Komponen Flow Meter

Ada 2 anggota utama Komponen flow meter yaitu magnetic flow sensor dan flow transmitter. Jenis dari flow transmitter

 

Flow sensor

Flow sensor kerap disebut bersama dengan flow tube atau transducer yang merupakan anggota paling penting berfaedah sebagai sensor untuk menangkap tingkah laku aliran suatu fluida. Flow sensor ini kebanyakan berpengaruh apada size flow meter yang dapat mempunyai efek terhadap besarnya nilai kecepatan aliran.

Untuk flow sensor terkandung lebih dari satu komponan sesuai bersama dengan model dan model flow meternya. Yang biasa menjadi acuan adalah Maxksimal kapasitas, size flow meter, model koneksi, power supply, material pipa dan spesifikasi liquid.

Untuk bahan material dari flow sensor sesuai bersama dengan material pipa Water Meter Amico, spesifikasi fluida, temperature, pressure, dan IP class. Selain itu wajib di informasikan apakah diperlukan material yang punya kelas food grade, tahan asam dan tahan abrasive.

Pemilihan model material flow sensor dapat berakibat terhadap kehandalan flow meter wajib disesuaiakn bersama dengan karakteristik fluida layaknya maksimal temerature, maksimal pressure, tingkat keasaman, atau suasana lapangan yang dijadikan syarat-syarat penentuan model material.

Saat anda wajib pilih model flow sensor Yang mengakibatkan sangsi dikarenakan kwalitas dan kinerjanya sama, sebaiknya anda menjatuhkan pilihan terhadap model flow sensor yang tidak mempunyai komponen sensor bergerak. Adanya sensr bergerak ini dapat mengakibatkan kinerja flow meter dapat mengalami penurunan sesuai bersama dengan pas penggunaan dikarenakan terdapatnya keusan terhadap komponen as atau bearing terhadap flow sensor.

Keausan atau terganggunya gerakan komponen flow sensor ini mengakibatkan kinerja flow meter menurun, ongkos maintenance mahal atau berbahaya flow meter dapat macet. Kemacetan flow sensor kebanyakan dikarenakan terdapatnya partikel2 di dalam fluida yang tidak homogen layaknya kotoran atau partikel solid. Begitu termasuk untuk flow meter yang tidak homogen atau dikarenakan ada aliran gas atau bubble yang mengakibatkan perhitungan flow meter mempunyai akurasi yang buruk.

 

Flow Transmitter

Flow transmitter atau ada lebih dari satu disebut bersama dengan converter atau flow computer berfaedah untuk membaca menagkap signal yang dikirim oleh flow sensor. Sesuai bersama dengan teknology yang digunakan flow transmitter dapat produksi signal yang di konversikan terhadap flow velocity atau mass flow.

Satuan pembacaan terhadap flow transmitter yang ditampilkan bisanya bersifat units jarak per waktu, mass per pas atau putaran perwaktu. Hasil pembacaan tersebut pas di kombinasikan terhadap volume atau luas penampang dapat di tampilkan ke totalizer atau debit yang mempunyai unit total volume atau total mass.

Flow transmitter termasuk dapat mengimbuhkan outpput bersifat analog atau counting yang tampil ke layar atau display, arus 4 – 20 mA, Pulse, Alarm dan termasuk information bersifat komunikasi RS485.

Pada model flow transmitter teretntu dapat termasuk di kompensasikan terhadap perubahan temperature dan perubahan pressure layaknya terhadap model ultrasonic flow meter, magnetic flow meter, coriolis flow meter, thermal mass flowmeter dan juga vortex flow meter atau model flow sensor lainnya.

Drajad