Kayu Balsa untuk Perabot Rumah : Jual Kayu Batam

Masyarakat mungkin sudah mengenal kayu jati sebagai bahan kayu terbaik untuk membuat berbagai perabot rumah tangga. Namun, ada satu jenis kayu yang kurang populer namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, yaitu kayu balsa yang bisa anda dapatkan di jual kayu Batam.

Apa Itu Kayu Balsa?

Kayu balsa adalah kayu dari pohon balsa. Salah satu keunikan dari jenis pohon ini adalah dapat tumbuh tinggi dengan cepat. Hanya dalam waktu lima hingga enam tahun, pohon balsa bisa tumbuh hingga ketinggian 20 meter dan diameter 40 cm.

Anda bisa menemukan pohon balsa di Pulau Jawa, Pulau Papua, dan juga di Pulau Sulawesi. Di Pulau Jawa, budidaya pohon balsa bisa kita temukan di Jawa Timur, seperti di Probolinggo, Blitar, dan Kediri. Pohon balsa ini bisa tumbuh di dataran rendah maupun tinggi di ketinggian hingga 1000 meter di atas permukaan laut.

Namun, pohon balsa akan tumbuh lebih baik pada ketinggian 0-800 mdpl. Pohon balsa membutuhkan curah hujan rata-rata 1500-3000mm, dengan musim kemarau hingga 3 bulan per tahun. Pohon balsa sangat membutuhkan asupan sinar matahari dan suhu udara yang pas, jadi tidak bisa begitu saja menanam pohon ini.

Soal harga, balsa memiliki nilai jual yang relatif sama dengan jenis kayu lainnya. Berikut daftar harga kayu balsa berdasarkan diameter  di jual kayu Batam: Kayu diameter 19 cm = Rp 80 ribu per m³, kayu dengan diameter 20 cm = Rp. 118 ribu per m, kayu dengan diameter 30 cm = Rp 135 ribu per m.

Kegunaan Kayu Balsa : Jual Kayu Batam

Kayu jenis ini sudah lama dikenal sebagai bahan pembuatan maket, papan selancar, dan aeromodelling. Namun, selain digunakan untuk kebutuhan tersebut, ternyata kayu ini juga dapat digunakan sebagai bahan alternatif untuk membuat furniture dan furniture rumah tangga.

Berikut beberapa furniture dan elemen rumah yang bisa dibuat dengan menggunakan kayu balsa: kursi, meja, panel dinding, kotak penyimpanan, plafon rumah, peredam suara, pintu, meja tenis, kusen, dll. Melihat banyaknya kegunaan dari jenis kayu ini, tentunya kini anda memiliki pilihan untuk membuat furniture di rumah.

Keunggulan Kayu Balsa

Banyak orang mulai memilih kayu balsa sebagai bahan furnitur rumah tangga karena menyadari sejumlah keunggulan. Berikut sejumlah keunggulan jenis kayu ini sehingga menjadi pilihan banyak orang.

Ringan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kayu balsa memiliki bobot yang sangat ringan. Alasan ringannya kayu ini adalah karena memiliki sel yang besar dan dinding yang tipis. Dengan demikian, rasio material padat dengan ruang terbuka sangat kecil.

Pada potongan kayu ini, hanya sekitar 40% yang solid. Selain itu, jenis kayu ini biasanya mengandung air lima kali lebih banyak dari berat kayunya. Oleh karena itu, sebelum kayu ini diolah, kita harus hati-hati mengeringkannya.

Kuat

Meski ringan, kayu balsa tidak mudah patah, karena jenis kayu batam ini memiliki kekuatan yang cukup baik. Namun, sebelum mengolahnya menjadi berbagai perabot rumah tangga, anda harus memperhatikan tingkat kepadatannya. Berdasarkan tingkat kepadatannya, balsa diklasifikasikan menjadi tiga jenis, antara lain:

Kayu ringan dengan berat kurang dari 120 kg per m³ (biasanya digunakan untuk aeromodelling). Kayu sedang dengan berat 120 kg/m-180 kg per m³ (umum digunakan untuk industri komposit). Kayu berat dengan berat lebih dari 180 kg per m³ (biasanya digunakan sebagai pengganti kayu keras untuk berbagai kebutuhan).

Mudah Dibentuk

Bobotnya yang ringan ditambah densitas yang rendah merupakan salah satu keunggulan kayu balsa yang tidak dimiliki oleh jenis kayu lainnya. Selain itu, balsa juga menyerap goncangan dan getaran dengan baik, sehingga lebih mudah untuk dipotong dan direkatkan. Keunggulan tersebut membuat kayu jenis ini lebih mudah dibentuk menjadi berbagai furniture dan furniture rumah tangga.

Warna Cerah

Anda tidak perlu khawatir jika penggunaan kayu balsa sebagai bahan furniture membuat rumah terkesan gelap. Pasalnya, warna asli balsa cukup cerah, sehingga sangat cocok untuk rumah mungil bergaya modern. Jika anda membutuhkan berbagai jenis kayu, silahkan hubungi jual kayu Batam. Kami menerima pengiriman ke SELURUH INDONESIA.

 

Sumber: https://batamkayu.com/