol yang lebih banyak konsumsi minyak zaitun extra virgin, kemungkinannya lebih kecil terkena kanker payudara.

Selama masa riset ditemukan terdapat 35 kanker payudara yang di diagnosis, sebanyak 62% lebih sedikit terkena kanker dengan pola makan ditambah dengan lebih banyak konsumsi minyak zaitun, dibandingkan dengan yang hanya mengurangi asupan lemak.

Hasil riset PREDMED menunjukan bahwa potensi minyak zaitun dapat membantu mencegah kanker payudara, tapi apakah berdasarkan penelitian bisa juga untuk mengobati?

Minyak Zaitun Mengobati Kanker Payudara.

Berdasarkan hasil riset manfaat minyak zaitun khususnya extra virgin hanya sebatas mengurangi risiko terkena kanker, belum ada bukti yang meyakinkan dapat mengobati kanker payudara.

Namun, dengan konsumsi minyak zaitun secara teratur bisa efektif dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh, kandungan oksidan yang tinggi inilah dipercaya mampu mengurangi risiko penyakit serius, seperti penyakit jantung, diabetes dan kanker.

Minyak zaitun jenis extra virgin dianggap lebih sehat, karena lebih banyak mengandung senyawa bioaktif dan antioksidan tinggi. Maka bisa menjadi campuran bahan makanan sehat seperti salad, tumis, untuk goreng suhu rendah dan merebuh makanan.

Kesimpulan Manfaat Minyak Zaitun.

Minyak zaitun memiliki kandungan fenolik dan squalene yang memberikqn efek kemopreventif, adalah kemampuan dalam mencegah, menunda, dan menghambat kanker.

Minyak zaitun bisa mencegah risiko kanker payudara, meskipun belum ada bukti yang menyebutkan bahwa bisa mengobati. Namun, mencegah lebih baik daripada mengobati, sehingga manfaat minyak zaitun bisa menjaga dalam meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Itulah uraian mengenal minyak zaitun yang punya khasiat dalam mencegah kanker terutama kanker payudara. Semoga bermanfaat.

 

Meily