Kelebihan dan Kekurangan Media Promosi

Agar makin dikenal banyak orang, sebuah usaha mesti laksanakan promosi bersama gencar. Untuk promosi yang efektif, diperlukan tempat yang tepat. Ada bervariasi tempat promosi yang dapat digunakan untuk memperkenalkan product kepada orang banyak. Untuk memilih mana yang paling cocok bagi Anda, ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan tempat promosi yang ada kala ini.

 

Media Cetak

Media cetak adalah tempat promosi yang amat banyak digunakan sebelum saat tempat sosial makin populer. Contoh tempat cetak adalah surat kabar, majalah, dan tabloid. Media cetak diproduksi oleh perusahaan tempat dan didistribusikan ke bermacam tempat. Agar banyak orang membeli tempat cetak, isinya mesti informatif dan berfungsi bagi pembaca.

Kelebihan tempat cetak sebagai tempat promosi adalah dapat bertahan lama. Misalnya, sebuah majalah, tidak akan langsung dibuang kecuali udah selesai dibaca. Pembeli umumnya masih menyimpan majalah untuk dijadikan referensi kapan waktu dibutuhkan. Ini bermakna iklan product terhitung masih konsisten dapat diakses.

Kekurangan tempat cetak adalah hanya dapat berupa teks dan gambar. Anda tidak dapat memasang iklan berupa video yang perlihatkan bentuk nyata sebuah produk. Selain itu, untuk sampai ke tangan pembeli, tempat cetak butuh kala distribusi yang cukup lama.

 

Media Elektronik

Selain tempat cetak, ada pula tempat promosi berupa tempat elektronik. Setidaknya, ada dua model tempat elektronik yang lazim digunakan sebagai tempat promosi, yaitu televisi dan radio.

Kelebihan televisi adalah dapat menayangkan teks, gambar, audio, dan video di dalam kala yang bersamaan. Media televisi terhitung amat merakyat karena nyaris semua tempat tinggal memilikinya. Orang-orang dapat menonton televisi tanpa mesti membayar. Kekurangannya, iklan product hanya dapat dicermati kala ditayangkan dan cost promosi melalui televisi cukup mahal.

Sementara itu, radio sebagai tempat promosi terhitung cukup efektif gara-gara dapat menjangkau semua kalangan. Radio lebih fokus kepada promosi melalui audio. Kekurangannya, gambar product tidak dapat ditampilkan.

 

Media Online

Jenis tempat promosi yang makin berkembang saat ini adalah tempat online. Setidaknya, ada dua model tempat untuk beriklan secara online, yaitu situs berita online dan tempat sosial seperti jasa iklan google.

Situs berita online miliki karakter layaknya tempat cetak, hanya saja disebarkan melalui internet. Keunggulan situs berita online sebagai tempat promosi adalah dapat dibuka oleh lebih banyak orang asalkan terhubung bersama jaringan internet.

Selain itu, biayanya condong lebih murah. Namun, beriklan di tempat massa online mesti detail karena tidak semua pengunjung situs tersebut merupakan obyek promosi yang tepat.

Selain itu, ada tempat sosial, yaitu tempat promosi yang amat terkenal belakangan ini. Banyak orang memilih tempat sosial gara-gara murah, bahkan condong gratis. Namun, Anda terhitung mesti miliki banyak pengikut supaya promosi di tempat sosial berlangsung bersama efektif.

 

Media Promosi Outdoor

Jenis tempat promosi lainnya adalah tempat outdoor layaknya baliho, spanduk, billboard, poster, atau banner. Media ini dicetak terlebih dahulu lantas dipasang di tempat-tempat yang strategis. Kelebihan tempat outdoor adalah dapat menjangkau masyarakat bersama mudah. Siapa pun yang melintas dapat melihat iklan product Anda.

Kekurangannya, jangkauan hanya terbatas terhadap daerah tertentu. Anda mesti amat meyakinkan wilayah pemasangan tempat promosi udah tepat. Selain itu, tempat ini terhitung hanya dapat memakai teks dan gambar.

Setelah tahu kelebihan dan kekurangan tempat promosi tersebut, apakah Anda udah memilih pilihan mana yang paling pas untuk product Anda? Jangan lupa untuk memperhitungkan cost dan efektivitasnya supaya kesibukan promosi memberi tambahan hasil yang optimal.

toha