Jangan Tergiur Dengan Tawaran Pinjaman Online Melalui SMS

Pastinya Anda pernah mendapatkan SMS dari nomor tak dikenal yang menawarkan pulsa jutaan rupiah dengan syarat nyaris tanpa syarat apapun. Selain sangat menghebohkan, pengajuan Pinjaman Online Terdaftar Ojk yang melanggar hukum melalui SMS ternyata menjadi celah bagi sejumlah besar orang. Cobalah untuk tidak meninggalkan Anda sendirian salah satunya. Untuk menghindari misrepresentasi yang diduga haram dari SMS, berikut 4 dari kami yang harus Anda ikuti.

Pinjaman Melawan Hukum telah ditegaskan

Meski penawaran pulsa dari SMS ini terlihat sangat menarik untuk dicoba, jangan percaya! Berdasarkan Peraturan OJK No. 07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan Pasal 19, pelaku usaha administrasi moneter dilarang menawarkan barang atau administrasi moneter kepada masyarakat melalui email, SMS, atau pesan suara tanpa persetujuan nasabah.

Dengan cara ini, Anda dapat yakin bahwa penawaran pulsa yang Anda dapatkan melalui SMS adalah proposal uang muka yang tidak sah dari fintech yang tidak terdaftar di OJK. Cobalah untuk tidak terbujuk untuk menjawab, apalagi mengakui proposisi. Selalu siap saat mengakses data di ponsel Anda saat menggunakan aplikasi serbaguna.

Pertama Periksa Nomor Pengirim SMS

Hal utama yang menunjukkan penawaran kredit terlarang melalui SMS adalah nomor pengirim, yang merupakan nomor sel pabrik. Lambat laun, bank atau fintech yang halal hanya akan mengirimkan SMS melalui nomor menarik yang terdiri dari 3 hingga 6 digit khususnya. Dengan asumsi SMS yang Anda dapatkan berasal dari nomor pengirim biasa, hapus segera dan cukup blokir nomor tersebut.

Padahal, OJK juga mengungkap bahwa biasanya Pinjaman Online Terdaftar Ojk yang melanggar hukum ini dikirim melalui mesin yang mengirimkan satu kali kesempatan ke satu nomor pembeli saja. Dengan cara ini, upaya untuk menghalangi nomor pengirim kadang-kadang dianggap tidak berguna. Jika Anda benar-benar kesal dengan SMS gelap ini, Anda dapat dengan cepat mengubah nomor ponsel Anda.

Pengundian Kredit Sederhana Tanpa Syarat

Biasanya individu yang terjebak dalam trik kredit haram ini dibungkam dengan umpan uang muka bunga 0% tanpa jaminan dan tanpa syarat. Pada dasarnya dengan mengetuk koneksi yang dikirim dan memasukkan kartu identitas Anda, kredit yang melanggar hukum dapat dibagikan pada waktu yang bersamaan. Meski begitu, kenyamanan ini terlalu meragukan, bukan? Ini menyerupai proposal uang tunai gratis, bukan kredit yang sah.

Saat ini, pasti ada banyak kredit tidak stabil dengan persyaratan sederhana. Namun, uang muka sah yang sederhana tidak berarti bahwa itu hanya mengharapkan Anda untuk menghubungkan kartu ID, ada laporan lain yang harus ditambahkan, misalnya, NPWP dan slip kompensasi.

Nama Perusahaan Tidak Valid

Penawaran Pinjaman Online Terdaftar Ojk yang melanggar hukum secara reguler melalui SMS ditulis dalam bahasa yang tidak baku dengan komposisi yang tidak biasa dan tidak terstruktur. Kemudian, SMS tersebut mengecualikan nama fintech atau lembaga bantuan keuangan yang menawarkan uang muka.

Sebenarnya, berdasarkan Peraturan OJK No. 77/2016 Pasal 35, penghibur bantuan uang diperlukan untuk mencantumkan nama, logo, dan kerjasama yang sebelumnya terdaftar dengan OJK di setiap barang atau penawaran administrasi.

Jika Anda memiliki ini, Anda harus ragu! Jika SMS tersebut berisi nama organisasi administrasi moneter, Anda sebenarnya bisa melihat keabsahannya di situs OJK. Selain itu, periksa apakah organisasi memiliki lokasi yang wajar dan situs otoritas yang dapat diakses. Ingat, ajukan kredit hanya dari penghibur bantuan keuangan sejati yang terdaftar di OJK!

Drajad