Input Transaksi Melalui Jurnal Umum Accurate Online

Keberadaan jurnal umum dalam akuntansi sangat penting. Setiap perusahaan perlu menyiapkan jurnal umum sebagai sumber pencatatan dari setiap transaksi bisnis. Umumnya jurnal umum mencatat setiap transaksi yang terjadi dalam satu bulan. Jenis jurnal umum, sangat cocok digunakan oleh perusahaan UMKM yang jumlah transaksi masih sedikit.

Adapun tujuan dari adanya jurnal umum adalah mengidentifikasi, menilai, dan memudahkan dalam pindah transaksi yang berdampak pada setiap akun yang ada.

Fungsi Jurnal Umum

Jurnal umum memiliki 5 fungsi yang perlu diketahui para pebisnis, yaitu:

  • Historis : Melakukan pencatatan secara historis di mulai dari tanggal awal terjadinya transaksi. Jurnal umum akan menggambarkan kegiatan harian perusahaan.
  • Analisis : Pencatatan setiap transaksi berkaitan dengan akun yang berpengaruh pada akun. Dimana pendebitan dan kredit terjadi dalam setiap transaksi.
  • Instruksi : Fungsi instruksi adalah fungsi perintah untuk mendebit atau mengkredit akun sesuai dengan terjadinya transaksi. Jurnal juga menjadi alat perintah untuk input data transaksi ke dalam buku besar.
  • Pencatatan: Fungsi pencatatan pada jurnal umum mencatat semua transaksi yang terjadi pada bisnis. Untuk memudahkan pembuatan laporan keuangan dengan mudah dan detail.
  • Informatif: Memberikan keterangan yang jelas terhadap transaksi yang terjadi.

Input Transaksi Jurnal Umum di Accurate Online

Menginput Transaksi Jurnal Umum di software akuntansi Accurate Online bisa dilakukan dengan langah-langkah berikut ini:

Pilih Modul Buku Besar | Jurnal Umum

Cari Akun Perkiraan

Detail Akun

Pada tahap ini Anda perlu mengisi secara rinci. Misal posisi akun, apakah di Debit atau Kredit, isikan juga jumlah transaksi yang terjadi, pelanggan/pemasok, Departemen, atau Proyek. Silahkan Anda isi selengkap-lengkapnya untuk mendapatkan penatatan yang tepat.

Setelah semua diisi secara lengkap, Anda klik Lanjut.

Silahkan simpan Data Transaksi Jurnal Umum yang telah dilakukan. Setelah di simpan, Anda bisa mengakses Jurnal Umum di Accurate Online dengan melihat di daftar dengan klik Menu.

Kesimpulan

Penginputan Jurnal Umum harus dilakukan oleh orang yang memang mengerti pencatatan Jurnal Umum. Sehingga tidak ada kesalahan dalam penginputan dan Jurnal Umum bisa dibuat sesuai dengan Standar Akuntansi yang berlaku. Terlebih harus menentukan posisi akun yang ada dan akan berpengaruh dengan akun-akun lainnya.

 

zukiungu