Jenis-jenis Wire Sling dan Bagaimana Cara Memilihnya

Tali kawat atau wire sling adalah sejenis tali kawat yang ujungnya dikunci membentuk lingkaran mata, yang kemudian digunakan untuk menghubungkan kait, belenggu, bidal, link master atau tali lainnya. Sling tali kawat banyak digunakan dalam berbagai aplikasi di berbagai industri, seperti pengangkatan, penarik, tambat, pemasangan, dll. Untuk setiap aplikasi, Anda dapat menyesuaikan berbagai jenis untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Memilih Wire Rope Sling

Tali kawat seling atau wire rope sling memberikan banyak manfaat khususnya pada sektor industri. Dimulai dengan transportasi atau pengangkutan, penambangan, penebangan, penangkapan ikan, konstruksi, dan ladang minyak dan gas. Sekarang ini memang banyak yang menjual tali kawat seling di pasaran namun Anda tentu harus pintar dalam memilih mana yang sesuai dan berkualitas.

Pertama-tama, coba tanyakan asal wire ropenya. Karena dari mana pun barang itu berasal, akan berdampak besar pada kualitas yang diberikan. Oleh karena itu, sebaiknya periksa dulu sertifikat tali kawatnya. Jumlah tali kawat baja harus diperiksa secara detail untuk melihat apakah memenuhi persyaratan.

Anda perlu memahami jenis dan proses pembuatannya. Produksi manual menggunakan press atau perekat cair. Perhatikan juga kapasitas atau ukuran yang Anda butuhkan serta panjang tali kawat sling agar bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Jenis Wire Sling

  1. Mechanical wire rope sling

Ini adalah kawat las yang diproduksi secara bergantian menggunakan mesin pelubang bertekanan tinggi. Jenis wire sling ini terlihat dari material lubang kunci yang digunakan yaitu berbentuk annular ferrule namun sangat lebar. Jenis ini biasanya digunakan pada aplikasi super berat seperti pembuatan kapal, jaringan pipa dan industri lainnya.

  1. Hand splice wire rope sling

Jenis sling kawat ini buatan tangan. Namun, alat ini tidak dapat dibuat sesuka hati, haruslah seorang individu dengan keterampilan dan pengalaman bertahun-tahun. Hal ini karena jika tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan kecelakaan kerja. Tali kawat jenis ini pada dasarnya dibuat dengan melepas ujung tali kawat, kemudian ditenun atau dipelintir ke badan tali kawat lain agar terlihat seragam.

  1. Socket wire rope sling

Jenis sling kawat ini diproduksi dengan menggunakan mesin, salah satu ujung mesin adalah soket, dan ujung lainnya adalah ujung kosong. Selain mesin, resin hardener juga bisa digunakan untuk mengunci kabel secara manual untuk mengunci kabel secara bergantian agar tidak selip. Soket yang digunakan dapat dilengkapi dengan perangkat pengaman pin split, sehingga tujuan umum kabel adalah untuk aplikasi sementara.

  1. Clamp wire rope sling

Tali kawat jenis ini biasanya dibuat dengan tangan, sehingga ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Megajaya adalah distributor tali sling terlengkap di Jakarta. Semua jenis kawat sling bisa dibeli di Megajaya dengan harga bersaing dan juga berkualitas.

hary