Inilah Alasan Mengapa Kredit Motor Anda Ditolak?

Ingin membeli motor dengan langkah kredit bukanlah ulang menjadi hal yang sulit. Banyak sekali dealer-dealer atau perusahaan leasing yang menawarkan kredit motor honda dengan DP (uang muka) yang terlampau kecil, sampai angsuran yang gampang setiap bulan. Meskipun terbilang mudah, namun ada juga sebagian orang yang mengalami penolakan kala mengajukannya.

Entah dengan alasan tidak mencukupi syarat yang diberikan atau kebolehan finansial calon kreditur. Bagi Anda yang mengidamkan mengajukan kredit motor, dan Anda harus mengetahui lebih jelas apa saja  hal-hal  yang wajib dihindari agar pengajuan kredit motor Anda diterima.

 

Berikut alasan pengajuan kredit motor Anda ditolak :

 

1. Persyaratan Yang Tidak Lengkap

Persyaratan yang tidak lengkap sering kali menjadi alasan umum yang ditemui kala kredit motor seseorang ditolak. Dalam masalah tertentu, Anda akan diminta untuk mempersiapkan sebagian persyaratan, seperti dokumen dokumen beberapa syarat layaknya surat keterangan bukti kepemilikan rumah, surat keterangan domisili, surat keterangan kematian, surat keterangan nikah, cerai, hingga surat keterangan kerja.

Pengajuan beberapa syarat dalam masalah tertentu ini sebenarnya lumayan merepotkan, kebanyakan hal ini dijalankan untuk klarifikasi data Anda yang sebenarnya.

Meski semua dokumen yang diminta sudah Anda berikan, pengajuan kredit Anda senantiasa tidak akan berlangsung terkecuali dokumen itu tidak mampu terbaca jelas. Biasanya masalah ini berlangsung kala proses fotocopy. Pastikan hasil Fotokopi dokumen Anda mampu jelas terbaca sebelum memberikannya kepada pihak bank.

 

2. Tidak Kooperatif

Alasan lain mengapa kredit motor Anda ditolak yaitu tingkah laku Anda yang tidak cukup kooperatif. Kurang kooperatif di sini berarti Anda tidak mampu mengajukan beberapa syarat dengan benar, Anda tidak sopan dan ngotot senantiasa mengidamkan kredit motor dengan beberapa syarat yang kurang, Anda tidak mengajukan informasi data diri yang benar terhadap perusahaan kreditur.

Dengan kata lain, data yang diberikan yaitu data palsu yang tidak mampu dipertanggung jawabkan. Jika terdapat hal seperti ini pada waktu survey, maka sudah dipastikan pengajuan kredit motor Anda akan ditolak.

Ada juga masalah di mana sang konsumen yang tidak mampu berkooperatif dengan baik kala pengajuan kredit motor, yaitu tidak cukup berperilaku baik.

Contohnya adalah terhadap kala survey sang konsumen yang mengidamkan mengajukan kredit motor tidak mengizinkan tim survey untuk masuk ke dalam rumah, hal ini pasti tidak mampu dibenarkan dan bisa saja besar kredit kamu akan ditolak sebab tingkah laku yang semacam ini dianggap salah satu bentuk ketidak kooperatifan.

 

3. Anda Masuk Daftar Black List

Inilah mengapa semua perusahaan leasing memberi saran untuk membayar kredit tepat waktu. Jika Anda sering telat dalam lakukan pembayaran dan sebabkan motor berikut ditarik ulang oleh pihak kreditur, hal ini bukan tidak bisa saja akan sebabkan Anda masuk dalam daftar black list di Bank Indonesia.

Catatan pembayaran yang tidak baik (sering telat atau apalagi tidak bayar) akan berpengaruh terhadap kala Anda mengajukan ulang kredit lain nantinya.

Alasan penolakan pengajuan kredit yang paling sering ditemui di Indonesia, di mana banyak orang mempunyai catatan pembayaran kredit yang buruk.

Untuk itu terlampau direkomendasikan bagi Anda yang mempunyai tanggungan kredit motor atau lainnya, agar senantiasa membayarnya tepat sampai lunas, agar nama Anda tidak masuk dalam daftar hitam.

 

4. Tidak Memiliki Penghasilan Tetap

Salah satu alasan pengajuan kredit motor kamu ditolak adalah, pendapatan kamu setiap bulannya tidak seimbang. Pada kala mau pengajuan kredit, perusahaan leasing atau bank membawa tim tertentu yang akan menganalisis pemasukan dan pengeluaran Anda setiap bulannya.

Dari hasil analisis tersebut, pihak calon kreditur akan perhitungkan apakah kredit motor yang Anda ajukan di terima atau tidak dari kebolehan finansial Anda setiap bulannya. Dengan kata lain, Anda wajib mampu mengatur budget bulanan yang Anda punyai dikurangi pembayaran angsuran bulanan kredit motor.

 

 

toha