Kelebihan bahan CVC Untuk Membuat Pakaian

Bahan CVC atau Chief Value Cotton adalah salah satu jenis kain yang menggunakan serat kapas dan serat poliester yang dicampur di bidang manufaktur. Perbandingan jumlah serat kapas pada bahan CVC ini lebih tinggi dari jumlah serat poliester. Bahan CVC ini memiliki kesamaan dengan bahan TC, yang sama-sama terbuat dari kombinasi serat kapas dan serat poliester. Perbedaannya adalah, konten poliester pada bahan TC lebih dominan dan berbanding terbalik dengan bahan CVC yang kandungan kapasnya lebih dominan.

Komposisi antara serat kapas dan serat poliester beragam. Ada bahan CVC yang menggunakan rasio katun 55% dan 45% polyester, dan beberapa dibuat dengan konten kapas 60% dan 40% polyester. Karena terbuat dari katun dengan lebih banyak komposisi, bahan ini sering digunakan sebagai bahan untuk membuat kemeja. Ini tentu saja karena serat kapas memiliki kemampuan untuk menyerap keringat dengan baik. Serat kapas sendiri adalah serat yang terbuat dari serat kapas alami.

Serat kapas alami ini diperoleh dari pohon kapas yang memiliki nama gosip gosip latin. Karena terbuat dari serat alami, bahan kapas ini memiliki sifat hypoallergenic yang berarti tidak akan menyebabkan alergi terhadap kulit pemakainya. Karakter serat kapas lainnya terasa keren saat digunakan. Sifat ini akhirnya juga berkurang pada bahan CVC.
Sama seperti bahan Catton, bahan CVC ini juga memiliki banyak jenis dibedakan berdasarkan tingkat ketebalan. Ada tiga jenis bahan CVC, yaitu 20-an, 24-an, dan 30-an. Surat-surat yang terkandung dalam kode adalah 20, 24, dan 30 menunjukkan jarak dari kepadatan kain pada saat proses diploma. Kode angka ini juga menunjukkan tingkat ketebalan bahan ini. Meskipun itu adalah huruf “S” menunjukkan bahwa bahan ini dibuat dengan satu rajutan atau tunggal.

Karakteristik.
Bahan CVC memiliki karakter materi yang kuat sehingga tahan lama meskipun telah melalui proses pencucian, pengeringan, dan menggunakan berkali-kali. Bahan ini juga dapat menyerap keringat dengan baik sehingga banyak menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kemeja. Kemampuan untuk menyerap keringat ini diperoleh karena bahan CVC mengandung serat alami, yaitu kapas yang memiliki ruang udara terpisah yang membuatnya mudah untuk menyerap keringat cocok untuk baju olahraga dan seragam sekolah. Bahan ini juga cukup lunak sehingga nyaman dipakai.

Keuntungan
Bahan CVC memiliki sifat higienis yang lebih baik dari bahan sejenis, bahan TC. Karakter ini juga bisa dibilang lebih kuat dari bahan yang mengandung 100% katun karena ada campuran poliester di dalamnya. Poliester ini membuat bahan CVC lebih kuat dari bahan katun lainnya. Bahan ini juga tidak mudah disecik dan tidak mudah pudar. Tingkat penyusutan bahan CVC lebih kecil dari katun sehingga bahan CVC ini tidak mudah diregangkan. Akhirnya, bahan CVC termasuk dalam jenis bahan yang cukup tahan lama karena memiliki karakter material yang kuat.

Harga
Seperti yang diketahui bahwa bahan CVC ini terbuat dari campuran kapas dan poliester dengan kadar kapas yang lebih tinggi. Jika kita mengamatinya kita akan tahu bahwa bahan CVC lebih baik daripada kualitas TC tetapi tetap lebih rendah dari 100% katun. Nah, melihat dari tingkat kualitas, Anda pasti dapat menarik kesimpulannya sendiri bahwa harga bahan CVC lebih mahal daripada bahan TC tetapi lebih murah daripada bahan dengan kadar katun 100% seperti kapas disisir.

Drajad