Jurusan Kuliah Paling Sulit di Dunia, Ini Daftarnya!

Jika mendengar tentang jurusan kuliah paling sulit di dunia umumnya lulusan SMA menolak untuk memilih dan masuk pada jurusan tersebut. Mereka kebanyakan akan memilih jurusan kuliah yang lebih mudah ditempuh studinya berdasarkan minat dan bakat serta prospek kerja yang cerah. Dengan memilih program studi yang mudah akan membuat kuliah cepat lulus.

Dengan mengambil jurusan kuliah tersulit di Indonesia atau universitas unggulan mempunyai risiko besar bagi mahasiswa tersebut. Besar kemungkinan sang mahasiswa bisa drop out atau DO disebabkan nilai ujian-ujian mata kuliah rendah sekali dan tidak bisa mengikuti perkuliahan secara baik.

Sementara itu, seorang mahasiswa bisa saja mengambil dan memilih jurusan yang paling sulit asalkan disertai jaminan prospek kerja yang cerah dan jaminan bisa mengikuti perkuliahan dengan baik ke depannya.

Untuk menentukan daftar jurusan kuliah paling sulit di dunia sangatlah tidak mudah. Karena sifatnya yang relatif atau tak pasti. Seorang mahasiswa bisa saja menganggap jurusan tertentu sulit tapi bagi mahasiswa lain jurusan kuliah itu yang paling mudah. Oleh karena itu dibutuhkan riset dan penelitian ilmiah untuk menemukan program studi yang termasuk sulit.

 

Jurusan Kuliah Paling Sulit di Dunia

Sebenarnya tidak ada jurusan kuliah yang paling sulit atau termudah. Karena semua ilmu pada dasarnya bisa dipelajari. Segala kesulitan dari mata kuliah yang ada bisa dimudahkan dengan rajin belajar dan bertanya.

Berdasarkan tingkat kesulitannya, jurusan kuliah yang terdapat di perguruan tinggi negeri maupun swasta

umumnya terdiri dari beberapa macam jenis yang meliputi:

 

 

Jurusan kuliah yang mudah

Pembagian kategori jurusan berdasarkan tingkat kesulitan itu terutama berdasarkan tingkat drop out maupun permasalahan yang dialami para mahasiswanya. Namun dengan pilihan ini akan membuat calon mahasiswa dapat lebih leluasa memilih jenis kategori jurusan yang diminatinya dengan konsekuensi masing-masing.

Jika anda memilih jurusan kuliah paling sulit berarti anda harus bersiap diri untuk belajar lebih keras, berpikir lebih ekstra dan mengeluarkan lebih banyak waktu dan tenaga untuk belajar serius.

Berdasarkan riset dari Indiana University Bloomington, terdapat kumpulan jurusan kuliah paling sulit di dunia yang sebaiknya Anda tahu berikut ini.

1.Akuntansi
Akuntansi merupakan salah satu jurusan kuliah yang paling sulit di dunia. Hal tersebut karena di dalam jurusan akuntansi akan banyak rumus dan perhitungan yang harus dipelajari.

Mereka yang bisa mengambil jurusan akuntansi di kampus adalah mereka yang sangat pandai dalam mata pelajaran matematika. Walaupun dijuluki sebagai jurusan tersulit, kuliah akuntansi masih banyak peminatnya, termasuk jurusan IPS, karena prospek kerja lulusannya sangat cerah.

Mereka yang bisa menundukkan jurusan kuliah tersulit di dunia yaitu akuntansi adalah mereka yang pandai berhitung dan pandai dalam bidang studi matematika. Bagaimana anda tertarik mengambil jurusan akuntansi?

2.Teknik Perminyakan
Jurusan kuliah tersulit di Indonesia dan dunia selanjutnya adalah Teknik Perminyakan. Jurusan pertambangan minyak adalah jurusan yang mempelajari bagaimana cara mengeksplorasi minyak di muka bumi beserta cara pengolahan dan pendistribusiannya. Walaupun disebut sebagai jurusan kuliah paling sukar dipelajari tapi prospek kerja yang menjanjikan bagi setiap lulusannya.

3.Teknik Informatika
Prodi teknik informatika juga termasuk jurusan kuliah paling sulit di dunia. Karena mempelajari bukan hanya satu cabang keilmuan tapi mempelajari banyak cabang ilmu lainnya seperti komputer, matematika, akuntansi, dan teknik elektro atau pemograman.

4.Teknik Sipil
Teknik sipil menjadi jurusan kuliah yang paling sulit di dunia berikutnya. Disebabkan teknik sipil mempelajari beragam mata studi yang banyak dihindari orang seperti ilmu komputer, geologi, ilmu tentang lingkungan, fisika, kimia, biologi, dan matematika.

5.Jurusan Matematika
Jurusan paling sulit di dunia lainnya adalah jurusan matematika. Mereka yang benar-benar pandai dalam penalaran umum dan mencintai matematika yang hanya bisa kuliah pada jurusan matematika yang memiliki level kesulitan yang sangat tinggi.

Dalam jurusan matematika para mahasiswa akan mempelajari soal dan rumus yang terasa sulit dan rumit. Yang meliputi teori,rumus, angka-angka, operasi hitung, riset operasi, aktuaria,komputasi, analisa matematika, geometri dan aljabar dll.

6.Jurusan Statistika
Jurusan yang paling sulit di dunia selanjutnya adalah jurusan statistika. Jurusan statistika adalah bagian dari jurusan kuliah matematika yang mempunyai tingkat kesulitan yang lebih tinggi lagi dari jurusan matematika. Mahasiswa jurusan statistika mempelajari bagaimana cara mengolah data dalam bentuk analisis.

7.Kedokteran
Terakhir, jurusan kuliah paling sulit di dunia adalah jurusan kedokteran. Sehingga tidak sembarangan orang bisa masuk ke jurusan kedokteran. Diperlukan otak yang cerdas untuk bisa masuk ke jurusan kedokteran. Hal tersebut terkait nyawa orang lain hingga seorang dokter harus bisa berpikir cepat dalam menentukan kebijakan yang harus dilakukan dalam menangani pasien.

Jurusan kuliah kedokteran menjadi salah satu jurusan kuliah favorit yang banyak diminati oleh para pelajar. Karena kemudahan dalam mendapatkan kerja dengan gaji tinggi. Tak ada dokter yang miskin. Mereka yang bergelar dokter dan bekerja di rumah sakit atau membuka praktek umumnya hidup berkecukupan dan terpandang di masyarakat.

Jika anda berniat masuk ke jurusan bidang kesehatan maka anda harus memastikan diri untuk memiliki kecakapan kecerdasan yang baik menunjang dan mempersiapkan modal uang. Dikarenakan biaya untuk kuliah pada jurusan kedokteran membutuhkan biaya yang sangat besar hingga ratusan juta rupiah.

Itu beberapa jurusan kuliah paling sulit di dunia yang cukup populer. Karena tingkat kesulitan yang tinggi membuat kita mesti berpikir ulang untuk memilih jurusan kuliah tersebut. Sebab kalau anda nekat untuk mengambilnya maka anda harus bersiap kerja keras dalam soal tenaga dan waktu agar anda bisa mengikuti kuliah dengan baik.

 

Jurusan Kuliah Tersulit di Indonesia

Salah satu hal yang paling membingungkan para calon mahasiswa adalah menentukan jurusan kuliah yang hendak diambil. Bagi seseorang yang ingin melanjutkan pendidikan ke universitas atau perguruan tinggi diharuskan memilih salah satu jurusan. Dalam menentukan jurusan kuliah banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Anda bisa memilih program studi berdasarkan kehendak hati maupun pertimbangan yang lain. Dalam memilih jurusan sebagian calon mahasiswa seringkali melakukannya secara sembarangan.

Salah satu dampak buruk mahasiswa yang asal pilih jurusan adalah mengalami kesulitan dalam menempuh kuliahnya. Termasuk jika mengambil jurusan kuliah tersulit di Indonesia dan dunia. Ditambah lagi jika melakukan kesalahan mengambil jurusan yang tak mempunyai prospek kerja yang baik.

toha