Jenis-jenis Surat Dinas

Surat adalah alat komunikasi yang penting, dari zaman kolonial hingga sekarang. Ketersediaan serat juga menjadi prioritas dalam lingkup instansi resmi, publik maupun swasta. Biasanya, surat ini digunakan untuk mengirimkan pesan tertentu.

Di instansi pemerintah, kebiasaan ini sudah menjadi kewajiban. Sedangkan dalam lingkup lembaga swasta umumnya lebih cenderung membentuk organisasi, yayasan, dan lembaga yang tidak terkait dengan perdagangan. Sebab, jika ada kaitannya dengan urusan perdagangan, surat itu disebut surat niaga.

Situs rifqifauzansholeh.com merupakan blog artikel yang membahas seputar beasiswa, pendidikan hingga lomba nasional yang selalu update.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, karena surat ini bersifat resmi, jadi penyusunannya tidak harus sembarangan. Ada berbagai hal yang perlu dipikirkan, mulai dari pemformatan hingga bahasa. Juga berlaku untuk EYD, ciri khas surat formal adalah menggunakan format surat yang cenderung lengkap standar dengan kop surat dan sebagainya. Kemudian, badan surat ditulis dengan ringkas, ringkas, dan mencapai maksud dan tujuannya.

Ada banyak jenis surat formal yang dapat ditemukan dalam kaitannya dengan maksud dan tujuan. Berikut ini adalah jenis-jenis yang sering kita jumpai di instansi pemerintah.

1. Permohonan

Surat permohonan adalah jenis surat resmi yang berisi permintaan atau permintaan kepada pihak lain terkait suatu hal. Contoh dari surat-surat ini adalah aplikasi untuk pejabat tertentu untuk meresmikan acara, aplikasi persetujuan, dan aplikasi transfer.

2. Pemberitahuan

Sesuai dengan namanya, surat pemberitahuan ini berisi informasi seperti pemberitahuan atau sosialisasi terkait hal-hal yang perlu diketahui pihak tertentu. Sifat surat ini adalah sebagai penyampai berita atau informasi, sehingga tidak memerlukan tanggapan. Misalnya, koran tentang pengiriman barang. Semoga penerima surat siap atau merespon pemberitahuan yang diterima.

3. Surat Keterangan

Surat yang berisi informasi dan pernyataan resmi tentang status atau kondisi barang atau orang yang menerbitkan pejabat tersebut. Contoh surat ini misalnya surat keterangan masih di kampus, surat keterangan perilaku yang dikeluarkan polisi, surat keterangan domisili, surat keterangan tidak mampu, hingga surat keterangan bebas narkoba. Setiap surat diterbitkan oleh seorang pejabat.

4. Memo dan Nota Dinas

Ini adalah jenis surat layanan yang kami pelajari. Nota dinas juga disebut sebagai memorandum. Memo berasal dari kata memory yang artinya reminder atau memory. Sedangkan note berasal dari kata note yang artinya note. Kedua istilah tersebut berasal dari bahasa Inggris. Jadi dapat disimpulkan bahwa nota atau nota dinas ini merupakan jenis surat resmi yang dibuat khusus untuk mengirimkan pesan sebagai reminder dan dilakukan di lingkungan kelembagaan atau kelembagaan.

5. Surat Undangan

Serat jenis ini digunakan untuk mengirimkan undangan atau pernyataan yang diharapkan pokoke adalah seorang pria atau sekelompok orang dalam suatu acara tertentu. Acara tersebut bisa berupa pelantikan, seminar, peluncuran produk, diskusi, rapat, dan lainnya. Surat tersebut disampaikan dengan menggunakan media tertulis sebagai bentuk penghormatan kepada penerimanya.

6. Janji Temu

Sesuai dengan namanya, surat pengangkatan ini dibuat untuk suatu kelompok masyarakat atau perorangan agar dapat bertemu dengan pihak tertentu, seperti tokoh masyarakat, tokoh politik, pejabat tinggi negara, atau tokoh.

7. Balasan Janji Temu

Jika Anda telah menerima surat janji temu, penerima harus membalas janji dalam bentuk surat juga. Konten, berupa keterampilan atau ketidakmampuan menepati janji itu.

8. Surat Permohonan Bantuan

Dalam keadaan tertentu, instansi pemerintah memerlukan bantuan berupa jasa atau barang tertentu. Oleh karena itu, diperlukan surat permintaan bantuan dari pihak tertentu terkait urusan dinas. Misalnya surat minta tolong pengiriman barang, surat minta jadi pembicara, dan lain sebagainya.

9. Permohonan Izin

Surat ini berisi permintaan atau permintaan izin dari atasan atau pihak yang memiliki kewenangan lebih tinggi untuk dapat melakukan hal-hal yang berkaitan dengan tugas resmi. Misalnya, mendaftarkan izin kehamilan.

Selain surat resmi di atas, ada berbagai jenis lainnya. Diantaranya, surat tugas, surat tugas, perintah kerja, perjalanan dinas, notulen, surat edaran, pemberitahuan, surat laporan, perkenalan, referensi, rekomendasi, panggilan, dan surat kuasa.

ansyah