Inilah Tempat Wisata Sejarah Di Bandung yang Wajib Anda Kunjungi

FOTO: Suasana Sepi di Kota Bandung Saat Lebaran | Indozone.id
source gambar : indozone.id

Bagi sebagian orang, Daerah Bandung sangat identik dengan wisata kuliner dan alam sehingga sering dijadikan tujuan liburan. Meskipun benar, namun di Bandung juga terdapat beberapa wisata sejarah yang juga tidak kalah menariknya.

Untuk Anda yang ingin tahu mana saja tempat wisata di Bandung, simak ulasannya di bawah ini.

  • Gedung Merdeka

Tempat bersejarah pertama yang perlu Anda kunjungi adalah Gedung Merdeka dan tempat ini adalah saksi sejarah berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955. Lokasinya berada di Jalan Asia Afrika Nomor 65, Braga, Kecamatan Sumur Bandung.

Gedung Merdeka memiliki desain arsitektur yang masih sama saat pertama kali digunakan sehingga banyak orang kesana untuk melakukan foto-foto. Selain itu, Anda bisa menemukan berbagai benda antik lainnya  di dalam Gedung Merdeka seperti mesin tik, ruang dokumenter, ruang pameran, dan berbagai galeri.

  • Gedung Sate

Bisa dikatakan Gedung Sate ini adalah salah satu tempat ikonik yang ada di Bandung. Bertempat di Jalan Diponegoro Nomor 22, Kecamatan Bandung Wetan, Ada beragam nilai sejarah di dalam gedung yang merupakan kantor Gubernur Jawa Barat tersebut.

Meskipun orang luar tidak bisa memasuki Gedung Sate, namun para pengunjung dibolehkan untuk berfoto-foto di halaman depannya. Dalam beberapa kesempatan, Gedung Sate juga kerap menampilkan festival budaya yang diadakan pemerintah setempat.

  • Gua Belanda

Gua Belanda merupakan sebuah tempat bersejarah sejak zaman penjajahan. Dulu, tempat ini dijadikan sebagai tangki penyimpanan air raksasa untuk cadangan di musim kemarau dan juga Stasiun Radio Belanda pada Zaman Perang Dunia II.

Saat ini, Gua Belanda lebih banyak dipakai untuk lokasi wisata Bandung, khususnya dalam hal uji nyali. Lokasi Gua Belanda ada di Taman Hutan Raya Juanda, Cimenyan, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung.

  • Monumen Bandung Lautan Api

Monumen Bandung Lautan Api adalah sebuah tempat bersejarah yang dibangun untuk bisa mengenang perjuangan masyarakat Bandung dalam menjaga kota dari serangan tentara sekutu. Peristiwa tersebut terkenal dengan Bandung Lautan Api.

Monumen ini berada di jalan BKR Ciateul, Kecamatan Regol, Kota Bandung. Ketika musim liburan tiba, monumen ini selalu ramai oleh pengunjung karena memiliki spot foto menarik.

  • Jalan Braga

Jalan Braga di Bandung ini memberikan nuansa menarik layaknya berada di Indonesia tempo dulu. Kawasan ini sudah ada sejak zaman pemerintahan Hindia-Belanda dan saat ini lebih banyak dipakai untuk tempat nongkrong anak muda Bandung.

Di dalam Jalan Braga ini menyediakan berbagai kuliner yang bisa coba, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat yang tentunya cukup menggugah selera. Tidak hanya itu saja, banyak orang yang menjadikan Jalan Braga sebagai tempat foto-foto.

  • Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Museum Mandala Wangsit Siliwangi adalah salah satu museum bersejarah yang menyimpan berbagai koleksi senjata yang pernah dipakai Kodam Siliwangi. Tidak hanya senjata militer saja, di dalamnya juga ada beberapa senjata tradisional yang terus dirawat hingga sekarang.

Alamat museum ini ada di Jalan Lembong Nomor 38, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Untuk bisa mengunjungi museum ini akan lebih baik jika rombongan.

  • Masjid Raya Bandung

Tempat wisata sejarah terakhir di Bandung yang perlu Anda kunjungi adalah Masjid Raya Bandung. Masjid ini dibangun sejak tahun 1810 dan sudah mengalami beberapa kali perombakan sampai pada tahun 2001.

Masjid Raya Bandung ini berlokasi di Jl. Dalem Kaum No. 14, Balonggede, Kec. Regol. Kota Bandung. Meskipun masjid ini adalah tempat beribadah untuk umat muslim di sekitar Bandung, terkadang juga ada wisatawan yang ingin berfoto di sana.

Demikian tempat wisata sejarah di Bandung yang wajib Anda kunjungi dan semoga artikel ini bermanfaat.

sartika