JURUSAN KOMUNIKASI DAN PROSPEK KERJANYA

Komunikasi secara umum mempelajari bagaimana kita menyampaikan pesan atau pesan secara efisien dan efektif untuk mencapai hasil akhir yang diinginkan. Mata pelajaran utama dalam komunikasi adalah periklanan, linguistik, bahasa, jurnalisme dan banyak lagi.

Komunikasi juga terkait dengan penggunaan teknologi dan penemuan baru dari masa ke masa. Misalnya perkembangan internet, pengaruh media, tren hiburan populer dan faktor lainnya. Dan seiring tren dan teknologi bergerak maju, kurikulum dan penyampaian kursus komunikasi juga berubah, sehingga pengetahuan tidak terbatas.

Secara umum, fokus komunikasi ada di bidang-bidang seperti penyiaran, jurnalis, editor, humas, periklanan, manajemen media, komunikasi pemasaran, komunikasi bisnis dan sejenisnya. Bagaimana pekerjaan Anda

Berikut beberapa contoh pekerjaan bagi lulusan yang berspesialisasi dalam komunikasi:

1. Penyiar

Menjadi produser, sutradara, reporter, copywriter, dan lainnya di dunia penyiaran adalah salah satu peluang karir terburuk dalam komunikasi. Sebagaimana kita ketahui, penyiaran pada dasarnya adalah proses penyampaian berita kepada masyarakat melalui media massa seperti televisi, radio atau surat kabar.

Dalam penyampaian pesan, lulusan komunikasi harus mampu menetapkan strategi agar pesan yang disampaikan dapat dengan mudah diterima masyarakat berdasarkan segmentasinya. Ruang kerja penyiaran biasanya berada di kantor televisi, radio, atau surat kabar, tabloid, dan majalah.

2. Jurnalis

Jurnalisme adalah bagian dari ilmu komunikasi. Kajiannya tentang cara terbaik mengemas berita agar dapat disebarluaskan kepada masyarakat luas merupakan salah satu cara seseorang dapat efektif menyampaikan berita melalui media. Dalam dunia ilmu komunikasi, jurnalistik merupakan mata pelajaran wajib yang harus dipelajari.

Kemampuan menulis yang peka terhadap kondisi sosial di daerahnya, serta kemampuan menyampaikan dan memilih pesan mana yang cocok untuk diseminasi dan mana yang tidak cocok untuk diseminasi, merupakan beberapa hal yang dicapai melalui kajian jurnalistik. dapat.

Jurnalisme adalah ilmu yang bisa dipelajari siapa saja, tidak harus lulusan ilmu komunikasi. Meski demikian, lulusan ilmu komunikasi tentunya lebih memiliki kemampuan dalam dunia jurnalistik ini. Bidang pekerjaan wartawan meliputi wartawan, saluran berita, saluran berita dan wartawan media massa, baik di televisi maupun di radio dan di surat kabar cetak.

3. Penyiar dan presenter

Kemampuan untuk menyampaikan pesan Anda dan menarik perhatian publik adalah bagian wajib dari semua gelar dalam studi komunikasi. Keterampilan tersebut diperlukan untuk menjadi seorang penyiar radio atau penyiar, menjadi presenter di televisi, baik untuk acara olahraga maupun untuk berita resmi, gosip dan lain-lain.

Lulusan ilmu komunikasi harus selalu dapat berbicara dengan baik agar dapat menyampaikan tujuannya. Hal ini menjadikan posisi broadcaster atau presenter sesuai dengan prospek prospek karir lulusan ilmu komunikasi.

4. Pembawa Acara (MC)

Dengan penyiar dan presenter yang hanya berfokus pada media massa, pekerjaan MC dapat ditempatkan di berbagai acara.

Menjadi seorang MC tentunya membutuhkan gaya bicara yang baik, posisi yang cerdik, dan kemampuan mengelola acara sesuai dengan yang diharapkan. Tentu mengandung unsur komunikasi. Meski dapat dipelajari secara otodidak, lulusan ilmu komunikasi tentunya memiliki keilmuan tersendiri yang mereka pelajari dalam studinya.

5. Petugas Humas atau Humas

Representasi permanen perusahaan, pemeliharaan nama baik perusahaan dan terciptanya hubungan yang harmonis dengan semua pelanggan perusahaan adalah tugas besar seorang PR. Ya, profesi PR juga menjadi prospek karir yang menjanjikan bagi lulusan ilmu komunikasi.

Seorang PR harus selalu menjaga agar pesan perusahaan tersampaikan kepada publik agar perusahaan yang dijalankan selalu memiliki reputasi yang baik. Menantang, bukan?

6. Operator

Merancang acara yang besar, mengemas acara berdasarkan konsep pesan yang akan disampaikan, menata timun untuk menciptakan kesan dan reputasi yang baik merupakan beberapa tujuan dari strategi penyelenggara.

Lagi butuh jasa tugas sekolah dan kuliah? bisa kunjungi tautan tersebut, jasa buat tugas bisa untuk mata kuliah apa saja & murah.

Muchammat Kristanto