Isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi

Berikut ini isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi:

1. Pendidikan dan Pengajaran

Pendidikan pada hakikatnya merupakan wadah untuk menularkan ilmu pengetahuan. Pendidikan dan pengajaran di sini diartikan sebagai sistem pendidikan yang berkelanjutan atau lebih dikenal dengan transfer ilmu. Jadi siswa akan mengalami pendidikan dan kemudian dikembangkan melalui penelitian. Kualitas penelitian dan pengembangan siswa kini didukung oleh kualitas pendidikan yang baik.

Pendidikan mulai dari Diploma, Strata, hingga Doktor. Mudah-mudahan ada kualitas yang bisa memenuhi standar tersebut, sehingga diharapkan tenaga kerja Indonesia di bidang penelitian dapat mulai memajukan kualitas negaranya secara mandiri.

2. Penelitian dan Pengembangan

Kegiatan penelitian dan pengembangan memegang peranan yang sangat penting dalam mendukung kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tanpa penelitian dan pengembangan, laju perkembangan ilmu pengetahuan akan terhambat. Penelitian tidak selalu berhenti, karena dilatarbelakangi oleh kebutuhan dalam proses pembangunan secara luas.

Penelitian juga menjadi faktor utama dalam menentukan keputusan terkait suatu masalah. Ada dua jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian terapan dan penelitian sains dasar. Penelitian terapan digunakan untuk memecahkan masalah yang sedang terjadi, sedangkan penelitian tentang ilmu dasar lebih penting di masa yang akan datang.

3. Pengabdian Masyarakat

Pendidikan yang kemudian dilanjutkan dengan penelitian aktual merupakan persiapan untuk menyelesaikan kasus-kasus dunia nyata. Penelitian juga menjadi kontribusi perguruan tinggi, khususnya mahasiswa, kepada masyarakat. Adanya penelitian yang dilakukan dengan individu atau kelompok mahasiswa secara langsung merupakan salah satu contoh “pengabdian masyarakat”.

Semoga masyarakat juga dapat memberikan tanggapan yang positif atas penelitian yang telah dilakukan untuk memahami dan mempelajari lebih lanjut tentang objek dan permasalahan yang mereka hadapi. Sehingga siswa lebih memahami kebutuhan komunitasnya sendiri.

Yuk ketahui juga selengkapnya pengertian tri dharma perguruan tinggi pada tautan tersebut.

Demikian informasi terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, ketiga faktor tersebut memiliki keterkaitan yang sangat erat satu sama lain seperti metode keilmuan. Pendidikan dan pengajaran digunakan sebagai dasar untuk memulai penelitian dan pengembangan.

Kegiatan penelitian merupakan langkah awal dalam mempersiapkan masyarakat. Sedangkan pengabdian masyarakat merupakan tujuan utama dari pendidikan dan penelitian. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya, untuk mengetahui lebih jauh tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

ansyah